Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Lagu Tradisional

Authors

  • Fatmaridah Sabani IAIN Palopo, Indonesia
  • Widia Widia IAIN Palopo, Indonesia
  • Munir Yusuf IAIN Palopo, Indonesia
  • Lisa Aditya Dwiwansyah Musa IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4332

Keywords:

Sex education, early childhood, traditional songs.

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan pendidikan seks pada anak usia dini adalah melalui lagu tradisional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan lagu tradisional sebagai media untuk memperkenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Peneliti melakukan pengenalan pendidikan seks melalui lagu tradisional dan anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini melalui lagu tradisional. Observasi di lingkungan sekolah atau rumah tangga untuk mengamati bagaimana pendidikan seks diperkenalkan pada anak-anak melalui lagu tradisional. Peneliti melakukan analisis konten pada lirik lagu tradisional yang digunakan untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini. Metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini melalui lagu tradisional. Penggunaan lagu tradisional sebagai media pembelajaran pendidikan seks dianggap efektif karena dapat menarik perhatian anak-anak dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Lagu tradisional juga memiliki nilai-nilai budaya dan moral yang dapat ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan lagu tradisional, anak-anak dapat belajar tentang bagaimana menjaga tubuh mereka, mengenali perbedaan antara laki-laki dan perempuan, serta memahami hak dan kewajiban dalam menjalin hubungan sosial.

References

Abduh, M., & Wulandari, M. D. (2016). Model Pendidikan Seks Pada Anak Sekolah Dasar Berbasis Teori Perkembangan Anak. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7832

Alesyanti, A., Erwinsyahbana, T., & Siregar, F. S. (2018). Rancangan Naskah Materi Ajar Pendidikan Seks Pada Anak Sekolah Dasar Sebagai Antisipasi Dini Merebaknya Prilaku Pedofelia Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1), Article 1. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/131

Amriana, A. (2015). Konseling Krisis Dengan Pendekatan Konseling Realitas Untuk Menurunkan Kecemasan Anak Korban Kekerasan Seksual (Penelitian Single Subject di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Provinsi Jawa Timur). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29080/jbki.2015.5.1.01-25

Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. (2015). Dekonstruksi Makna Simbolik Kesenian Sintren sebagai Pendidikan Seks Usia Bermuatan Budayaï€ (Sebuah Kontribusi Kesenian Tradisional Jawa-Sunda terhadap Permasalahan Sosial). http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5145

Astuti, Y. D. (2018). Ayah, ibu … ajari aku lagu sederhana. CV Jejak (Jejak Publisher).

Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me.†Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.†Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683

Gaol, S. M. M. L., & Stevanus, K. (2019). Pendidikan Seks pada Remaja. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 325–343. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.76

Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). Impelementasi pendididkan sex pada anak usia dini di sekolah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24–34. https://doi.org/10.33366/japi.v3i1.839

Hasanah, A. (2021). Introducing Sex Education To Children Through Pictures And Singing. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.51529/ijiece.v6i1.235

Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini: Tindakan Pendampingan dan Pencegahan. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), Article 1.

Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561

Lesmana, G. (2022). Bimbingan Dan Konseling Belajar. Prenada Media.

Madyawati, L. (2019). Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak. Prenada Media.

Mardika, I. N., & Sumantra, I. D. P. (2020). Lagu Pop Bali Dalam Pelestarian Budaya Bali. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.1.1595

Miswanto, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas pada Remaja. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.32027

Mukri, S. G. (2018). Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam. Mizan: Journal of Islamic Law, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32507/mizan.v3i1.153

Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Ndari, S. S., Hasanah, L., & Rosyidi, M. (2019). METODE PENDIDIKAN SEKSUALITAS DI TAMAN KANAK-KANAK: Panduan Praktis untuk Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual. EDU PUBLISHER.

Nurhayati, N., Yusuf, M., & Iskandar, A. S. (2022). Aktualisasi Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Blended Learning. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24256/kelola.v7i2.3031

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. JURNAL KESEHATAN PERINTIS, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Purba, A., & Maturidi, M. (2019). Menanamkan Pola Hidup Sehat pada Anak Usia Dini: Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 18(2), Article 2.

Rahman, M. H., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. EDU PUBLISHER.

Roqib, M. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298

Sayekti, S., Redjeki, S., Khasanah, K., & Marini, M. (2022). Pendampingan Pada Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Manggali, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i2.2201

Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53

Stevanus, K. (2019). Pelestarian Alam sebagai Perwujudan Mandat Pembangunan: Suatu Kajian Etis-Teologis. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30995/kur.v5i2.107

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Wahyuningsih, S. (2017). Lagu Anak sebagai Media dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2356

Wibowo, R. S. (2014). Fungsi Orang Tua dalam Sosialisasi Pendidikan Seks Kepada Remaja. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 3(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/4364

Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), Article 2. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/956

Published

25-10-2022

Citation Check