PROGRAM KEDISIPLINAN SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.430Keywords:
Program Kedisiplinan, Siswa, Dayah terpaduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem penerapan kedisiplinan siswa di SMA Babul Maghfirah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan program kedisiplinan di lingkungan sekolah sudah dilakukan dengan baik, program dimulai dengan perencanaan, pengelompokan, penerapan, pengawasan, evaluasi, hukuman, dan penghargaan. Upaya penanggulangan indisipliner siswa dilakukan melalui: bimbingan, tanggung jawab terhadap perbuatan, modifikasi lingkungan, dan pengembangan kedisiplinan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi pengelola SMA Babul Magfirah dalam membimbing kedisiplinan siswa baik kendala internal dan eksternal, secara umum kendala yang dihadapi yaitu: kekurangan guru bimbingan dan ruangan untuk bimbingan, kurang konsisten dalam menjalankan program kedisiplinan, sikap tidak terbuka terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa yang menyebabkan terjadinya pelanggaran, kesadaran orang tua untuk membimbing siswa, serta kurangnya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak sekolah.Adapun bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan yang sering dilakukan siswa, yaitu: terlambat datang ke sekolah, terlambat masuk kelas, tidak memperhatikan ke papan tulis, mencoret-coret dinding, berteriak di kelas, memukul meja, tidak mengerjakan PR, membawa HP, berkelahi, dan merokok.
References
Aini, Nurul. 2014. Pola komunikasi kepala sekolah dalam mensosialisasikan peraturan-peraturan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Besitang Kabupaten Langkat, (TESIS) Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Ajwar, Muhamad, Baskoro Adi Prayitno, and Widha Sunarno. 2015. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA vol. 4 (3); hlm. 127-135. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah: Gema Insani.
Aulina, Choirun Nisak. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. [Pedagogia: Jurnal Pendidikan Vol. 2 (1). hlm. 36-49. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hallen, A. 2005. Bimbingan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.
Hamid, Hamid. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 1 (1); hlm 87-96. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018
Hanifa, Millata, Syamsul Arifin, and Izzatul Mardhiah. 2013. Fungsi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menengah Atas. Jurnal Studi Al-Qur'an vol. 2 no. 9, hlm. 139-155. Diakses pada tanggal 4 Mei 2018
Hidayat, Asep Saepul. 2012. Manajemen sekolah berbasis karakter. [Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship Vol. 1 (1); hlm. 8-22. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Indonesia, Presiden Republik. 2003. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Indrawan, Irjus. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah: Deepublish.
Indrawati, Rengga. 2013. Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa Melaluipemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas Xii Ips 1 Sma Negeri 1 Lamongan. [Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Vol. 1 (2). Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.
Ilyasa Antoni Ilyas, 1925. Kamus Modern Arab-Inggris, Cet. Ke-VIII, (Muthaba‟atul „ashriy: Al-Qahirah.
Kusdiyati, dkk. 2012. Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. HUMANITAS:Indonesian Psychological Journal vol. 2 (8) hlm. 171-194. Diakses pada tanggal 5 Mei 2018.
Moloeng, J. "Lexy. 2012." Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi.
Muhajir, Noeng. 1996. Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulyadi, Yahya. 2017. Pembelajaran Menyenangkan Di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan no. 18 (1). diakses pada tanggal 5 Mei 2018.
Munawaroh, Isniatun. 2012. Esensi Menghidupkan Ruang Kelas Bagi penyelenggaraan Pembelajaran Efektif. Majalah Ilmiah Pembelajaran. diakses pada tanggal 10 Mei 2018.
Reski, Niko, Taufik Taufik. 2017.Konsep Diri Dan Kedisiplinan Belajar Siswa. [Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia no. 3 (2): hlm. 85-91. Diakses pada 10 Mei 2018.
Rimm, Sylvia B. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah: Pola Asuh Anak Masa Kini: Gramedia Pustaka Utama.
Rosyadi, Yogi Irfan, and Pardjono Pardjono. 2015. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan no. 3 (1). hlm 124-133. Diakses pada 4 Mei 2018.
Samani, Muchlas. 2009. "Manajemen Sekolah Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah." Penerbit Adicitra Karya Nusa. Yogyakarta.
Seifert, Kelvin L. 2013. "Cognitive development and the education of young children." In Handbook of research on the education of young children, 33-46. Routledge.
Setiawan, Ngadirin, and Lia Yuliana. 2014. Pengembangan Model Pendidikan Karakter sebagai Upaya Peningkatan Personal dan Social Skill Bagi Anak Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan no. 20 (3):hlm 423-439. Diakses pada 4 Mei 2018.
Sudikno, Iyut Sustiasih. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Economic Education Analysis Journal no. 3 (1). diakses pada tanggal 4 Mei 2018.
Tamarli. 2009. Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin Di Sekolah, (Jurnal Serambi Ilmu, Volume. 7. Nomor 1. September 2009), hal. 51. di unduh tanggal 22 Mei 2018
Tahir, M. 2013. Disiplin Guru Dalam Pembelajaran Study Pada MTsN Gandapura Kabupaten Bireun, (Tesis). (Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry) diakses pada tanggal 4 Mei 2018.
Triana, Lely. 2011. Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati, (Tesis) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Diakses 10 Mei 2018
Trisnawati, Destya Dwi. 2013. Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Surabaya melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan no. 2 (1). Diakses pada tanggal 4 Mei 2018.
Uriatman, Markis. 2015. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan no. 9 (6). diakses pada tanggal 4 Mei 2018.
Widodo, Bernardus. 2012. Keefektifan konseling kelompok realitas mengatasi persoalan perilaku disiplin siswa di sekolah. Widya Warta no. 35 (01) diakses pada tanggal 5 Mei 2018
Yasin, Fatah. 2013. Penumbuhan Kedisiplinan sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah. el-hikmah (1) diakses pada tanggal 5 Mei 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).