Manajemen Membelajaran Berbasis ICT Di Madrasah Unggulan

Authors

  • Kisbiyanto Kisbiyanto IAIN Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.4415

Keywords:

Manajemen, Pembelajaran Berbasis ICT, Madrasah Unggulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan menjelaskan tentang ancangan pembelajaran, bentuk penerapannya, dan strategi pembelajaran efektif berbasis ICT di madrasah. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, dan diskusi terfokus. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa madrasah unggul telah melakukan ancangan pembelajaran berbasis ICT, menggunakan bentuk-bentuk ICT yang variatif baik berupa e-book maupun aplikasi virtual dalam pembelajarannya. Ancangan pembelajaran berbasis ICT dirancang oleh guru, madrasah, dan komunitas antar madrasah, sedangkan bentuk penerapan ICT menggunakan aplikasi gratis, berbayar, dan buku elektronik, serta strateginya dengan pembelajaran yang memanfaatkan berbagai e-book baik online maupun offline sehingga siswa mencapai tingkat kemampuan memahami, mengevaluasi, dan mengkreasi, kemudian strategi memanfaatkan rekaman dari aplikasi audio, visual, dan audio-visual yang diproduksi oleh guru sendiri maupun pihak lain.

References

Aktaruzzaman, Md. Rashedul Huq Shamim & Che Kum Clement. 2011. Trends and Issues to Integrate ICT in Teaching Learning for the Future World of Education. International Journal of Engineering & Technology IJET-IJENS Vol: 11 No. 03

Andreas, M. Kaplan and Michael Haenlein. 2010. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Jurnal Business Horizons 53 (1). Indiana University.

Bogdan, Robert C dan Biklen, S Knopp. 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta:Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung:Penerbit Yrama Widya.

David, Fred R. 2017. Strategic Management Concepts and Cases: A Competitive Advantage Approach, Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Denzin, Norman, K and Lincoln, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Research (Second Edition). California: Sage Publication, Inc.

Haddad, Wadi D. and Jurich, Sonia .2002. ICT for Education: Potential and Potency, in Haddad, W.& Drexler, A. (eds), Technologies for Education: Potentials, Parameters, and Prospects (Washington DC: Academy for Educational Development and Paris: UNESCO).

Hall, David. 2010. The ICT Handbook for Primary Teachers: A guide for students and professionals. New York: Routledge

Hill, Winfred F. 2014. Theories of Learning (terjemahan M. Khozim dari Learning : A Survey of Psychological Interpretations. Bandung:Penerbit Nusa Media.

Kusmiadi, Rahmat. 1995. Teori dan Teknik Perencanaan. Bandung:Ilham Jaya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Marshall, Catherine, and Gretchen B. Rossman. 2006. Designing Qualitative Research. California: Sage Publication, Inc.

McMillan, James H., and Sally Schumacher. 2001. Research In Education: A Conceptual Introduction, San Francisco, Longman.

Means, B., Blando, J., Olson, K., Midleton, T., Morocco, C., Remz, A. 1993. Using Technology to Support Education Reform. Retrieved 10 October 2011, from http://www.ed.gov/pubs/EdReformStudies/TechReforms/

Miles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mufarrokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta:Penerbit Teras.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung:Alfabeta.

Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik. Bandung:Tarsito.

Prasad, V P. Lalitha. & Srikar 2015. Barriers to Using Information and Communication Technology (ICT) in Secondary Schools: Teacher’s Perspective. Journal of Management Research. Vol. 7 No.2.

Sadiman, S Arif dan Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2012. Media Pengajaran : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Salehi , H and Salehi, Z. 2012. Integration of ICT in language teaching: Challenges and barriers. 3rd International Conference on e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning. IPEDR vol.27. Singapore: IACSIT Press. http://www.ipedr.com/vol27/40-IC4E%202012-F10037.pdf

Semenov, Alexey. 2005. Information And Communication Technologies In Schools: A Handbook For Teachers or How ICT Can Create New, Open Learning Environments. France: UNESCO

Spradley, James. 1980. Participant Observation. Rinchart and Winston: Holt.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strategik, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Taylor, R. P. 1980. The Computer In School: Tutor, tool, tutee. New York: Teacher College Press.

World Bank .1998. The World Development Report 1998/1999. Quoted in Blurton, C., New Directions of ICT-use in Education EnGauge. North Central Regional Educational Laboratory; available from http://www.ncrel.org/engauge/skills/21skills.htm

Downloads

Published

21-08-2023

Citation Check