Karakteristik Pesantren dan Peranannya dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup

Authors

  • Mahrus Asad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4227

Keywords:

Kecakapan Hidup, Kreatif, Mandiri, Terampil

Abstract

Di era global, lembaga pendidikan dituntut memberikan dan meningkatkan kecakapan hidup, seperti terampil, mandiri dan kreatif. Pesantren dianggap mampu memberikan kecakapan hidup peserta didiknya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengukur kemampuan terampil, kreatif, mandiri santri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pesantren keterampilan menerapkan program untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian, selain mengaji dan sekolah formal. Pesantren tradisional menerapkan program peningkatan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia. Simpulan dari penelitian ini adalah pesantren dapat meningkatkan keterampilan, kreatifitas, dan kemandirian santri.

References

Ali, M. (2007). Penjaminan Mutu Pendidikan. Dalam Tim pengembang Ilmu Pendidikan UPI-FIP. In Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.

Amin, S., & Sutarto, J. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2).

Fauzan, F. A., Hasbiyallah, H., & Fikri, M. (2022). The Creativity of Islamic Religious Education Teachers for Effective Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(2), 120–132. https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18196

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1–9.

Ifnaldi, I. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 170–188.

Larasati, R. A., SE, M. M., & Ningrum, H. F. (2021). Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Media Sains Indonesia.

Lutfiana, H., Luthfi, A., & Arsal, T. (2017). Pengembangan Nilai Karakter dan Kecakapan Hidup Bagi Santri Ndalem di Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Kabupaten Kudus. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 6(1), 1–10.

Noor, A. H. (2015). Pendidikan kecakapan hidup (life skill) di pondok pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–31.

Umam, A. K. (2018). Perberdayaan Santri Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(01), 163–179.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut pisa 2018: pengembangan literasi matematika untuk mendukung kecakapan abad 21. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.

Yusuf, M. (2020). Pendidikan Pesantren Sebagai Modal Kecakapan Hidup. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 78–92.

Published

21-08-2023

Citation Check