KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MASA RASULULLAH: Analisis Terhadap Integrasi Kurikulum Pendidikan Islam

Authors

  • Sahipul Anwar UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Fachruddin Azmi UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Abd Mukti UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.4384

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, Rasulullah saw.

Abstract

Proses pendidikan yang berlangsung pada masa Rasulullah saw. merupakan sebagai pondasi utama untuk mengkader sahabat untuk memiliki keimanan yang benar, berakhlak mulia dan cerdas mengelola kehidupan umat berdasarkan Alquran dan penjelasannya melalui Hadis Rasulullah saw. tujuannya adalah agar generasi selanjutnya tidak salah memahami ajaran Islam. Keberhasilan rasulullah saw. membangun peradaban mencakupi kehidupan dunia dan akhirat. Hal ini berarti materi yang diajarkan Rasulullah saw. meliputi dunia dan akhirat. Penelitian untuk mengkaji hal ini maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian diproleh bahwa pengembangnnya terhadap dinamika kebutuhan umat dalam bingkai nilai-nilai Islam Kurikulum pendidikan Islam di mulai dari kalahiran Islam itu sendiri. Kemajuan berpikir Rasululullah saw. dalam membangun peradaban Islam tidak terlepas dari kemajuan tempat kelahiran beliau yaitu di Mekkah yang merupakan pusat perdagangan Internasional ketika Rasulullah  menjadi Rasul, di Mekkah banyak terjadi transaksi. Pembinaan Rasulullah saw. terhadap umat Islam terdiri dari dua klasifikasi (Mekkah dan Madinah) yang didasarkan pada Alquran yang inti sari dan sumber pokok ajaran Islam dalam berbagai aspek. Di Mekkah Rasulullah saw. menekankan tentang pentingnya akidah dan akhlak yang merupakan kebutuhan umat pada saaat itu. Tujuannya adalah membentuk akhlak umat sehingga berkontribusi terhadap aspek baik social, ekonomi, politik, dan budaya. Di Madinah lebih merupakan penyempurnaan proses pendidikan terdahulu denga menekankan dengan memberikan pembinaan pendidikan pada aspek pendidikan sosial dan politik. Jadi, penyampaian ajaran Islam menekankan aspek yang lebih luas sehingga membawa umat Islam pada peradaban baru yang meliputi keagamaan, moral, sosial ekonomi, dan kemasyarakatan, serta penerapannya dalam kehidupan.

References

Asari, Hasan dkk, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Memperkokoh Eksistensi, Memperluas Kontribusi, Medan Estate: IAIN Press, 2015

Asri, M. “Dinamika Kurikulum di Indonesia†dalam Jurnal Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2017

Ariandy, Mohammad “Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia†dalam SUKMA: Jurnal Pendidikan, 2019.

Abu Al-Abbas Muhammad ibn Yazid Al-Mubarradi, Al-Kamil li Al-Mubarrid, jilid I (ttp: Darul Fikri, tt

Abduh, Muhammad, Al-Islam Wa Al-Nasyraniyat M’a Al-Ilmi Wa Al-Madaniyyat, Kairo: Mathba’at Nahdhat Mishra bi al-Fajjalat, 1953

Abu al-‘Abbas Muhammad ibn Yazid al-Mubarrid, al-Kamil li al-Mubarrid, Jilid I, ttp: Dar al-Fikr, t.t

Al-Mawardi, Adab al-Dunya wa al-Din, Surabaya: Bongkol Indah, t.t

Muh. Ruddin Emang, Pendidikan Agama Islam, Makassar: Yayasan Fatiya, 2002

Ḥasan ‘Abdu al -‘Āl, at-Tarbiyyah al-IslÄmiyyah fá¿‘ al-Qarn ar-RÄbi’ al-Hijrá¿‘, Kairo: DÄr-al-Fikr al-‘Arabá¿‘, 1978

Hasan, Nur “Elemen-elemen Psikologi Islami dalam Pembentukan Akhlak†dalam jurnal Spiritualita: Journal of Ethics and Spirituality, 3(1), 2019

Lazwardi, Dedi “Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan†dalam jurnal Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 2017.

Mardliyah Watsiqotul, et.al, “Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di Muka Bumi: Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam†dalam Jurnal Penelitian, 12(2

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011

Notosusanto, Nugroho, Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer: Suatu Pengalama, Jakarta: Yayasan Idayu, 1978

Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan Cet I, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004

Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan Cet I, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004

Nasution, Harun Falsafat & Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.

Nasution, Harun, Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1975

Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1975

Tim UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama, 2007

SÄlim ‘Āyidh al-Harbiy, At-Tarbiyatu FÄ« ‘Ahdi Ar- Rasulul Shallallah ‘Alaihi Wa Sallam Nasy AtuhÄ Wa TuthawwuruhÄ

Solihin, Muhammad, “Islam Dan Pemikiran Ilmiahâ€. Nur El-Islam, 2(1), 29–40. 2015

Nasyabe, Hisyam, Muslim Education Institutions, Bairut: Libraire Du Liban. 1989

Rizal, Syamsul “Melacak Terminologi Manusia dalam Alquran†dalam Jurnal At Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 2(2)

Yatim, Badri Sejarah Peradaban Islam Dirasah Islamiyah II, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006.

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Published

22-05-2023

Citation Check