Evaluasi Magang Persekolahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Darodjat Darodjat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Ahmad Sulaeman Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Zakiyah Zakiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Makhful Makhful Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Kusno Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.4459

Keywords:

Evaluasi magang persekolahan, model CIPP

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, seting penelitian di SMP Muhammadiyah 1
Purwokerto dan SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto, karena dua sekolah tersebut telah
terakreditasi dengan predikat A, dan telah melaksanakan kolaborasi kegiatan magang persekolahan
bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam S1. Tujuan dari penelitian ini adalah: a)
didapatkan hasil evaluasi magang, b) adanya pengembangan aktivitas dalam kurikulum Merdeka
Belajar Kampus Merdeka, c) kompetensi lulusan dapat ditingkatkan, d) mitra mendapatkan dengan
keberadaan mahasiswa magang persekolahan. Simpulan penelitian ini adalah: 1) evaluasi context
tergolong sangat baik, 2) komponen input tergolong sangat baik; 3) komponen process,
pelaksanaan magang persekolahan masuk dalam kategori sangat baik. Namun demikian, beberapa
indikator pelaksanaan magang menunjukkan keadaan yang cukup baik, 4) komponen product,
magang persekolahan dapat mencapai hasil yang baik, dilakukan penilaian secara terpadu.

Author Biographies

Darodjat Darodjat, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Islamic Education

Ahmad Sulaeman, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Islamic Education

Zakiyah Zakiyah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Islamic Education

Makhful Makhful, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Islamic Education

Kusno Kusno, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Matematics Education

References

Darodjat & Wahyudiana. 1993. “Model Evaluasi Program Pendidikan.†Islamadina 1 (1): 1–28.

Darodjat, Darodjat, dan Darmiyati Zuchdi. 2016. “Model Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs).†Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20 (1): 11–26.

Darodjat; Julianto, T; Zakiyah; Subekhi, R; 2021. “Training Peningkatan Kemampuan Menganalisis Tes Menggunakan Program Anates Bagi Guru.†Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas 06 (01): 570–76.

Fatimah, Meti, Muh Nur Rochim Maksum, dan Deddy Ramdhani. 2021. “The Role of the Principal in Developing a Religious Culture at SMPN 4 Boyolali.†Profetika: Jurnal Studi Islam 22 (2): 192–206. https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16663.

Fitzpatrick, Jody L., James R. Sanders, Blaine R. Worthen, dan Blaine R. Worthen. 2011. Program evaluation: alternative approaches and practical guidelines. 4th ed. Upper Saddle River, N.J: Pearson Education.

Hadi, R T, dan R A Nursa. 2021. “Implikasi Wabah COVID-19 dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam daring.†Journal of Islamic Education and Innovation 2 (2): 133–42.

Hafeez, Muhammad, Qaiser Abbas Kazmi, dan Fatima Tahira. 2022. “Challenges Faced by the Teachers and Students in Online Learning during COVID-19.†Jurnal Cakrawala Pendidikan 41 (1): 55–70. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.35411.

Lasmawan, I. Wayan. 2019. “Era Disrupsi Dan Implikasinya Bagi Reposisi Makna Dan Praktek Pendidikan (Kaji Petik Dalam Perspektif Elektik Sosial Analisis).†Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1 (1): 54–65. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.13.

Luwuk, O J S Unismuh, dan Universitas Muhammadiyah Luwuk. t.t. “P-issn 2620-861x e-issn 2620-8628,†1–11.

Makhful, Hasan, Sulaeman, Zakiyah, Darodjat, Surya. 2021. Panduan Magang III. Purwokerto: FAI UMP.

Muhamad Murtadlo. 2020. “Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 di Lingkungan Pesantren.†Osfpreprints, 1–13.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yuyu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.†Jurnal basicedu 6 (4): 6313–19.

Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, dan Arsikal Amsal Harahap. 2020. “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era.†Fitrah:Journal of Islamic Education 1 (1): 141–57.

Stufflebeam, Daniel L., dan Chris L. S. Coryn. 2014. Evaluation theory, models, and applications. Second edition. Research methods for the social sciences 50. San Francisco: Jossey-Bass & Pfeiffer Imprints, Wiley.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Suprapto, Suparji, Sugeng Harianto, Aisyah Endah Palupi, dan Suwarno Imam Samsul. 2021. “Evaluasi Kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan Selama Work From Home ( Wfh ):†Journal of Public Sector Innovations 05 (2): 90–99.

Wahyuni, Fitri. 2021. “Efektivitas Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia.†Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 04 (2): 125–29.

Wijayanto, Mochlis Eko. 2020. “The Integration of Islamic Values in Implementation of Learning English: Islamic Education Students Perspective.†ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal) 6 (1): 18–30. https://doi.org/10.24252/Eternal.V61.2020.A2.

Yilmaz, Adem. 2021. “The Effect of Technology Integration in Education on Prospective Teachers’ Critical and Creative Thinking, Multidimensional 21st Century Skills and Academic Achievements.†Participatory Educational Research 8 (2): 163–99. https://doi.org/10.17275/per.21.35.8.2.

Published

29-12-2023

Citation Check