Peran Pemikiran Az-Zarnuji Dalam Sistem Pendidikan Abad Pertengahan: Studi Analisis Kitab Ta’limul Mutaalim
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4378Keywords:
Az zarnuji, Sistem Pendidikan, Abad Pertengahan, Ta’limul Muta’alimAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi peran pemikiran Az-Zarnuji dalam sistem pendidikan abad pertengahan, studi analisis kitab Ta’limul Muta’alim. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan pendalaman teori dan Analisis Isi pada suatu pustaka, baik dari buku maupun jurnal yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini menggaris bawahi bahwa Az-Zarnuji Penulis kitab Ta’limul Muta’alim memberikan banyak panduan bagi para murid atau pelajar. Bimbingan tersebut meliputi pemilihan guru dan teman yang dapat menjadi guru dan teman untuk berdiskusi dan mencari solusi terhadap masalah-masalah tertentu. Selain itu, pengarang juga memberikan beberapa cara untuk menghormati orang yang berilmu dan yang berilmu. Singkatnya, Az-Zarnuji menjadi referensi yang dapat diandalkan bagi para pencari ilmu. Az-Zarnuji hidup di masa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan untuk itu kitab ini dapat menjadi penyeimbang akhlak bagi para pencari ilmu pengetahuan agar bisa menjadi orang yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia.
References
Affandi, M. (1990). The Methode of Muslim Learning as Illustrated in Az-Zarnuji's Ta'lim al-Muta'alim. Montreal: Institute of Islamic Studies McGill University.
Ahmad, M. A.-Q. (1986). Ta'lim al-Muta'alim Tariq at-Ta'alum. Bairut: Mathba'ah al-Sa'adah.
Arrohmatan, A., Mualifah, L., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). THE EFFECT OF STUDYING THE YELLOW BOOK TOWARDS PAI LESSON IN A CURRICULUM MANAGEMENT PERSPECTIVE. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1), 1-12.
Az-Zarnuji, B. (1978). Ta'lim al-Muta'alim. Kudus: Menara Kudus.
Baharuddin, & Nurwahyuni, E. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasjmy, A. (1978). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Langgulung, H. (1989). Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka Al Husna.
Mahasin, A. (1994). Keterkaitan dan Hubungan Umara dan Ulama dalam Islam. Jakarta : Yayasan Paramadina.
Manzur, I. (2005). Lisanul Arab. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah.
Nata, A. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Qureshi, I. (1983). The Political Role of Ulama in Moeslim Society. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia.
Rahardjo, M. D. (1996). Ensiklopedi Al Aqur'an. Jakarta: Paramadina.
Suyati, Ali, I., Radinal, W., & Arrohmatan. (Vol. 4 No 1 (2023): April). Metode Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Insan Cendikia Jurnal Pendidikan, 1-10.
Zuhari. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






