Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an dan Hadits Pada Siswa

Authors

  • Abd. Mukti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Junaidi Arsyad Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Achmad Bahtiar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4213

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan Hadis pada kurikulum, ekstrakurikuler dan sarana prasarana. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, pengujian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi penanaman nilai-nilai karakter berbasis Al-Qur’an dan Hadits pada siswa-siswi di SMP Plus Darul Ilmi Murni pada kurikulum, ektrakurikuler, dan sarana prasarana adalah dengan adanya komitmen bersama dituangkan ke dalam visi misi dan tujuan sekolah, selanjutnya dalam kurikulum, silabus, metode dalam proses pembelajaran, bidang studi, dan program sekolah berupa salat berjamaah di masjid, tahajjud, tahsin, tahfidz Al-Qur’an, gerakan infak sedekah, praktik fardhu kifayah, praktik Bahasa Arab dan Inggris, kepemimpinan, mengunjungi dan menyumbang bagi teman atau keluarga yang sakit dan berduka. Pada kegiatan ekstrakurikuler yaitu pada pramuka, renang, olahraga, kesenian seperti seni tari dan drama, bela diri, organisasi siswa, dan kepemimpinan dengan selalu dimulai membaca bismillah dan doa, adanya pemberian motivasi, menyampaikan makna dan manfaat kegiatan, memberikan pujian dan sangsi, menunjukkan keteladanan, serta pakaian yang digunakan harus menutup aurat. 

References

An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah & Masyarakat. Gema Insani Press.

Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.

Elihami Elihami, A. S. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI Elihami Elihami Abdullah Syahid A . Pendahuluan Pendidikan Agama Islam sebagai suatu proses ikhtiyariyah mengandung ciri dan watak khusus , yaitu proses penanaman ,. 2, 79–96.

Faqihuddin, A. (2021). Building Character in Islamic Education Perspective. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(2), 372–382. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504

Fathurrohman, P. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Heywood, D. (2013). Educating Ministers of Character. Journal of Adult Theological Education, 10(1), 4–24.

Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional.

KeržiÄ, D., Alex, J. K., Alvarado, R. P. B., da Silva Bezerra, D., Cheraghi, M., Dobrowolska, B., Fagbamigbe, A. F., Faris, M. A. I. E., França, T., González-Fernández, B., Gonzalez-Robledo, L. M., Inasius, F., Kar, S. K., Lazányi, K., Lazăr, F., Machin-Mastromatteo, J. D., Marôco, J., Marques, B. P., Mejía-Rodríguez, O., … Aristovnik, A. (2021). Academic student satisfaction and perceived performance in the e-learning environment during the COVID-19 pandemic: Evidence across ten countries. PLoS ONE, 16(10 October 2021), 1–23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0258807

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). An Expanded Source book Qualitative Data Analysis. SAGE Publication.

Muqowim. (2012). Pengembangan Soft Skills Guru. Pedagogia.

Pratiwi, & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Jurnal Semantik, 6(1), 11–14.

Ramadhan, M. F., Husen, A., & Raharjo. (2021). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMA Negeri 43 Jakarta. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 30.

Setiawan, H. R. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Khaldun. The 8th International Workshop on Islamic Development, 46.

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bildung.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2019). Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 4(2), 942–955.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Suyatno. (2012). Sekolah Islam terpadu, Filsafat, Ideologi, dan tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 362.

Published

21-08-2023

Citation Check