Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269Keywords:
Building, Religious Character, Student, Habituation, Religious ActivityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik dan kegiatan keagamaan peserta didik di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta dimulai dari pembelajaran di dalam kelas dengan memberikan materi yang mengacu pada kurikulum, silabus dan RPP, kemudian diterapkan melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan tersebut yaitu membudayakan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun), berpakaian rapi, bersih dan menutup aurat, salat duha, membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran dan berdoa diakhir pembelajaran, salat zuhur berjemaah, menjaga kebersihan dan mematuhi tata tertib sekolah, Jum’at mengaji, infak, MABIT, Jum’at bersih, PHBI dan pesantren kilat Ramadhan.
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4 312
Annur, D. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong
Ponorogo. Jurnal Tarbawi, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v2 i2.174
Az-Za’balawi, M. S. M. (2007). Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Terj. Abdul Hayyie Al-Kattani. Jakarta: Gema Insani.
Erihadiana, E. N. dan M. (2022). Telaah Manajemen Kurikulum Khas Sekolah Rabbani dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Mandiri Siswa. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 06(01), 146–160. https://doi.org/10.32478/evaluasi. v6i1.886
Fauzan, F. A., Hasbiyallah, H., & Fikri, M. (2022). The Creativity of Islamic Religious Education Teachers for Effective Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(2), 120–132. https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18196
Febrianti, E. dkk. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Larutan Penyangga Model Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 4(1), 1–
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdan, D. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–
https://doi.org/10.25299/al- thariqah.2021.vol6(2).7309
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 435.
https://doi.org/10.33367/tribakti.v2 9i2.624
M. Arif Khoiruddin, D. D. S. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 135.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ningrum, L. S. dkk. (2020). Pengembangan arakter Religius Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2490–2497. https://doi.org/10.15294/jipk.v14i1. 21335
Nurbaiti, R. dkk. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.9 95
Nurulhaq, D., Fikri, M., Azizah, H. N., Rohmah, F. N., & Sukmara, G. F. (2021). Urgensi Iffah bagi Masyarakat Sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 41–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/ath.v6i1.11943
Rianawati. (2014). Implementasi Nilai- nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Samani, M. H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Rosdakarya.
Syafri, U. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).