Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar PAI
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4250Keywords:
Discovery Learning, Learning Outcomes, Islamic Religious EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Rancangan ini memiliki pretest yaitu kelompok kelas eksperimen dengan metode discovery learning dan kelompok kelas kontrol dengan metode diskusi. Kemudian diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda dengan pelajaran yang sama. Batasan berdasarkan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN 2 Kabupaten Bogor. mata pelajaran Fiqh dengan hasil belajar yang diinginkan.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery berpengaruh terhadap hasil belajar fikih kelas X MAN 2 Kabupaten Bogor. Berdasarkan perhitungan Independent Sample t test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,612 dengan jumlah siswa 60 orang. Pengambilan keputusan dengan melihat hasil sig. (2-ekor) adalah 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
References
Agusriyalni, Z., Idrus, I., & Yennita. (2018). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGPADA MATERI SISTEM KOORDINASIUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.31-39
Arsyad, W. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas Xi Sma Negeri 2 Soppeng, 21(1), 153.
Azzama, A., & Muhyani. (2019). MANAJEMEN MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN MASYARAKAT. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.
Harjono, N. (2017). Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 31–40.
Hermawan. (2020). metode discovery learning. bandung: manggu makmur tanjung lestari.
Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4(2), 31–34.
Muhammad Irfan Hilmi, Muhyani Muhyani, A. S. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CIAMPEA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 9(3), 1159–1171. Retrieved from http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp
Muhyani. (2012). PENGARUH PENGASUHAN ORANG TUA, DAN PERAN GURU DI SEKOLAH MENURUT PERSEPSI MURID TERHADAP KESADARAN RELIGIUS, DAN KESEHATAN MENTAL. (H. Nuim, Ed.). Depok.
Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian. UIKA Press.
Muhyani, Herawati, S., & Hakiem, H. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 2 KOTA BOGOR. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). Retrieved from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/398/405
Muhyani, & Setiadi, H. (2020). Peran Orang Tua dan Guru Dalam Kesadaran Beragama dan Pembelajaran dengan Pemanfatan Media Sosial. Al-Tazkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 17–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6310
Payosi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Skripsi.
Pingge, H. D. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 134. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6458
Siregar, S. F. (2019). JURNAL BIOLOKUS Vol: 2 No.2 Juli – Desember 2019. Jurnal Biolokus, 2(2), 2621–3702.
Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif. bandung.
Susanti, Septi, Jayanti, & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 65–70. https://doi.org/DOI: https://doi .org/10.26858/jkp.v6i1.24698
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 110–120. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Syarofah, F., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Dan Ekspositori Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Education and Development, 7(2), 222–226.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).