Penguatan Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran PKN di MIN 7 Kota Medan

Authors

  • Naila Rahmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Abdul Gani Jamora Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4457

Keywords:

Planning, Implementation, Religious Moderation, PKn

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan penguatan moderasi beragama melalui pembelajaaran PKn di MIN 7 Kota Medan. Untuk mengungkapkan dan memaksimalkan hasil yang dicapai, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, untuk menjamin keabsahan data digunakan melalui triangulasi. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. Pertama, perencanaan pembelajaran PKn memahamkan peserta didik dalam hal penguatan modeasi beragama yang didesain sesuai dengan kurikulum  di sekolah. Kedua, pelaksanaan pembelajaran PKn sesuai RPP dengan memasukkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajara PKn. Ketiga penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PKn meliputi empat aspek yaitu faktor lingkungan, integrasi mata pelajaran PKn dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak dan Al-quran Hadits, pengenalan kebudayaan, serta penguatan melalui kompetensi guru. Dari kajian yang dilakukan, bahwa realitas multikultural sangat mendukung dalam menjalankan konsepsi moderasi beragama. Tentu juga, dibutuhkan untuk sebuah pemahaman lebih utuh untuk inklusivitas demi tercapainnya tujuan berbangsa dan bernegara

References

Abdul Azis dan Khoirul Anam. “Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-Nilai Islam,†2021, 131.

Abidin, Achmad Zainal. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018.†JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik 2, no. 5 (2021): 729–36. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135.

Al-anshori, Habib Anwar, Babun Suharto, and Mukhamad Ilyasin. “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Kalimantan Timur†4, no. November 2022 (n.d.): 22–33.

Apriani, Ni Wayan, and Ni Komang Aryani. Moderasi Beragama. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra. Vol. 12, 2022. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737.

Aziz, Abdul. “Moderasi Beragama Dalam Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama (PAI) Di Perguruan Tinggi Umum Swasta (Studi Di STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang).†Jurnal Sosial Humaniora 6, no. 2 (2020): 95–117.

Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.†Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.

Farhani,2019. "Moderasi Beragama Dan Kerukunan Umat Beragama". Subbag Informasi & Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah hlm 44.

Faisal, Kiagus. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Studi Kasus Guru Man Insan Cendekia Oki†x (2022): 60–67.

Ismardi, and Arisman. “Meredam Konflik Dalam Upaya Harmonisasi Antar Umat Beragama.†Toleransi : Media Komunikasi Umat Beragama 6, no. 2 (2014): 200–222.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kampai, Jeka. 2021. Kasus Siswa Nonmuslim Pakai Jilbab, Kepala SMK N 2 Padang Minta Maaf. · https://news.detik.com/berita/d-5345362/kasus-siswi-nonmuslim-pakai-jilbab-kepala-smk-negeri-2-padang-minta-maaf. 13 Januari 2023 (21:16)

Lampiran UU No. 22 tahun 2006

Lessy, Zulkipli, Anisa Widiawati, Daffa Alif, Umar Himawan, Fikri Alfiyaturrahmah, and Khairiah Salsabila. “Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar.†Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 3, no. 02 (2022): 137–48. http://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/paedagogie/article/view/761.

Mantri, Yaya Mulya. “Kasus Penistaan Agama Pada Berbagai Era Dan Media Di Indonesia,†no. 1 (2022): 123–38.

Nur’aini, S. Moderasi Beragama Dalam Pendidikan. Jurnal Pedagogy, 2021. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/105.

Nurhidayah, Desy, Eusi Siti Aisyah, and Janjan Nurjannah. “PKn Dalam Kurikulum 2013.†JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) 10, no. 1 (2020): 1–13.

Perpes No. 18 Tahun 2020 Tentang RPJMN 2020-2024

Purwanto, Yedi, Qowaid Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifataini, and Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum.†EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 110–24. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605.

Rosyid, Abdul. “Moderasi Beragama Di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan : Suatu Kajian Atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama.†Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 101–10.

Rosyida, Desy anindia. “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan MI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Berbasis Tradisi Pesantren.†MUALIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2016): 64–78.

Santosa, Mardi. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dan Kebangsaan Melalui Kegiatan Pembiasaan Di MAN 2 Yogyakarta,†2019, 2–5.

Simpkb. “Pembelajaran 1. Konsep Dasar, Prinsip, Dan Prosedur Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kompetensi,†2018, 7–26.

Subkhan, Achmad. “Semangat Moderasi Dalam ‘Watsiiqoh Al-Ikhwah Al-Insaniyah Min Ajli As-Salaam Al-‘Alamy Wa Al-‘Aisy Al-Mustarok.’†Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 3, no. 2 (2019): 135–51. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.7.

Sudirman, Kepala MIN 7 Kota Medan Interview. 2023. Penguatan Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran PKN". Jl. Merpati II

TIM Penyusun Kementerian Agama RI, 2019, pp. 42-43

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Bab XI Pasal 1 dan 2

Published

21-08-2023

Citation Check