Manajemen Strategi Pencegahan Radikalisme di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kota Metro

Authors

  • Mas Agung Pribadi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Syarifudin Bashar Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Muhammad Akmansyah Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ahmad Fauzan Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4222

Keywords:

Strategy Management, Radicalism, Islamic Religious College (PTKI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis formulasi strategi pencegahan radikalisme di PTKI Kota Metro, menganalisis implementasi strategi pencegahan radikalisme di PTKI Kota Metro, dan menganalisis evaluasi strategi pencegahan radikalisme di PTKI Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdapat tiga teknik, yaitu; teknik wawancara, teknik observasi, dokumentasi dan teknik triangulasi yang menggabungkan dari ketiga teknik tersebut. Mengumpulkan data sekaligus menguji kredibilitas data. Hasil penelitian dapat dijabarkan hasil dari penelitian ini, antara lain; Tahap formulasi strategi, IAIN dan IAIM NU Kota Metro merumuskan visi misi yang memperkuat pendidikan karakter, memperkuat rasa cinta Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, menganalisis lingkungan internal dan eksternal, menetapkan tujuan jangka panjang rencana kegiatan dengan aktivitas berkualitas baik di bidang akademik, sosial, kegamaan, dan olahraga, dengan nilai-nilai Pancasila., merumuskan, mengevaluasi dan memilih strategi terkait aturan dan pengawasan kegiatan mahasiswa di lingkungan PTKI. Tahap implementasi strategi, IAIN dan IAIM NU Kota Metro, memiliki program pendidikan karakter, kegiatan dengan nilai-nilai Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kegiatan dengan aktivitas berkualitas baik di bidang akademik, sosial, keagamaan, dan olahraga, dan kebijakan memasukkan nilai-nilai Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam kurikulum perkuliahan. Tahap evaluasi strategi, IAIN dan IAIM NU Kota Metro, mengukur ada tidaknya sikap intoleran, ada tidaknya sikap anti Pancasila, ada tidaknya sikap anti NKRI di lingkungan kampus, dan mengevaluasi kinerja semua kegiatan yang telah dijalankan apakah sesuai rencana atau tidak.

References

Abu Rokhmad. (2014). “Pandangan Kiai Tentang Deradikalisasi Paham Islam Radikal di Kota Semarang,†Balai Penelitian Pengembangan Agama Semarang, h. 27–37.

AG Wicaksono. (2018). “metodologi penelitianâ€, radenintan.ac.id, h. 103–11,.

Ahmad Zayyadi. (2018). “Deradikalisasi Agama Dalam Strategi Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme di Universitas Jenderal Soedirman dan IAIN Purwokerto,†An-Nidzam Vol. 5 No. 2, h. 19–40.

Anugrah Ayu Sendari. (2021). “Radikalisme adalah Paham Perubahan Ekstrem, Kenali Ciri-Cirinyaâ€, hot.liputan6.com (2021), diakses pada 21 Nopember 2022, pukul 21.45 WIB, tersedia pada https://hot.liputan6.com/read/4456602/radikalisme-adalah-paham-perubahan-ekstrem-kenali-ciri-cirinya.

BNPT. (2021). “BNPT Waspadai Penyebaran Paham Radikalisme Dan Terorisme Di Internet Selama Masa Pandemi Covid-19,â€diakses pada 27 November 2021, pukul 21.05 WIB, tersedia pada https://www.bnpt.go.id/bnpt-waspadai-penyebaran-paham-radikalisme-dan-terorisme-di-internet-selama-masa-pandemi-covid-19.

Damailah Indonesiaku. (2021). “Seluruh Rektor PTKIN dan Civitas Academika harus memahami Bahayanya Penyebaran Paham Radikalisme Terorisme,†diakses pada 6 Januari 2022, pukul 09.00 WIB, tersedia pada https://damailahindonesiaku.com/seluruh-rektor-ptkin-dan-civitas-academika-harus-memahami-bahayanya-penyebaran-paham-radikalisme-terorisme.html.

