HIRARKI OBJEK PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.4393Keywords:
Hirarki, Objek Pendidikan, Kesuksesan, TrustAbstract
Hirarki dalam objek pendidikan sangat mempengaruhi dalam keberhasilan proses didik dan mendidik, Hirarki objek pendidikan ini akan membangun sikap trust dalam proses pendidikan, sehingga memberikan peluang yang lebih besar dalam mencapai keberhasilan dalam proses pendidikan. Memahami hirarki ini ibarat membangun pondasi bangunan pendidikan yang kokoh antara satu dan yang lainnya akan sangat mempengaruhi. Hirarki objek pendidikan ini sangat mirip dengan metode keteladanan, hanya saja memahami hirarki objek pendidikan ini akan melahirkan trust ditengah-tengah masyarakat, sebab bangunannya dimulai secara berurut dan runut, tidak hanya semangat sesaat yang meledak-ledak tetapi kemudian membawa kepada permasalahan yang rumit bahkan tidak sedikit melahirkan cemooh sana sini dan akhirnya menimbulkan sikap saling menyalahkan. Kegagalan dalam memahami hirarki ini akan menimbulkan distrust antara pendidik dan yang dididik. Dengan memahami hirarki objek pendidikan ini proses pendidikan akan terarah walaupun berjalan lambat tetapi pasti. Adapun hirarki objek pendidikan ini pertama adalah diri sendiri yang mencerminkan keteladanan, kemudian adalah keluarga selanjutnya disusul oleh orang-orang yang dalam tanggungan kita seperti pembantu, baru kemudian keluarga terdekat seperti adik, kakak, paman, uwak, tetangga dekat atau tetangga jauh, orang -orang yang takut pada Tuhannya, masyarakat, manusia pada umumnya.
References
M. Quraish Shihab, Tafsir al-Quran al-Karim, Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.
Ahmad Mustafa Al-Maraghi,Terjemah Tafsir Al-Maraghi,(Semarang:PT Karya Toha Putra:1993).h.68
Al-Baghawi, Imam Muhyi as-Sunnah Abi Muhammad al-Husein bin Mas’ud, Tafsir al-Baghawi Ma’alim at-Tanzil, Riyadh: Dar Thaibah, Juz. 8, hal. 169.
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah: Kesan dan Keserasian al-Qur`an, Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Amrullah, Abdulmalik abdulkarim, (HAMKA), tafsir al-Azhar, (Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd, 2003) Ath-Thabari, Tafsir At-Thabari,..., Juz. 23, hal. 103.
Redmon Windu Gumati, Manusia sebagai objek dan subjek pendidikan (analisis semantik manusia dalam filsafat pendidikan Islam), Jurnal pendidikan manusia. Vol. 1 No. 2Oktober2020. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/20/29
Al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Juz. 28, hal. 21. Siti Aisyah, Education Object, Perspective Al Qur`an, No.2, (2022); h.80.
Umar Tirtarahardja dan S.L.La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008), cet ke 2, h. 33-35.
Nur Isyanto. Objek Pendidikan dalam Al-Qur`an. jurnal al- ashriyyah, Vol. 7 No. 2 Oktober 2021, h. 128 http://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/141/105
Nuansa Aulia Himpunan Perundang, -undangan, h.10-11. Dalam Dedeng Rosyidin h. 18-19.
Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: usaha Nasional, 1983, h. 16. W.J.W. Poerwadarminta, Kamus Besar Indonesia, 1985, h. 702.
Siti Aisyah, Education Object, Perspective Al Qur`an, No.2, (2022); h.80.
Pupu Saeful Rahmat, Psikolog Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018).
Syafril & Zelhhendri Zen. 2019. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana. h. 26.
Mohmmad Ali, Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama, h. 130.
Pupu Saeful Rahmat, Psikolog Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018.
Syafril & Zelhhendri Zen. 2019. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana. h. 26
Mohmmad Ali, Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional, Bandung: Imperial Bhakti Utama, h. 130
Nuansa Aulia Himpunan Perundang, -undangan, h.10-11. Dalam Dedeng Rosyidin h. 18-19.
Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: usaha Nasional, 1983, h. 16
W.J.W. Poerwadarminta, Kamus Besar Indonesia, 1985, h. 702
Siti Aisyah, Education Object, Perspective Al Qur`an, No.2, (2022); h.80
Al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Juz. 28, hal. 21
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah: Kesan dan Keserasian al-Qur`an, Jakarta: Lentera Hati, 2002)
Amrullah, Abdulmalik abdulkarim, (HAMKA), tafsir al-Azhar, (Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd, 2003)
Abd al-„AzÄ«z al-FauzÄn, Fikih Sosial, terj. Iman Firdaus dan Ahmad Salahudin, (Jakarta: Qisthi Press, 2007), 262.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).