Studi Literatur Review Pengaruh Forgiveness Pada Korban Bullying

Authors

  • Fitri Feliana Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Saifuddin Azwar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Chirzin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Fitriah Suud Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.4432

Keywords:

bullying, pemaafan, korban bullying

Abstract

Permasalahan bullying dari tahun ke tahun menjadikan isu global di beberapa negara termasuk Indonesia. perilaku bullying membawa banyak dampak negatif bagi pihak yang terlibat, terutama korbannya. Indonesia merupakan mayoritas masyarakat muslim yang memiliki pedoman dan aturan kehidupan yang terdapat dalam kalam Allah Swt Al-Qur'an dan As-Sunnah. Artikel ini bertujuan menjelaskan pengaruh pemaafan terhadap korban intimidasi . Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review . Kesimpulan artikel ini menunjukkan bahwa: 1) Kasih sayang memiliki pengaruh positif bagi peningkatan harga diri korban bullying; 2) Pengampunan memiliki potensi untuk mengurangi respon balas dendam pada korban bullying ; 3) Forgiveness menjadi kunci penting untuk meningkatkan ketahanan korban bullying agar korban bullying tidak rentan terhadap gangguan mental; 4) Forgiveness disarankan sebagai respon coping yang efektif untuk memperbaiki agresivitas afeksi dari korban bullying; 5) Forgiveness secara jangka panjang dapat memberikan keseimbangan dan manfaat positif bagi korban bullying.

References

Ahmed, E., & Braithwaite, V. (2006). Forgiveness, reconciliation, and shame: Three key variables in reducing school bullying. Journal of Social Issues, 62(2), 347–370. https://doi.org/10.1111/j.1540-4560.2006.00454.x

Bandura, A., & Walters, R. H. (1977). ocial learning theory (Vol. 1). Englewood cliffs.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs.

Bandura, Albert. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9–44. https://doi.org/10.1177/0149206311410606

Barcaccia, B., Pallini, S., Baiocco, R., Salvati, M., Saliani, A. M., & Schneider, B. H. (2018). Forgiveness and friendship protect adolescent victims of bullying from emotional maladjustment. Psicothema, 30(4), 427–433. https://doi.org/10.7334/psicothema2018.11

Barcaccia, B., Schneider, B. H., Pallini, S., & Baiocco, R. (2017). Bullying and the detrimental role of un-forgiveness in adolescents’ wellbeing. Psicothema, 29(2), 217–222. https://doi.org/10.7334/psicothema2016.251

Bauman, S., & Yoon, J. (2014). This Issue: Theories of Bullying and Cyberbullying. Theory into Practice, 53(4), 253–256. https://doi.org/10.1080/00405841.2014.947215

Bhatla, N., Achyut, P., Khan, N., Walia, S., & Tranquilli, A. (2015). Are school safe and equal places for girls and boys in asia. Global Girls Innovation Programme.

Boswell, M. A. (2016). School level predictors of bullying among high school students. University of Kentucky.

Bronfenbrenner, U. (1986). Ecology of the family as a context for human development: Research perspectives. Developmental Psychology, 22(6), 723–742. https://psycnet.apa.org/buy/1987-06791-001

Cook, C. R., Williams, K. R., Guerra, N. G.

Published

12-02-2024

Citation Check