Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran pada PTKIN Aceh
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4321Keywords:
Integrasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan faktor pendukung serta penghambatnya dalam pembelajaran pada jurusan PGMI PTKIN di Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian seluruh dosen pengampu mata kuliah ilmu pengetahuan umum berjumlah 13 orang, dengan rincian 7 orang Dosen PGMI, 3 orang Dekan FTIK dan 3 orang Ketua Prodi PGMI dari masing-masing PTKIN. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Data dianalisis dengan metode reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran jurusan PGMI PTKIN di Aceh yaitu; pembentukan ilmu nilai Akhlaq (Karakter, sikap, Peningkatan Nilai keimanan  (‘aqîdah), dan peningkatan pemahaman  nilai ibadah (hukum-hukum). Faktor pendukung implementasi integrasi Pendidikan agama Islam dalam pembelajaran jurusan PGMI di PTKIN di Aceh adalah kebijakan para pimpinan, kreativitas dosen, forum diskusi, lingkungan, dan letak kampus yang strategis. Sementara faktor penghambatnya adalah sumber daya dosen belum memadai, sistem akademik kampus, sarana dan prasarana, serta latar belakang siswa yang beragam.
References
Daftar Pustaka
Apriadi Tamburaka. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
M. Bisri Hasan. (2009). Mengakhiri Dikotomi Ilmu dalam Dunia Pendidikan, https://media.neliti.com/media/publications/70254-ID-mengakhiri-dikotomi- ilmu-dalam-dunia-pen.pdf
Siti Ikromatoun. (2016). Respon Masyarakat Aceh terhadap Aturan dan Implementasi Syariat IslamPascaTsunami.https://pdfs.semanticscholar.org/9795/bb9d3c7b68f437 d82503ec0f984cd6cb654b.pdf
Kementerian Agama RI. (2016). Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Al-Fadhilah.
Lexy J.Moleong. (2000). Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Minanews. (2016). Rektor UIN Ar-Raniry: Integrasi Ilmu untuk Kemajuan Muslim Aceh, https://minanews.net/rektor-uin-ar-raniry-integrasi-ilmu-untuk-kemajuan-muslim-aceh/
Misnan. (2016). Pendidikan Agama Islam: Dari Aceh untuk Indonesia, http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=859131&val=7465&title=PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM:%20DARI%20ACEH%20UNTUK%20INDONESIA
Moore, D. Overcoming Religious Illiteracy: A Cultural Studies Approach to the Study of Religion in Secondary Education. www.palgravehttps.com/gp/book/9781403963482
R. Mulyana. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
--------, dkk. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. (1996). Metode Research, Jakarta : Bumi Aksara.
Nurlena Rifai, Fauzan, Wahdi Sayuti, Bahrissalim. (2014). Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN Se-Indonesia: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran, TARBIYAH, Vol. I, No.1, Juni.
M. Ramli. (2014). “Integrasi Pendidikan Agama Islam ke Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mulawarman Banjarmasin,†Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 11
Sanafiah Faisal. (1990). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: YA3 Malang.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixet Method). Bandung: Alvabeta.
S. Sanusi. (1987). Integrasi Umat Islam. Bandung: Iqomatuddin.
E. Sumantri. (2007). Pendidikan Nilai Kontemporer. Bandung: Program Studi PU UPI.
Sutrisno Hadi. (2000). Metode Penelitian, Yogyakarta : Andi Cepewi.
UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
YatiminAbdullah, 2006, Studi Islam Kontemporer, Jakarta: Amza,
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).