Perencanaan Kesiapan Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Pra-Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di MAN 2 Kota Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4606Keywords:
Madrasah, Merdeka Curriculum, Planning, TeacherAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai tingkat kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Peneliti berupaya mendapatkan wawasan secara mendalam dengan menganalisis kata-kata dan laporan terperinci perspektif para responden, serta melakukan studi dalam konteks yang alami. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Sebagai madrasah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka, MAN 2 Kota Bandung memiliki komitmen untuk mempersiapkan manajemen perencanaan yang efektif dalam rangka mengimplementasikan kurikulum tersebut. madrasah ini menyadari pentingnya merancang rencana yang matang agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip dan hakikat Kurikulum Merdeka. Hasil temuan menunjukkan bahwa kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MAN 2 Kota Bandung dikategorikan sebagai "siap" berdasarkan empat aspek kesiapan, yakni kesiapan guru baik dalam memahami capaian, tujuan pembelajaran, merancang pembelajaran. Meskipun kategori ini menunjukkan adanya kesiapan, tetapi masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, terutama pada kesiapan dalam hal asesmen yang menjadi satu kesatuan dengan pembelajaran di Kurikulum Merdeka.
References
Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. 1(2), 73–80.
Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum Development : Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107.
Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 435–446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399
Archer, E. (2017). Curriculum Development Principles and Practices.
Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234
Dedi S., & Suriadi. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur ( Ditinjau Dalam Qs . Ali Imron : 200 ). 6(1), 472–488. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.506.
Erdiansyah, Joharni, & Ariani, E. K. (2023). Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 di Madrasah Aliyah se- Kabupaten Musi Banyuasin. 121–134.
Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2022). In House Training ( IHT ) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(1), 160–166.
Kementerian Agama RI. (2022). Panduan Kurikulum Operasional Madrasah.
Mahmudah, I., Sulistyowati, & Jasiah. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(2), 727–732.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Nurzen, M. (2022). Teacher Readiness in Implementing the Kurikulum Merdeka in Kerinci Regency. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 313–325. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v3i3.424
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (n.d.). Curriculum Foundations, Principles, and Issues.
Rudhumbu, N. (2015). Enablers Of And Barriers To Successful Curriculum In Higher Education: A Literature Review. 3(1), 12–26.
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan (pp. 141–142).
Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka : Kecerdasan Emosional , Konsep Diri dan Pola Belajar. 1(1), 15–20.
Saye, J., & Studies, S. (2013). Authentic Pedagogy : Its Presence in Social Studies Classrooms and Relationship to Student Performance on State- Mandated Tests. October 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/00933104.2013.756785
Seel, N. M., & Dijkstra, S. (2005). Curriculum, Plans, and Processes in Instructional Design: International Perspectives. In Educational Technology Research and Development (Vol. 53, Issue 3). https://doi.org/10.1007/bf02504802
Siahaan, A., Fauzi, Z. A., & Hasibuan, P. M. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 05(03), 9189–9196.
Sofia, S. A., & Basri, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. 11(April), 26–41.
Sulkipli, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada SMP Negeri 1 Makassar.
Suttrisno, S., & Yulia, N. M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka/ Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. Al-Mudarris: Journal Of Education, 5(1), 30–44. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dian -, Ali Mursyid, Mohammad Sidiq, Muh Arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).