Penguatan Pendidikan Karakter: Tinjauan Desain Internalisasi Nilai Melalui Manajemen Kontrol Karakter di Sekolah

Authors

  • M Naelul Mubarok Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Kama Abdul Hakam Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Aceng Kosasih Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Momod Abdul Somad Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ade Abdul Muqit Institut PTIQ Jakarta, Indonesia
  • Wildan Alwi Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4186

Keywords:

Penguatan Pendidikan Karakter, Internalisasi Nilai, Manajemen Kontrol

Abstract

Penguatan pendidikan karakter di Indonesia menjadi prioritas utama untuk membangun bangsa. Dengan karakter generasi penerus yang baik, diharapkan dapat mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju, berbudaya dan bermartabat. Sekolah sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab menghasilkan lulusan yang berkarakter tersebut mengemban tugas berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain  manajemen kontrol karakter yang dapat dikembangkan di sekolah dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada diri siswa. Serta bertujuan untuk merumuskan unsur-unsur manajemen kontrol yang memungkinkan untuk diimplementasikan pada aktivitas penguatan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data diperoleh melaui literatur riset dan ilmiah, sedangkan analisa hasil dijabarkan secara deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menjabarkan bahwa desain manajemen kontrol menghendaki optimalisasi dari aktivitas  dalam internalisasi nilai siswa. Adapun indikator-indikator dari aktivitas manajemen internmalisasi nilai karakter tersebut menghendaki seorang guru untuk bisa melakukan observasi, komunikasi, motivasi, supervisi, evaluasi, serta feed back atau memberikan umpan balik

References

Abi, Asmana. (2019). Pengertian Pengendalian (Controlling, Objek, Jenis, Manfaat, dan Tahapan dalam Pengendalian). [online]. Diakses dari https//:legalstudies.blogspot.com.

Ardianto, H. dkk. (2020). Peningkatan Learning Organization Melalui Kepemimpinan Transformasional dan Efikasi Diri Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1). 34-50

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astika, Made. (2016). Cara Melakukan Umpan balik yang Efektif bagi Siswa. [online]. Diakses dari https://disdikpora.bulelengkab.go.id/artikel/cara-melakukan-umpan-balik-yang-efektif-bagi-siswa-97

Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Characther). Jurnal Al-Um, 14(1): 269-288

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ermayani (2015). Pembentukan Karakter Remaja melalui Keterampilan Hidup : Jurnal Pendidikan Karakter.Vol.5.127-141

Fadlillah, Muhammad & Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hanurawan, F. (2016). Perspektif Alternatif dalam Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

J. Julia, Tedi Supriyadi, Prana Dwija Iswara. (2022). Development of the Religious Character of the Nation through Learning Religious Songs: Teachers’ Perception and Challenges. Journal of Art and Research Education, 22(1). 103-118. https://doi.org/10.15294/harmonia.v22i1.

Kirschenbaum, Howard. (1995). 100 Ways To Enhance Values And Morality In Schools And Youth Settings. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Lickona, T. (2007). CEP’s Eleven Priciples of Effective Character Education. Washington DC: Character education Partnership.

Muhaimin (2012). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam Di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mujahidin, Firdaus. 2017. Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Putri Nabhani Nurany, Maria Goretti Adiyanti, Zainudin Hassan. (2022). Parental expressed emotions and depression among adolescents: The mediating role of emotion regulation. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2): 195–210. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Psikohumaniora

Purwanto, Ngalim. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis.(2002). Pengantar Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Rohmah, Elfi Yulianti. (2006). Mengembangkan Karakter Tanggung jawab pada Pembelajar. Jurnal Al Murabbi, 3(1).

Samani, Muchlas & Hariyanto. (2013). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Posdakarya

Samani, Muchlas& Hariyanto (2019). Manajemen Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktis. Bogor: Kuttab.

Suryadi, Ace. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syamsudin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah, 1(1): 26-38.

Tirtarahardja.U, La Sulo.S.L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipt.a

Zubaidi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasiny dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Downloads

Published

28-02-2022

Citation Check