Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Hasan Basri UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Siti Nurhikmah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269

Keywords:

Building, Religious Character, Student, Habituation, Religious Activity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik dan kegiatan keagamaan peserta didik di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta dimulai dari pembelajaran di dalam kelas dengan memberikan materi yang mengacu pada kurikulum, silabus dan RPP, kemudian diterapkan melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan tersebut yaitu membudayakan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun), berpakaian rapi, bersih dan menutup aurat, salat duha, membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran dan berdoa diakhir pembelajaran, salat zuhur berjemaah, menjaga kebersihan dan mematuhi tata tertib sekolah, Jum’at mengaji, infak, MABIT, Jum’at bersih, PHBI dan pesantren kilat Ramadhan.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4 312

Annur, D. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong

Ponorogo. Jurnal Tarbawi, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v2 i2.174

Az-Za’balawi, M. S. M. (2007). Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Terj. Abdul Hayyie Al-Kattani. Jakarta: Gema Insani.

Erihadiana, E. N. dan M. (2022). Telaah Manajemen Kurikulum Khas Sekolah Rabbani dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Mandiri Siswa. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 06(01), 146–160. https://doi.org/10.32478/evaluasi. v6i1.886

Fauzan, F. A., Hasbiyallah, H., & Fikri, M. (2022). The Creativity of Islamic Religious Education Teachers for Effective Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(2), 120–132. https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18196

Febrianti, E. dkk. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Larutan Penyangga Model Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 4(1), 1–

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdan, D. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–

https://doi.org/10.25299/al- thariqah.2021.vol6(2).7309

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 435.

https://doi.org/10.33367/tribakti.v2 9i2.624

M. Arif Khoiruddin, D. D. S. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 135.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ningrum, L. S. dkk. (2020). Pengembangan arakter Religius Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2490–2497. https://doi.org/10.15294/jipk.v14i1. 21335

Nurbaiti, R. dkk. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.9 95

Nurulhaq, D., Fikri, M., Azizah, H. N., Rohmah, F. N., & Sukmara, G. F. (2021). Urgensi Iffah bagi Masyarakat Sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 41–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/ath.v6i1.11943

Rianawati. (2014). Implementasi Nilai- nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Samani, M. H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Rosdakarya.

Syafri, U. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Published

21-08-2023

Citation Check