Kapitalisme Pendidikan Di Indonesia: Sebuah Kritik Perspektif Ilmu Manajemen Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4237Keywords:
Kapitalisme Pendidikan, Manajemen Pendidikan Islam, Logika Pendidikan, Pendidikan NasionalAbstract
Penelitian ini berusaha untuk mengkaji nilai-nilai kapitalisme dalam pendidikan di Indonesia baik di masa sejarah maupun perkembangannya, lalu dibandingkan dengan nilai-nilai ilmu manajemen pendidikan Islam sebagai Anti tesa dari ide pertama. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara kapitalisme pedidikan dan nilai nilai Manajemen Pendidikan Islam. Hubungan ke duanya yaitu sama-sama berfokus pada suatu pelaksanaan pendidikan yang syarat akan suatu ilmu manajemen. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif, dengan pendekatan pendalaman teori (Grounded Theory), dengan teknik kajian pustaka (Library Research) lalu menganalisa isinya (Content analisis). Hasil penelitian ini adalah bahwa kapitalisme terhadap segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Pendidikan menjadi liberal, kapitalistik, dan sekuler yang hanya mengandalkan logika. Pendidikan semacam ini ditujukan hanya untuk mendapatkan keuntungan finansial semata, dengan mengabaikan arti penting dan tujuan dasar pendidikan. Ada dua hal yang perlu diperhatikan untuk menghilangkannya. Yang pertama adalah bahwa manajemen pendidikan nasional harus terbuka, terjangkau dan tidak kaku: sementara yang kedua adalah bahwa tujuan pendidikan harus diarahkan pada orientasi mental siswa. Dalam sudut pandang ilmu Manajemen Pendidikan Islam Pendidikan kapitalisme tidak sesuai dengan konsep-konsepnya, yaitu Fleksibel, efektif dan Efisien, Terbuka, Kooperatif dan Partisipatif.
References
Alinda, S. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Andreski, S. (1989). Max Weber: Kapitalisme, Birokrasi, dan Agama. Yogyakarta: PT. Tirta Wacana Yogya.
Arrohmatan. (2019). Religion Materials Deconstruction on Student Books of Senior High School in Indonesia. Journal of Research in Islamic Education, 51-60.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Az-Zuhaili, W. (2002). Al Qur'an Menjawab Tantangan Zaman. Jakarta: Mustaqim.
Capra, P. (2000). Titik Balik Peradaban. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Ellis, R. (2002). The Study of Second Language Acquistion. New York: Oxfor University Press.
Guntur, H., & Tarigan, D. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Hastuti, S. (1989). Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama.
Mudyahardjo, R. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grapindo.
Mudyaharju, R. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grapindo.
Murwati, R., Windarti, A., & Wiyono, T. P. (2016). Tantri Basa Adhedhasar Pergub No. 19 taun 2014 Muatan Lokal Bahasa Daerah Provinsi Jawa Timur lan KTSP 2013. Jawa Timur: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Nanji, A. (2003). Peta Studi Islam: Orientalisme dan Arah Kajian Baru Kajian Islam di Barat. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Nizar, S. (2009). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Nurhayati, E., & Mulyani, S. (2006). Linguistik Bahasa Jawa. Yogyakarta: Bagaskara.
Parera. (1993). Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Parera. (1997). Linguistik Edukasional, Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrasif antar Bahasa, Analisis Kesalahan Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Republik Indonesia. (2009). Undang Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 Tentang Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Richards, J. C. (1973). Error Analysis, Perspectives on Second Language Acquisition. London: Longman.
Roekhan. (1990). Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Ke Dua. Bandung: Sinar Baru.
Sibuan, M. (1989). Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: CV. Haji Mas Gus.
Sidarta, M. (1999). Manajemen Pendidikan Indonesia . Jakarta: PT. Bina Aksara.
Soekanto, S. (2002). Sosiolog: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Sudiana, N. (1990). Analisis Kekhilafan dalam Belajar Bahasa Ke Dua dalam Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar Baru, .
Suprayogo, I. (1994). Revormulasi Visi Pendidikan Islam. Kediri: STAIN Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).