Qur’anic Learning (Menelusuri Teori Belajar Dalam Filsafat, Psikologi dan Al-Qur’an)

Authors

  • Ahmad zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4290

Keywords:

Teori Belajar, Filsafat, Psikologi dan Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini mengkaji teori belajar dari tiga sudut pandang, filsafat, psikologi, dan la-Qur’an. Metode penelitian ini adalah kualitatif-maudhu’i, dan jenisnya adalah penelitian pendidikan. Basis datanya adalah riset kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Miles dan Hubermans. Teori yang dipakai menganalisa data adalah teori belajar. Temuan penelitian ini menunjukkan: pertama, teori belajar menurut filsafat adalah tentang mengetahui dan berperilaku yang positif, sesuai dengan nilai moral tradisional, dan berkontribusi secara positif pada masyarakat. Kedua, belajar menurut psikologis memiliki persamaan dengan filsafat, yaitu sebagai perilaku positif yang berkontribusi pada tatanan sosial yang lebih baik. Tetapi, psikologi juga memperluas pandangannya, bahwa belajar adalah kinerja otak dan proses pengelolan informasi di dalam otak manusia. Ketiga, belajar menurut Qur’an memiliki kesamaan dengan filsafat dan psikologi, tentang menggalai potensi dan ilmu pengetahuan, berperilaku positif yang bermanfaat bagi masyarakat. Hanya saja, al-Qur’an memberikan penekanan pada larangan belajar ilmu yang merugikan masyarakat. Temuan-temuan dalam penelitian ini berkontribusi pada pengayaan khazanah keilmuan di empat bidang, filsafat, psikologi, pendidikan, dan tafsir Qur’an

References

Abdulkareem, Mahmood. 2019. “The Importance of Teching and Learning in the Holy Quran.†Süleyman Demirel Üniversitesi İlahiyat Fakültesi Dergisi 43 (2): 187–98.

Aspin, David N., and Judith D. Chapman. 2012. “Towards a Philosophy of Lifelong Learning.†In Second International Handbook of Lifelong Learning. Springer International Handbooks of Education, edited by Richard Bagnall, 3–35. Dordrecht: Springer.

Bandura, Albert. 1992. “Social Cognitive Theory of Social Referencing.†In Social Referencing and the Social Construction of Reality in Infancy, 175–208. US: Springer.

Bargh, John A., and Ezequiel Morsella. 2008. “The Unconscious Mind.†Perspectives on Psychological Science 3 (1): 73–79.

Bear, Mark F., Barry W. Connors, and Michael A. Paradiso. 2016. Neuroscience: Exploring the Brain. Philadelphia: Wolters Kluwer.

Cochran, Moncrieff, and Rebecca Staples New. 2017. Early Childhood Education: An International Encyclopedia, Volume 1. United Kingdom: Praeger Publishers.

Dhawan, M. L. 2005. Philosophy of Education. India: Isha Books, 2005.

Dupuis, Adrian M., and Robin L. Gordon. 2010. Philosophy of Education in Historical Perspective. United States: University Press of America.

Gilley, Jerry W, ‎Peter Dean, and ‎Laura Bierema. 2008. Philosophy And Practice Of Organizational Learning, Performance And Change. United States: Basic Books.

Hamlyn, David W. 2022. Perception, Learning and the Self: Essays in the Philosophy of Psychology. United Kingdom: Taylor & Francis.

Izzan, Ahmad, and Dindin Saepudin. 2022. Tafsir Maudhu’i: Metoda Praktis Penafsiran Al-Qur’an. Bandung: Humaniora Utama Press.

Lynch, Matthew. 2017. “5 Things That Educators Should Know About The Philosophy Of Education.†Https://Www.Theedadvocate.Org/, Diakses 19 Maret 2023, 2017.

Martin, David Jerner, and Kimberly S. Loomis. 2013. Building Teachers: A Constructivist Approach to Introducing Education. United States: Cengage Learning.

Murphy, P. Karen, Patricia A. Alexander, and Krista R. Muis. 2012. “Knowledge and Knowing: The Journey from Philosophy and Psychology to Human Learning.†In Apa Educational Psychology Handbook, Vol. 1. Theories, Constructs, and Critical Issues, 189–226. USA: American Psychological Association.

Nata, Abuddin. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Naveh-Benjamin, Moshe, and Nobuo Ohta. 2012. Memory And Aging : Current Issues And Future Directions. New York: Psychology Press.

Nyiri, K. 2002. “Towards a Philosophy of M-Learning.†In Proceedings. IEEE International Workshop on Wireless and Mobile Technologies in Education, edited by Sweden:Vaxjo, 121–24.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.†Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya 1 (2): 41–50.

———. 2015. “Teori Belajar Kognitif Perspektif Al-Qur’an.†Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 4 (2): 1–10.

SEMETSKY, INNA, and JOSHUA A. DELPECH-RAMEY. 2012. “Jung’s Psychology and Deleuze’s Philosophy: The Unconscious in Learning.†Educational Philosophy and Theory Navigation Bar 44 (1): 69–81. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00670.x.

Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Syahrizal, Ivan. 2022. Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Padang: Get Press.

West, Linden. 2019. “Understanding Subjective Dimensions of Political Processes: Identity and Politics.†In Psychoanalysis, Fundamentalism, Critical Theory and The Unsonscious: Adult Education, Islamic Fundamentalism, and the Subjectivity of Omniscience, 185–200. Londong, UK: Jessica Kingsley Publishers.

WGU. 2020. “What Is Humanistic Learning Theory in Education?†Https://Www.Wgu.Edu/, Diakses 20 Maret 2023, 2020.

White, Fiona, ‎David Livesey, and ‎Brett Hayes. 2012. Developmental Psychology: From Infancy to Development. Australia: Pearson Higher Education AU.

Wigfield, Allan, and Jacquelynne S. Eccles. 2000. “Expectancy–Value Theory of Achievement Motivation.†Contemporary Educational Psychology 25 (1): 68–81.

Winch, Christopher. 1998. The Philosophy of Human Learning. New York: Routedge.

Witarsa, Ramdhan. 2022. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Zaki, Ahmad. 2018. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zed, Mestika. 2008. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published

18-11-2023

Citation Check