Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar PAI

Authors

  • Hafshah Nur Afifah Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Muhyani Muhyani Universitas ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Sutisna Sutisna Universitas Ibn Khaldun bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4250

Keywords:

Discovery Learning, Learning Outcomes, Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Rancangan ini memiliki pretest yaitu kelompok kelas eksperimen dengan metode discovery learning dan kelompok kelas kontrol dengan metode diskusi. Kemudian diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda dengan pelajaran yang sama. Batasan berdasarkan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN 2 Kabupaten Bogor. mata pelajaran Fiqh dengan hasil belajar yang diinginkan.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery berpengaruh terhadap hasil belajar fikih kelas X MAN 2 Kabupaten Bogor. Berdasarkan perhitungan Independent Sample t test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,612 dengan jumlah siswa 60 orang. Pengambilan keputusan dengan melihat hasil sig. (2-ekor) adalah 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Hafshah Nur Afifah, Universitas Ibn Khaldun Bogor

PAI FAI UIKA Bogor

Muhyani Muhyani, Universitas ibn Khaldun Bogor

Fakultas Agama Islam

Sutisna Sutisna, Universitas Ibn Khaldun bogor

FAI UIKA Bogor

References

Agusriyalni, Z., Idrus, I., & Yennita. (2018). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGPADA MATERI SISTEM KOORDINASIUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.31-39

Arsyad, W. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas Xi Sma Negeri 2 Soppeng, 21(1), 153.

Azzama, A., & Muhyani. (2019). MANAJEMEN MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN MASYARAKAT. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.

Harjono, N. (2017). Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 31–40.

Hermawan. (2020). metode discovery learning. bandung: manggu makmur tanjung lestari.

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4(2), 31–34.

Muhammad Irfan Hilmi, Muhyani Muhyani, A. S. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CIAMPEA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 9(3), 1159–1171. Retrieved from http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp

Muhyani. (2012). PENGARUH PENGASUHAN ORANG TUA, DAN PERAN GURU DI SEKOLAH MENURUT PERSEPSI MURID TERHADAP KESADARAN RELIGIUS, DAN KESEHATAN MENTAL. (H. Nuim, Ed.). Depok.

Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian. UIKA Press.

Muhyani, Herawati, S., & Hakiem, H. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA DAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 2 KOTA BOGOR. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). Retrieved from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/398/405

Muhyani, & Setiadi, H. (2020). Peran Orang Tua dan Guru Dalam Kesadaran Beragama dan Pembelajaran dengan Pemanfatan Media Sosial. Al-Tazkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 17–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6310

Payosi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Skripsi.

Pingge, H. D. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 134. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6458

Siregar, S. F. (2019). JURNAL BIOLOKUS Vol: 2 No.2 Juli – Desember 2019. Jurnal Biolokus, 2(2), 2621–3702.

Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif. bandung.

Susanti, Septi, Jayanti, & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 65–70. https://doi.org/DOI: https://doi .org/10.26858/jkp.v6i1.24698

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 110–120. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Syarofah, F., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Dan Ekspositori Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Education and Development, 7(2), 222–226.

Published

21-08-2023

Citation Check