Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Hadis Jibril)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4298Keywords:
Implementasi, Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Hadis Jibril.Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang; “Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Hadis Jibrilâ€. Kajian ini, tidak bermaksud membahas isi matan hadis, namun lebih terfokus pada media pembelajaran yang di setting Malaikat Jibril bersama Rasulullah saw untuk menyampaikan Islam, Iman, dan Ihsan sebagai pokok ajaran Islam. Oleh karena itu, pengolahan data diulas dengan deskriptif kualitatif yang diambil dari deskriptif hadis Jibril bersama Rasulullah saw. Dari deskriptif hadis tersebut terdapat tiga temuan mendasar yang menjadi diskursus pokok dalam media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI); (1) Pemilihan Media Pembelajaran Harus Sesuai Materi dan Tujuan Pembelajaran, (2) Media Pembelajaran dapat Membangun Kedekatan Guru dengan Siswa, (3) Guru Sebagai Pengguna Media Pendidikan Harus Menarik dan Profesional.
References
Abdullah, R. (2017). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Afandi, S. (2019). Kajian Hadits Jibril dalam Perspektif Pendidikan (Kajian Materi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran). JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 15(1), 29–42. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.525
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
Ainun Mardhiah, S. W. & N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Alquran Dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud Bagi Siswa Kelas VI SDN 6 Kualasimpang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2282–2295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5762
Al-Bukhari, A. A. A. bin M. bin I. (2003). Shahih al-Bukhari. Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Toha Putra, Juz. 1. 31-32.
Al-Maraghi, A. M. (1974). Tafsir al-maraghi. Jilid 2, Juz 4. Beirut: Dar al-Fikr, 113.
Alwi, S. (2017). PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107
Arief S. Sadiman, D. (2009). Media Pembelajaran, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Press.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Baharuddin, B., & Husaini, A. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Ghazali di SMA/SMK Negeri Kota Tarakan. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 50. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3672
Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 4(2), 704–719. https://doi.org/10.22373/jm.v5i2.630
Darimi, I. (2017). INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF ERA TEKNOLOGI INFORMASI. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.2030
Darimi, I. (2019). POLA SINERGITAS TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBIASAAN SIKAP REMAJA USIA PENDIDIKAN MENENGAH. Jurnal MUDARRISUNA, 9(2), 507–519. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.5534
Elrayah, M. (2022). Improving Teaching Professionals’ Satisfaction through the Development of Self-efficacy, Engagement, and Stress Control: A Cross-sectional Study. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(1), 1–12. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.1.0001
Fauzan, A., Syukri, I., & Syahidin, S. (2021). Metode dan Materi Pendidikan Islam dalam Hadis Jibril. Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 17(1), 25–49. https://doi.org/10.24239/rsy.v17i1.703
Hadi, S., Maisaroh, S., Hidayat, A., & Andrian, D. (2022). A Instrument Development to Evaluate Teachers’ Involvement in Planning the Schools’ Budgeting at Elementary Schools of Yogyakarta Province. International Journal of Instruction, 15(2), 1087–1100. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15260a
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN GURU TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA DI SDN 020 RIDAN PERMAI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33
Hamid, A. (2017). GURU PROFESIONAL. Al Falah, 17(32), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Imam Abu Dawud bin Sulaiman bin al-Asy’as as-Sijistani. (2007). Sunan Abu Dawud, juz 4. Beirut: Dar el Fikr.
Khairani, A., Daud, A., & Adnan, M. (2020). STUDENTS’ ACCEPTANCE OF THE USE OF GOOGLE CLASSROOM AS A PLATFORM IN BLENDED LEARNING. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i1.193
Kosim, M. (2008). GURU DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.19105/tjpi.v3i1.223
Kuliyatun, K. (2020). Kajian Hadis: Iman, Islam dan Ihsan dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 110–122. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1379
M. Ramli. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Pers. 1.
Masjid, A. Al, Wardani, K., & Marwanti, E. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika – Cakimukapati (Cara Kilat Temukan Akar Pangkat Tiga). Abdimas Dewantara, 2(2), 142. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.3106
Muslim ibn al-Hajjaj Al-Naisaburi, HR.Muslim, N. 8. (2000). Shahih Muslim. Libanon: Dar al-Kutub alIlmiyah, 2000.
Na’im, Z. (2018). KONSEP DASAR DAN TATA KELOLA MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Journal EVALUASI, 2(2), 499. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.168
Nurseto, T. (2012a). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1).
Nurseto, T. (2012b). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Purba, Y. O., Sihite, J. M., Sinaga, H., & Siahaan, Kevin William Andri Yunita, W. (2022). Utilization Of Used Goods As A Biomath Learning Media. IJIS Edu : Indonesian J. Integr. Sci. Education, 4(1), 10–16. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.4957
Rahmadi, R. (2017). KONSEP GURU DAN MURID MENURUT ULAMA ABAD PERTENGAHAN (KOMPARASI ANTARA AL-MAWARDI DAN AL-GHAZALI). Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 13(2), 172. https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i2.1561
Riyawi, M. R. (2018). THE EFFECT OF APPLYING COLLABORATIVE STRATEGY READING (CSR)TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE OF MTs HUBBULWATHAN DURI. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 69–78. https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.69
Rosyda, H. (2017). Pentingnya Membangun Kedekatan antara Guru dengan Siswa. Accessed, November 21, 2022. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/hanifaturosyda/58d9bb2ad77e618407d1352f/pentingnya-membangun-kedekatan-antara-guru-dengan-siswa
Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). URGENSI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Salam, N. (2022). Investigating the Implementation of Block System Learning Model at Higher Education during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 505–518. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1009
Sasli Rais, Bibin Rubini, H. (2022). Increasing teacher creativity through strengthening transformational leadership, teamwork, and work engagement. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(1). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.24
Selamat Pohan, Mavianti, Hasrian Rudi Setiawan, A. H. M. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 779–788. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2446
Sudarma, M. (2013). Profesi guru dipuji, dikritik, dan dicaci. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sulaiman Ismail & Sulaiman W. (2023). Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 10399–10408. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1939.
Sulaiman Ismail, S. W. (2022). Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam Inklusif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.353
Sulaiman W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953–3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Sulaiman, W. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Quantum Teaching pada Siswa Kelas III MTs. Harapan Mutiara Kecamatan Seruway Aceh Tamiang. Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 28–38. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6540
Sulaiman, W. & Z. (2022). Menyelisik Ajaran Multikultural Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2833–2837. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7035
Sulaiman W. (2022). Konsep Moderasi Beragama dalam Pandangan Pendidikan Hamka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2704–2714. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2593
Sulaiman W. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645
Usiono. (2022). REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER (SEBUAH TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 43–56. https://doi.org/10.22373/jm.v12i1.13337
Usman, A. B. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 10.
Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.222
Yunita, W. (2016). IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 8(1), 136–153. https://doi.org/10.35445/alishlah.v8i1.35
Yusufhadi, M. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 457.
Zainuddin, Z., Azizah, A., & Nur, M. (2022). The Improvement of Discipline and Professional Fiqh Teachers by Supervisors in Islamic Junior High School. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 95–116. https://doi.org/10.24952/fitrah.v8i1.5316
Zainuddin, Z., & Sulaiman W., S. W. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1780
Zainuddin, Z., W., S., Musriaparto, M., & Nur, M. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).