Manajemen Pembelajaran Berbasis Tradisi Keislaman : Studi Kelas Agama Islam, Sains, Sosial, dan Bahasa Berwawasan Moderasi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.4416Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Tradisi Keislaman, ModeratAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen kelas pembelajaran berbasis tradisi keislaman untuk mata pelajaran rumpun agama islam, sains, sosial, dan bahasa, dan menjelaskan tentang tradisi-tradisi keislaman tersebut membentuk kelas yang berwawasan moderasi beragama. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, dan focused group discussion. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Simpulan penelitian ini, banyak tradisi keislaman itu telah menjadi supporting system pendidikan Islam yang sangat kaya akan nilai-nilai keislaman, baik pada aspek akidah, syariah, dan akhlak serta kebudayaan Islam. Pertama, manajemen kelas berwawasan moderasi beragama bisa diterapkan pada semua mata pelajaran, baik rumpun agama Islam, rumpun sains, rumpun sosial, dan rumpun bahasa. Kedua, wujud nyata tradisi-tradisi keislaman yang hidup secara nyata di nusantara misalnya istighatsah, ziyarah, santunan, maulid nabi, haul, upacara dan peringatan hari besar Islam menjadi basis pembelajaran Islam yang berwawasan moderasi beragama, baik sebagai sumber belajar, media belajar, maupun pendekatan dalam belajar.Â
References
Abdullah, M. Amin. 1996. Studi Agama, Normativitas atau Historisitas. Yogyakarta
Al-Jazuli, Abu Abdillah Muhammad Sulaiman. 2011. Dalail al-Khairat. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Ali, As’ad Said. 2010. Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa (Cetatakan Ketiga). Jakarta: LP3ES.
Arifin, Syamsul, dkk. 1996. Spiritualisasi dan Peradaban Masa Depan. Yogyakarta: SIPRESS
Bogdan, Robert C dan Biklen, S Knopp. 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta:Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.
Denzin, Norman, K and Lincold, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Research (Second Edition). California:Sage Publication, Inc.
Geertz, Clifford. 1983. Abangan, Santri dan Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, Terj. Aswab Mahasin. Jakarta: Pustaka Jawa
Haedari, Amin dkk. 2004. Masa Depan Pesantren. Jakarta: Indo Press
Herusatoto, Budiono. 1987. Simbolisme Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita
Hill, Winfred F. 2014. Theories of Learning (terjemahan M. Khozim dari Learning : A Survey of Psychological Interpretations. Bandung:Penerbit Nusa Media.
Jamil, Abdul dkk. 2000. Islam dan Budaya Jawa. Yogyakarta: Gama Media
Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka
Koentjaraningrat. 1995. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Jambatan
Marshall, Catherine and Gretchen B. Rossman. 2006. Designing Qualitative Research. California:Sage Publication, Inc.
McMillan, James H. and Sally Schumacher. 2001. Reseach In Education : A Conceptual Introduction, San Francisco, Longman.
Miles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Prio Prabowo, Dhanu. 2003. Pengaruh Islam dalam Karya-Karya R. Ng. Ranggawarsita. Yogyakarta: Narasi
Rogers, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations. New York: The Free Press.
Simuh. 2003. Islam Dan Pergumulan Budaya Jawa. Yogyakarta: Teraju
Simuh. 1999. Sufisme Jawa. Yogyakarta: Bentang Budaya
Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik. Bandung:Tarsito.
Sadiman, S Arif dan Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2012. Media Pengajaran : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Setiawan, Zudi. 2014. “Implementasi dan Internalisasi Nasionalisme dalam Tradisi Masyarakat†dalam Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan edisi Vol. 1, No. 4, Januari 2014.Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Indoensia Abad Ke-20. Jakarta: Kencana.
Spradley, James. 1980. Participant Observation. Rinchart and Winston:Holt.
Syahri, A. 1985. Implementasi Agama Islam pada Masyarakat Jawa. Jakarta: Depag
Thomas Dawes Elliot, dalam Henry Pratt Fair Child (ed.). 1975. Dictionary of Sociology and Related Sciences. New Jersey: Little Field, Adam & Co.
Umar, A. 2015. Madrasah Transformatif – Best Praktices Pengelolaan Madrasah di Kota Santri. Semarang: Fatawa Publishing.
Woodward, Mark R. 2004. Islam Jawa, Kesalahan Normatif Versus Kebatinan.Yogyakarta: LKIS
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).