Manajemen Pembelajaran Berbasis Tradisi Keislaman : Studi Kelas Agama Islam, Sains, Sosial, dan Bahasa Berwawasan Moderasi Beragama

Authors

  • Kisbiyanto Kisbiyanto IAIN Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.4416

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Tradisi Keislaman, Moderat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen kelas pembelajaran berbasis tradisi keislaman untuk mata pelajaran rumpun agama islam, sains, sosial, dan bahasa, dan menjelaskan tentang tradisi-tradisi keislaman tersebut membentuk kelas yang berwawasan moderasi beragama. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, dan focused group discussion. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Simpulan penelitian ini, banyak tradisi keislaman itu telah menjadi supporting system pendidikan Islam yang sangat kaya akan nilai-nilai keislaman, baik pada aspek akidah, syariah, dan akhlak serta kebudayaan Islam. Pertama, manajemen kelas berwawasan moderasi beragama bisa diterapkan pada semua mata pelajaran, baik rumpun agama Islam, rumpun sains, rumpun sosial, dan rumpun bahasa. Kedua, wujud nyata tradisi-tradisi keislaman yang hidup secara nyata di nusantara misalnya istighatsah, ziyarah, santunan, maulid nabi, haul, upacara dan peringatan hari besar Islam menjadi basis pembelajaran Islam yang berwawasan moderasi beragama, baik sebagai sumber belajar, media belajar, maupun pendekatan dalam belajar. 

References

Abdullah, M. Amin. 1996. Studi Agama, Normativitas atau Historisitas. Yogyakarta

Al-Jazuli, Abu Abdillah Muhammad Sulaiman. 2011. Dalail al-Khairat. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Ali, As’ad Said. 2010. Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa (Cetatakan Ketiga). Jakarta: LP3ES.

Arifin, Syamsul, dkk. 1996. Spiritualisasi dan Peradaban Masa Depan. Yogyakarta: SIPRESS

Bogdan, Robert C dan Biklen, S Knopp. 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta:Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.

Denzin, Norman, K and Lincold, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Research (Second Edition). California:Sage Publication, Inc.

Geertz, Clifford. 1983. Abangan, Santri dan Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, Terj. Aswab Mahasin. Jakarta: Pustaka Jawa

Haedari, Amin dkk. 2004. Masa Depan Pesantren. Jakarta: Indo Press

Herusatoto, Budiono. 1987. Simbolisme Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita

Hill, Winfred F. 2014. Theories of Learning (terjemahan M. Khozim dari Learning : A Survey of Psychological Interpretations. Bandung:Penerbit Nusa Media.

Jamil, Abdul dkk. 2000. Islam dan Budaya Jawa. Yogyakarta: Gama Media

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka

Koentjaraningrat. 1995. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Jambatan

Marshall, Catherine and Gretchen B. Rossman. 2006. Designing Qualitative Research. California:Sage Publication, Inc.

McMillan, James H. and Sally Schumacher. 2001. Reseach In Education : A Conceptual Introduction, San Francisco, Longman.

Miles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Prio Prabowo, Dhanu. 2003. Pengaruh Islam dalam Karya-Karya R. Ng. Ranggawarsita. Yogyakarta: Narasi

Rogers, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations. New York: The Free Press.

Simuh. 2003. Islam Dan Pergumulan Budaya Jawa. Yogyakarta: Teraju

Simuh. 1999. Sufisme Jawa. Yogyakarta: Bentang Budaya

Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik. Bandung:Tarsito.

Sadiman, S Arif dan Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2012. Media Pengajaran : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Zudi. 2014. “Implementasi dan Internalisasi Nasionalisme dalam Tradisi Masyarakat†dalam Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan edisi Vol. 1, No. 4, Januari 2014.Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Indoensia Abad Ke-20. Jakarta: Kencana.

Spradley, James. 1980. Participant Observation. Rinchart and Winston:Holt.

Syahri, A. 1985. Implementasi Agama Islam pada Masyarakat Jawa. Jakarta: Depag

Thomas Dawes Elliot, dalam Henry Pratt Fair Child (ed.). 1975. Dictionary of Sociology and Related Sciences. New Jersey: Little Field, Adam & Co.

Umar, A. 2015. Madrasah Transformatif – Best Praktices Pengelolaan Madrasah di Kota Santri. Semarang: Fatawa Publishing.

Woodward, Mark R. 2004. Islam Jawa, Kesalahan Normatif Versus Kebatinan.Yogyakarta: LKIS

Downloads

Published

25-06-2022

Citation Check