Perencanaan Kesiapan Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Pra-Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di MAN 2 Kota Bandung)

Authors

  • Dian Dian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ali Mursyid UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohammad Sidiq UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Muh Arif Ma'ruf UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4606

Keywords:

Madrasah, Merdeka Curriculum, Planning, Teacher

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai tingkat kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Peneliti berupaya mendapatkan wawasan secara mendalam dengan menganalisis kata-kata dan laporan terperinci perspektif para responden, serta melakukan studi dalam konteks yang alami. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Sebagai  madrasah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka, MAN 2 Kota Bandung memiliki komitmen untuk mempersiapkan manajemen perencanaan yang efektif dalam rangka mengimplementasikan kurikulum tersebut.  madrasah ini menyadari pentingnya merancang rencana yang matang agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip dan hakikat Kurikulum Merdeka. Hasil temuan menunjukkan bahwa kesiapan  madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kota Bandung dikategorikan sebagai "siap" berdasarkan empat aspek kesiapan, yakni kesiapan guru baik dalam memahami capaian, tujuan pembelajaran, merancang pembelajaran. Meskipun kategori ini menunjukkan adanya kesiapan, tetapi masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, terutama pada kesiapan dalam hal asesmen yang menjadi satu kesatuan dengan pembelajaran di Kurikulum Merdeka.

References

Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. 1(2), 73–80.

Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum Development : Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107.

Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 435–446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399

Archer, E. (2017). Curriculum Development Principles and Practices.

Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234

Dedi S., & Suriadi. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur ( Ditinjau Dalam Qs . Ali Imron : 200 ). 6(1), 472–488. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.506.

Erdiansyah, Joharni, & Ariani, E. K. (2023). Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 di Madrasah Aliyah se- Kabupaten Musi Banyuasin. 121–134.

Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2022). In House Training ( IHT ) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(1), 160–166.

Kementerian Agama RI. (2022). Panduan Kurikulum Operasional Madrasah.

Mahmudah, I., Sulistyowati, & Jasiah. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(2), 727–732.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Nurzen, M. (2022). Teacher Readiness in Implementing the Kurikulum Merdeka in Kerinci Regency. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 313–325. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v3i3.424

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (n.d.). Curriculum Foundations, Principles, and Issues.

Rudhumbu, N. (2015). Enablers Of And Barriers To Successful Curriculum In Higher Education: A Literature Review. 3(1), 12–26.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan (pp. 141–142).

Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka : Kecerdasan Emosional , Konsep Diri dan Pola Belajar. 1(1), 15–20.

Saye, J., & Studies, S. (2013). Authentic Pedagogy : Its Presence in Social Studies Classrooms and Relationship to Student Performance on State- Mandated Tests. October 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/00933104.2013.756785

Seel, N. M., & Dijkstra, S. (2005). Curriculum, Plans, and Processes in Instructional Design: International Perspectives. In Educational Technology Research and Development (Vol. 53, Issue 3). https://doi.org/10.1007/bf02504802

Siahaan, A., Fauzi, Z. A., & Hasibuan, P. M. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 05(03), 9189–9196.

Sofia, S. A., & Basri, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. 11(April), 26–41.

Sulkipli, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada SMP Negeri 1 Makassar.

Suttrisno, S., & Yulia, N. M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka/ Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. Al-Mudarris: Journal Of Education, 5(1), 30–44. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v

Published

18-11-2023

Citation Check