Detik.com. (2018). “Penyebab Radikalisme di PTKIN,†newsdetik.com (2018), diakses pada 10 Januari 2023, pukul 19.45 WIB, tersedia pada https://news.detik.com/berita/d-4091027/bnp.

H. Sofyan Hadi. (2019). “Manajemen Strategi Dakwah di Era Kontemporer†Jurnal Al-Hikmah, Vol. 17 No. 1, h. 79–90.

IAIN Metro. (2021). “Prestasi Mahasiswa IAIN Metro,†metrounive.ac.id (2021), diakses pada 10 Januari 2023, pukul 13.34 WIB, tersedia pada https://www.metrouniv.ac.id/news/prestasi-nasional-kembali-ditorehkan-oleh-mahasiswa-iain-metro/.

Jeje Jainudin. (2019). “Makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),†Pustekkom Kemdikbud, 2019, diakses pada 27 Nopember 2022, pukul 21.00 WIB, tersedia pada https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/Makna-NKRI.html.

Kemenag RI. (2022). “Penghargaan Satu-satunya PTKIS Terbit Jurnal Scopus,†kemenag.go.id (2022), diakses pada 10 Januari 2023, pukul 13.56 WIB, tersedia pada https://www.kemenag.go.id/read/jurnal-terbitan-iai-ma-arif-nu-metro-lampung-terindeks-scopus.

Kepulauan Meranti. (2015). “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Memerangi Radikalisme,†iaifa.ac.id, Vol. II, h. 1–15.

Muchlisin Riadi. (2019). “Pengertian, Ciri, Penyebab dan Pencegahan Radikalisme,†kajianpustaka.com (2019), diakses pada 4 maret 2022, pukul 21.00 WIB, tersedia pada https://www.kajianpustaka.com/2019/12/pengertian-ciri-penyebab-dan-pencegahan-radikalisme.html.

Num Rumkel. (2018). “Pencegahan Radikalisme dalam Lingkungan Kampus di Era Milenial,†unkhair.ac.id (2018), diakses pada 4 Maret 2022, pukul 21.00 WIB, tersedia pada https://unkhair.ac.id/pencegahan-radikalisme-dalam-lingkungan-kampus-di-era-milenial-suatu-kajian-sosio-legal-oleh-dr-nam-rumkel-s-ag-m-h/.

Nur Alim, dkk. (2018). “Singularitas Agama: Identifikasi Aliran dan Paham Radikal di Kendari,†Al-Ulum, Vol. 18 No. 2, h. 271–300.

Nur Salim et al. (2018). “Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme Melalui Pendidikan Multikulturalisme pada Siswa MAN Kediri Iâ€, Jurnal Abdinus : Jurnal Pengabdian Nusantara, Vol. 2 No. 1, h. 99–107,.

PPI LPPKM UNESA. (2019). Preventing Radicalism, (pusatpembinaanideologipemunesa.

Saleh, dkk. (2021). “Manajemen Strategik Dalam Menangkal Radikalisme di Perguruan Tinggi Islam,“ Fenomena : Jurnal Penelitian,†Vol. 13 No. 1, h. 77–102.

Saepuloh. (2017). “Manajemen Strategikâ€, stainkudus.ac.id, (STAIN Kudus).

Sugiyono. (2013). "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke-19", (Bandung: Afabeta).

Taufiqurokhman. (2019). Manajemen Stratejik, ed. I, Cet. 2016 (Jakarta Pusat: FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Telkom University. (2021). “Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme di Lingkungan Kampus,†telkomuniversity.ac.id (2021), diakses pada 4 Maret 2022, pukul 21.15 WIB, tersedia pada https://telkomuniversity.ac.id/penanggulangan-terorisme-dan-radikalisme-di-lingkungan-kampus/.

Said dan Rauf. (2015). “Radikalisme Agama Dalam Perspektif Hukum Islam,â€.

Y Abadi. (2019). “Metode Penelitianâ€, repo-iaintulungagung.ac.id.

Published

21-08-2023

Citation Check