Model Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Pada Program Prakuliah di STIBA Ar-Raayah Sukabumi

Authors

  • Syirojul Huda STIBA AR-RAAYAH, Indonesia
  • Akhmad Alim Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia
  • Endin Mujahidin Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4336

Abstract

Pendidikan Bahasa Arab telah berkembang di Indonesia, dari tingkat pendidikan rendah sampai perguruan tinggi, setiap jenjang pendidikan mempunyai tujuan sesuai KKNI. Akan tetapi masih banyak lulusan Pendidikan Bahasa Arab dari perguruan tinggi yang belum menguasai empat keterampilan bahasa secara keseluruhan, ini di sebabkan  oleh beberapa faktor, diantaranya: kompetensi SDM yang belum maksimal, bahan ajar yang terpisah dalam pembelajaran keterampilan bahasa, dan kurang mengenalnya macam-macam metode pembelajaran, serta minat yang kurang dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah memberikan sebuah model pembelajaran keterampilan Bahasa Arab secara menyeluruh. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dan memantau secara langsung program prakuliah STIBA Ar-Raayah. Hasil penelitian ini mengungkap sebuah model pembelajaran keterampilan Bahasa Arab yang terintegrasi baik keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Juga mengungkap faktor-faktor penunjang dalam pengembangan Bahasa Arab yaitu visi-misi dan peraturan yang jelas, kurikulum yang sesuai, dosen yang berkompeten di bidangnya, dan minat mahasiswa yang tinggi, serta lingkungan yang mendukung untuk memperaktikkan keterampilan berbahasa Arab.

References

Al-Iskandary, Ahamd, & mustofa ‘Anany. (t.t.). Al-Wasith fi al-Adabi wa at-Tarikhi. Ponogo; Gontor, Juz 1

Al-Fauzan, Abd Rahman dkk. (2002). Al-Arabiyah Baina Yadaik. Riyad: Muassasah Al-Waqf Al-Islamy.

Al-Fauzan, Abd Rahman. (1431). Idhoaat li Muallimii Al-Lughoh Al-Arabiyah Li Ghoiri An-Nathiqin Biha. Riyad: Muassasah Al-Waqf Al-Islamy.

Al-Turky, Abdullah ibn Muhsin. (1993). Silsatu Ta’limi Al-Lughoti al’Arabiyah. Mamlakah alarabiyah as-Su’udiyah: Jamiah al-Imam ibn su’ud al-Islamiyah.

Dahlan, Juwairiyah. (2003). Paradigma Baru dalam Pemebelajaran Bahasa Arab (kajian teoritis dan praktis). Yogyakarta: Sumbangsih.

Depdiknas. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Mentri Agama Indonesia Nomor Tahun 2013, tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Rombepajung. (1988). Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Pendidikan Tinggi.

Tho’imah, Rusydi Ahmad. (1989). Ta’lim al-Lughoh al-Arabiyah li Ghoiry. Al-Nathiqina Biha Mnahijuhu wa Asalibuhu. Riyad: Ayisku.

Taufik, Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode aplikatif dan inovatif berbasisICT), Surabaya; PMN.

Tobroni Muhammad dan Arif Mustofa, , Belajar dan Pembelajran; Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional, Jogjakarta; Ar-Ruzz Media, 2011.

Salamah. (2003). ‘Abd al-Hafidz Muhammad, Tashmim At-Tadris. Riyad: Daar al-Kharij.

Yusuf, tayar. Anwar, syaiful. (1995). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Published

21-08-2023

Citation Check