Karakteristik Pesantren dan Peranannya dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4227Keywords:
Kecakapan Hidup, Kreatif, Mandiri, TerampilAbstract
Di era global, lembaga pendidikan dituntut memberikan dan meningkatkan kecakapan hidup, seperti terampil, mandiri dan kreatif. Pesantren dianggap mampu memberikan kecakapan hidup peserta didiknya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengukur kemampuan terampil, kreatif, mandiri santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pesantren keterampilan menerapkan program untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian, selain mengaji dan sekolah formal. Pesantren tradisional menerapkan program peningkatan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. Simpulan dari penelitian ini adalah pesantren dapat meningkatkan keterampilan, kreatifitas, dan kemandirian santri.
References
Ali, M. (2007). Penjaminan Mutu Pendidikan. Dalam Tim pengembang Ilmu Pendidikan UPI-FIP. In Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.
Amin, S., & Sutarto, J. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2).
Fauzan, F. A., Hasbiyallah, H., & Fikri, M. (2022). The Creativity of Islamic Religious Education Teachers for Effective Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(2), 120–132. https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18196
Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1–9.
Ifnaldi, I. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 170–188.
Larasati, R. A., SE, M. M., & Ningrum, H. F. (2021). Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Media Sains Indonesia.
Lutfiana, H., Luthfi, A., & Arsal, T. (2017). Pengembangan Nilai Karakter dan Kecakapan Hidup Bagi Santri Ndalem di Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Kabupaten Kudus. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 6(1), 1–10.
Noor, A. H. (2015). Pendidikan kecakapan hidup (life skill) di pondok pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–31.
Umam, A. K. (2018). Perberdayaan Santri Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(01), 163–179.
Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut pisa 2018: pengembangan literasi matematika untuk mendukung kecakapan abad 21. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.
Yusuf, M. (2020). Pendidikan Pesantren Sebagai Modal Kecakapan Hidup. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 78–92.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).