Peran Pemikiran Az-Zarnuji Dalam Sistem Pendidikan Abad Pertengahan: Studi Analisis Kitab Ta’limul Mutaalim

Authors

  • Sri Andayani Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4378

Keywords:

Az zarnuji, Sistem Pendidikan, Abad Pertengahan, Ta’limul Muta’alim

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi peran pemikiran Az-Zarnuji dalam sistem pendidikan abad pertengahan, studi analisis kitab Ta’limul Muta’alim. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan pendalaman teori dan Analisis Isi pada suatu pustaka, baik dari buku maupun jurnal yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini menggaris bawahi bahwa Az-Zarnuji Penulis kitab Ta’limul Muta’alim memberikan banyak panduan bagi para murid atau pelajar. Bimbingan tersebut meliputi pemilihan guru dan teman yang dapat menjadi guru dan teman untuk berdiskusi dan mencari solusi terhadap masalah-masalah tertentu. Selain itu, pengarang juga memberikan beberapa cara untuk menghormati orang yang berilmu dan yang berilmu. Singkatnya, Az-Zarnuji menjadi referensi yang dapat diandalkan bagi para pencari ilmu. Az-Zarnuji hidup di masa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan untuk itu kitab ini dapat menjadi penyeimbang akhlak bagi para pencari ilmu pengetahuan agar bisa menjadi orang yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia.

References

Affandi, M. (1990). The Methode of Muslim Learning as Illustrated in Az-Zarnuji's Ta'lim al-Muta'alim. Montreal: Institute of Islamic Studies McGill University.

Ahmad, M. A.-Q. (1986). Ta'lim al-Muta'alim Tariq at-Ta'alum. Bairut: Mathba'ah al-Sa'adah.

Arrohmatan, A., Mualifah, L., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). THE EFFECT OF STUDYING THE YELLOW BOOK TOWARDS PAI LESSON IN A CURRICULUM MANAGEMENT PERSPECTIVE. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1), 1-12.

Az-Zarnuji, B. (1978). Ta'lim al-Muta'alim. Kudus: Menara Kudus.

Baharuddin, & Nurwahyuni, E. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasjmy, A. (1978). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Langgulung, H. (1989). Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka Al Husna.

Mahasin, A. (1994). Keterkaitan dan Hubungan Umara dan Ulama dalam Islam. Jakarta : Yayasan Paramadina.

Manzur, I. (2005). Lisanul Arab. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah.

Nata, A. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Qureshi, I. (1983). The Political Role of Ulama in Moeslim Society. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia.

Rahardjo, M. D. (1996). Ensiklopedi Al Aqur'an. Jakarta: Paramadina.

Suyati, Ali, I., Radinal, W., & Arrohmatan. (Vol. 4 No 1 (2023): April). Metode Pendidikan Perspektif Tafsir Tarbawi. Insan Cendikia Jurnal Pendidikan, 1-10.

Zuhari. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

20-02-2023

Citation Check