Kebijakan Pimpinan Pesantren Dalam Pengembangan Budaya Belajar Santri di Pesantren Muhammadiyah Sipirok Tapanuli Selatan

Authors

  • Abdul Salam Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Saiful Akhyar Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4555

Keywords:

Kebijakan, Pimpinan, Pesantren, Budaya Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mengeksplor terhadap perumusan dan implementasi kebijakan budaya belajar santri oleh pimpinan pesantren Muhammadiyah Sipirok Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang dipilih adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data disajikan denga mengambil model Miles dan Huberman pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan atau verifikasi (conclution drawing & verifying.  Kemudian, untuk memastik keabsahan data peneliti melalui teknik perpanjanga keikutsertaan, ketekunan pengematan dan triangulasi. Hasil penelitian diperdapati, pertama bahwa perumusan kebijakan pimpinan pesantren dalam melakukan pengembangan budaya belajar santri adalah melakukan musyawarah secara kolektif, antara pimpinan tingkatan level pendidikan (MTS dan MA), guru, dan perwakilan santri. Pengembangan budaya belajar pun tidak terbatas pada ruangan kelas, tetapi untuk di luar kelas dan bahkan di luar lingkungan pesantren. Kedua, pelaksanaan kebijakan pemimpinan dalam melakukan pengembangan budaya belajar santri, dimulai dari sosialisasi, penguatan krakter prestasi seperti ikhlas dan sabar. Dapat ditemukan, pengembangan budaya belajar santri terlihat di ruang kelas, masjid, ekstrakulikuler.

References

Aleman, Ana M. Martinez (editor), Educational Policy (http://www.traestewart.com/Education-Leadership-Journals.php), di akses 11 Februari 2018.

Anggara, Sahya. Kebijakan Publik, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Arwildayanto, Analisis kebijakan Pendidikan: kajian teoretis, Eksploratif, dan Aplikastif, Bandung:Cendekia Press, 2018.

Arwildayanto, dkk., Analisis kebijkan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif, Bandung: Cendekia Press, 2018.

Galih R, N. Putra, Politik Pendidikan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.

Ghony, M. Junaidi dan Fauzan Almanshur, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Kadji, Yulianto. Formulasi dan Implementasi Kebujakan Publik: Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas, Gorontalo: UNG Press Gorontalo, 2015.

Madjid, Abd. Analisis Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Samudra Biru, 2108.

Mesiono, dkk. Kebijakan Majelis Pendidikan Al-wasliyah dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dalam Jurnal The 12TH International Workshop and Asean Studies In Islamic and Arabic Education, Linguistics, Social Sciences and Educational Technology 2019

Miles, M. B dan Huberman, A. M, Qualitative Data Analysis, Beverly Hills: Calif Sage, 1984.

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Muhaimin, dkk., Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (Jakarta: Kencana, 2010), h. 29

Nasution, S. Metode Researc (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nizar, Samsul dan Muhammad Syaifuddin, Isu-Isu Kontenporer tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Purba, Fatimah Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam, Medan: Manhaji, 2017.

Qomar, Mujamil Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007.

Rohman, Arif Politik Ideologi Pendelikon, Jakarta: LaksBang Mediatama, 2009.

Rohman, Arif. Politik Ideologi Pendelikon, Jakarta: LaksBang Mediatama, 2009.

Rusdiana, H. A. Kebijakan Pendidikan “dari Filosofi ke Implementasiâ€, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sulaiman, Pola Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Pendidikan Di Pondok Pesantren, h. 2 (ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/edukasi/article/download/200/201

Syafaruddin, dkk., Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan IPotensi Budaya Umat Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2014.

Syafaruddin, dkk., Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat: Esay-Esay Pemikiran Pemberdayaan Dari Aspek Manajerial, Kecerdasan Dan Kepribadian Medan: Perdana Publishing, 2012.

Syafaruddin, Efektivitas kebijakan pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta; 2008.

Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: Raja Garafindo Persada, 2012.

Undang-undang No. 20 tentang Sisdiknas tahun 2003.

Wijaya, Candra. Perilaku Organisasi (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2017.

Wijayanti, Intan. Gaya Kepemimpinan Dalam Pengambilan Kebijakan di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan (https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/download/606/468), 2019.

Published

25-02-2023

Citation Check