Penanaman Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sma It Al-Madaniyah Samuda Kabupaten Kotawaringin Timur

Authors

  • Abdul Azis IAIN Palangka Raya, Indonesia
  • Ajahari Ajahari IAIN Palangka Raya, Indonesia
  • Fimeir Liadi IAIN Palangka Raya, Indonesia
  • Gito Supriadi IAIN Palangka Raya, Indonesia
  • Norlatifah Wardah IAIN Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4242

Keywords:

religious character

Abstract

Penanaman karakter religius sangat diperlukan bagi siswa dalam rangka membentengi mereka dari dampak negatif era globalisasi. Pendidikan karakter religius di SMA IT Al-Madaniyah Samuda Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah dilakukan melalui berbagai kegiatan keagamaan dengan menggunakan beberapa metode seperti metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan dan pengulangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penanaman karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di SMA IT Al-Madaniyah Samuda Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius di SMA IT Al-Madaniyah Samuda Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah dilakukan melalui beberapa kegiatan keagamaan yakni shalat dhuha berjamaah, do’a dan zikir pagi, tadarrus al-Qur’an, pembacaan asmaul husna, shalat zuhur dan ashar berjamaah, do’a sore dan shalawat asygil. Karakter religius yang nampak dari siswa dapat dilihat dari beberapa indikator yakni memiliki sifat amal shaleh, beriman dan bertakwa, syukur, sabar, dan teguh hati (istiqomah).

Author Biographies

Abdul Azis, IAIN Palangka Raya

Pendidikan Agama Islam

Fimeir Liadi, IAIN Palangka Raya

Bahasa Indonesia

Gito Supriadi, IAIN Palangka Raya

Metodologi Penelitian PAI

Norlatifah Wardah, IAIN Palangka Raya

Pendidikan Agama Islam

References

Abdurachman, A., Hanafiah, N., & Sukandar, A. (2021). Manajemen Program Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Edukasi: Journal of Educational Research, 1(3), 101–115.

Abdurrachman, R., & Makhful, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. In Alhamra Jurnal Studi Islam (Vol. 1, Issue 2). Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10133

ABIDIN, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sd Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.863

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 1. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Aristanti, S. (2020). Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jombang dan Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Jombang). In Akrab Juara (Vol. 5, Issue 1). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Asmaun Sahlan. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Upaya Pengembangan Teori ke Aksi. In Malang: UIN Malang Press (Vol. 1, Issue 1). UIN-Maliki Press.

Azizah, M., & Fauzi, F. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembaruan Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Azyumardi Azra). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 759. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2559

Baba, M. A., Hadirman, H., & Reksamunandar, R. P. (2022). Praktik Pembentukan Pendidikan Karakter Bangsa di Lembaga Pendidikan Islam (Studi di MIN 1 Minahasa). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2375

Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125

Esmael, D. A., & Nafiah, N. (n.d.). Implementasi pendidikan karakter religius di sekolah dasar khadijah surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.

Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (n.d.). Strategi belajar mengajar dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.

Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah Di Sd Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 295–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393

Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677

Muslimah. (2015). Penanaman Nilai Religius dalam Keluarga. Antasari Press.

NAFISHA, A. H. (2020). Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Mi Hasyim Asy’Ari Wonoanti Trenggalek. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 53–61. http://repo.uinsatu.ac.id/15667/

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985

Putra, K. S. (2017). Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 3(2), 14–32. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.897

Ridwan, W., & Ladamay, O. M. M. A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 8 Cerme Gresik. Tamaddun, 21(1), 067. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1378

Solihin, S., Maya, R., & Priyatna, M. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Program Salat Berjamaah dan Salat Duha Siswa Kelas …. … PAI: Prosiding Al …, 3(01), 110–123. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/1008

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.

Susanti, N., Afgani, W., & Atika, N. (2022). Penerapan Model Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa TK Amalia Palembang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 482–488.

Usmi, F., & Kadri, R. M. (2021). Living Quran: Pembiasaan Membaca Asmaul Husna di Sekolah Dasar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 188–196. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i3.362

Published

18-11-2023

Citation Check