Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Lagu Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4332Keywords:
Sex education, early childhood, traditional songs.Abstract
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan pendidikan seks pada anak usia dini adalah melalui lagu tradisional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan lagu tradisional sebagai media untuk memperkenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Peneliti melakukan pengenalan pendidikan seks melalui lagu tradisional dan anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini melalui lagu tradisional. Observasi di lingkungan sekolah atau rumah tangga untuk mengamati bagaimana pendidikan seks diperkenalkan pada anak-anak melalui lagu tradisional. Peneliti melakukan analisis konten pada lirik lagu tradisional yang digunakan untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini melalui lagu tradisional. Penggunaan lagu tradisional sebagai media pembelajaran pendidikan seks dianggap efektif karena dapat menarik perhatian anak-anak dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Lagu tradisional juga memiliki nilai-nilai budaya dan moral yang dapat ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan lagu tradisional, anak-anak dapat belajar tentang bagaimana menjaga tubuh mereka, mengenali perbedaan antara laki-laki dan perempuan, serta memahami hak dan kewajiban dalam menjalin hubungan sosial.
References
Abduh, M., & Wulandari, M. D. (2016). Model Pendidikan Seks Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Teori Perkembangan Anak. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7832
Alesyanti, A., Erwinsyahbana, T., & Siregar, F. S. (2018). Rancangan Naskah Materi Ajar Pendidikan Seks Pada Anak Sekolah Dasar Sebagai Antisipasi Dini Merebaknya Prilaku Pedofelia Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1), Article 1. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/131
Amriana, A. (2015). Konseling Krisis Dengan Pendekatan Konseling Realitas Untuk Menurunkan Kecemasan Anak Korban Kekerasan Seksual (Penelitian Single Subject di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Provinsi Jawa Timur). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29080/jbki.2015.5.1.01-25
Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. (2015). Dekonstruksi Makna Simbolik Kesenian Sintren sebagai Pendidikan Seks Usia Bermuatan Budayaï€ (Sebuah Kontribusi Kesenian Tradisional Jawa-Sunda terhadap Permasalahan Sosial). http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5145
Astuti, Y. D. (2018). Ayah, ibu … ajari aku lagu sederhana. CV Jejak (Jejak Publisher).
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me.†Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.†Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683
Gaol, S. M. M. L., & Stevanus, K. (2019). Pendidikan Seks pada Remaja. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 325–343. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.76
Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). Impelementasi pendididkan sex pada anak usia dini di sekolah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24–34. https://doi.org/10.33366/japi.v3i1.839
Hasanah, A. (2021). Introducing Sex Education To Children Through Pictures And Singing. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.51529/ijiece.v6i1.235
Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini: Tindakan Pendampingan dan Pencegahan. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), Article 1.
Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561
Lesmana, G. (2022). Bimbingan Dan Konseling Belajar. Prenada Media.
Madyawati, L. (2019). Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak. Prenada Media.
Mardika, I. N., & Sumantra, I. D. P. (2020). Lagu Pop Bali Dalam Pelestarian Budaya Bali. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1595
Miswanto, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas pada Remaja. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.32027
Mukri, S. G. (2018). Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam. Mizan: Journal of Islamic Law, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32507/mizan.v3i1.153
Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.
Ndari, S. S., Hasanah, L., & Rosyidi, M. (2019). METODE PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI TAMAN KANAK-KANAK: Panduan Praktis untuk Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual. EDU PUBLISHER.
Nurhayati, N., Yusuf, M., & Iskandar, A. S. (2022). Aktualisasi Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Blended Learning. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24256/kelola.v7i2.3031
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. JURNAL KESEHATAN PERINTIS, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
Purba, A., & Maturidi, M. (2019). Menanamkan Pola Hidup Sehat pada Anak Usia Dini: Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 18(2), Article 2.
Rahman, M. H., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. EDU PUBLISHER.
Roqib, M. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298
Sayekti, S., Redjeki, S., Khasanah, K., & Marini, M. (2022). Pendampingan Pada Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Manggali, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i2.2201
Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53
Stevanus, K. (2019). Pelestarian Alam sebagai Perwujudan Mandat Pembangunan: Suatu Kajian Etis-Teologis. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30995/kur.v5i2.107
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.
Wahyuningsih, S. (2017). Lagu Anak sebagai Media dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2356
Wibowo, R. S. (2014). Fungsi Orang Tua dalam Sosialisasi Pendidikan Seks Kepada Remaja. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 3(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/4364
Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), Article 2. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/956
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).