Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an dan Hadits Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4213Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dan Hadis pada kurikulum, ekstrakurikuler dan sarana prasarana. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, pengujian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi penanaman nilai-nilai karakter berbasis Al-Qur’an dan Hadits pada siswa-siswi di SMP Plus Darul Ilmi Murni pada kurikulum, ektrakurikuler, dan sarana prasarana adalah dengan adanya komitmen bersama dituangkan ke dalam visi misi dan tujuan sekolah, selanjutnya dalam kurikulum, silabus, metode dalam proses pembelajaran, bidang studi, dan program sekolah berupa salat berjamaah di masjid, tahajjud, tahsin, tahfidz Al-Qur’an, gerakan infak sedekah, praktik fardhu kifayah, praktik Bahasa Arab dan Inggris, kepemimpinan, mengunjungi dan menyumbang bagi teman atau keluarga yang sakit dan berduka. Pada kegiatan ekstrakurikuler yaitu pada pramuka, renang, olahraga, kesenian seperti seni tari dan drama, bela diri, organisasi siswa, dan kepemimpinan dengan selalu dimulai membaca bismillah dan doa, adanya pemberian motivasi, menyampaikan makna dan manfaat kegiatan, memberikan pujian dan sangsi, menunjukkan keteladanan, serta pakaian yang digunakan harus menutup aurat.Â
References
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah & Masyarakat. Gema Insani Press.
Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.
Elihami Elihami, A. S. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI Elihami Elihami Abdullah Syahid A . Pendahuluan Pendidikan Agama Islam sebagai suatu proses ikhtiyariyah mengandung ciri dan watak khusus , yaitu proses penanaman ,. 2, 79–96.
Faqihuddin, A. (2021). Building Character in Islamic Education Perspective. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(2), 372–382. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504
Fathurrohman, P. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.
Heywood, D. (2013). Educating Ministers of Character. Journal of Adult Theological Education, 10(1), 4–24.
Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional.
KeržiÄ, D., Alex, J. K., Alvarado, R. P. B., da Silva Bezerra, D., Cheraghi, M., Dobrowolska, B., Fagbamigbe, A. F., Faris, M. A. I. E., França, T., González-Fernández, B., Gonzalez-Robledo, L. M., Inasius, F., Kar, S. K., Lazányi, K., Lazăr, F., Machin-Mastromatteo, J. D., Marôco, J., Marques, B. P., MejÃa-RodrÃguez, O., … Aristovnik, A. (2021). Academic student satisfaction and perceived performance in the e-learning environment during the COVID-19 pandemic: Evidence across ten countries. PLoS ONE, 16(10 October 2021), 1–23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0258807
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). An Expanded Source book Qualitative Data Analysis. SAGE Publication.
Muqowim. (2012). Pengembangan Soft Skills Guru. Pedagogia.
Pratiwi, & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Jurnal Semantik, 6(1), 11–14.
Ramadhan, M. F., Husen, A., & Raharjo. (2021). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMA Negeri 43 Jakarta. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 30.
Setiawan, H. R. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Khaldun. The 8th International Workshop on Islamic Development, 46.
Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bildung.
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2019). Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 4(2), 942–955.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.
Suyatno. (2012). Sekolah Islam terpadu, Filsafat, Ideologi, dan tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 362.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).