Pemikiran Paradigma Pendidikan Islam (Tinjauan Paradigma Pendidikan Islam Holistik Dalam Serat Wulang Reh)

Authors

  • Made Saihu Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4185

Keywords:

Paradigma Pendidikan Islam, Serat Wulang Reh, Sri Susuhunan Pakubuwana IV

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana paradigma pendidikan Islam dalam serat Wulang Reh dan bagaimana kontribusi Sri Susuhunan Pakubuwana IV dalam diskursus paradigma pendidikan Islam melalui Serat Wulang Reh. Kajian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan pokok-pokok permasalahan dari analisis literatur ini dihasilkan data yang dikehendaki untuk ditelaah secara mendalam. Sementara pendekatan yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan menitikberatkan pada analisis terhadap data dskriptif yang berupa kata-kata tertulis yang tersaji di dalam buku-buku, artikel maupu dokumen-dokumen lainnya. Kesimpulan dalam skripsi ini adalah wajah paradigmatik pendidikan Islam yang digunakan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana IV untuk meramu pendidikan ideal yang ditransformasikan kepada generasi penerus melalui karya sastra berjudul Sserat Wulangreh cenderung ke arah konservatisme dengan “aroma†perennialisme esensialisme salafi. Hal ini terlihat dari pandangan Sri Susuhunan Pakubuwan IV yang menitik beratkan pada nilai-nilai perennialisme yang terkandung di dalam alam pemikiran orang tua, ulama dan nenek moyang, sehingga generasi penerus wajib untuk menggali darinya. Sri Susuhunan Pakubuwana IV melalui serat Wulang Reh berkontribusi menghadirkann paradigma pendidikan Islam konservatif sebagai benteng penahan perang kultural dengan Belanda.

References

Abid, M. A.-J. (2006). Al-Madkhal Ila Al-Qur’an Al-Karim. Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyah.

Abu ‘A’la al-Maududi. (1991). Manhaj Jadid li Tarbiyyah wa Ta’lim, terj. Judi Al-Falasani. CV Ramadani.

Achmadi. (2010). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. RajaGrafindo Persada.

Al-Attas, M. al-N. (1996). The Concept of Education in Islam: A Frame Work for an Islamic Phylosophy of Education (H. Bagir (ed.)). Mizan.

Al-BÄqÄ«, M. F. ‘Abd. (1992). Al-Mu’jam Al-Mufahras lÄ« AlfÄzh Al-Qur’Än Al-KarÄ«m. Dar al-Fikr.

Al-Buthi, S. R. (2005). Salafi: Sebuah Fase Sejarah Bukan Madzhab, terj. Tutuhal Arifin. Gema Insani.

Al-DÄ«nal-RÄzÄ«, M. F. (1995). TafsÄ«r Al-KabÄ«r wa MafÄtīḥ Al-Ghaib. DÄr al-Fikr.

Al-Husein, M. S. (1999). Kritik Sistem Pendidikan. Pustaka Kencana.

Al-Shibagh, M. ibn L. (1990). Lumhat fi ‘Ulum Al-Qur’an wa Ittijahat Al-Tafsir. Maktabah al-Islami.

Ali, M. (2010). Kontekstualisasi Al-Qur’an. Jurnal Hunafa, 7(1): 61–68.

Asy’arie, M. (1992). Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an. LESFI.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.

Dahlan, M. (2017). Paradigma Ijtihad Fiqh Minoritas dsi Indonesia. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 49–70.

Darusuprapta. (1985). Serat Wulangreh. Citra Jaya.

Delors. (1996). Education: The Necessary Utopia. Pengantar di dalam “Treasure Wit hin†Report the International Commission on Education for the Twenty-firs Century. UNESCO Pubhlising.

Dewey, J. (1964). Democracy and Education, an Introduction to the Philosophy of Education. The Macmillan Company.

Dewey, J. (1997). Experience and Education. Touchstone.

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1): 116–133.

Efendi, J. (2010). Pembaharuan Tanpa Membongkar Tradisi. Kompas.

Estrada, C. A. M., Lomboy, M. F. T. C., Gregorio, E. R., Amalia, E., Leynes, C. R., Quizon, R. R., & Kobayashi, J. (2019). Religious education can contribute to adolescent mental health in school settings. International Journal of Mental Health Systems, 13(1): 1–6.

Fakih, M. (2001). Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis. Insisnt.

Fauzi, A. (2018). KONSTRUKSI MODEL PENDIDIKAN PESANTREN: Diskursus Fundamentalisme dan Liberalisme dalam Islam. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 18(1): 89–114.

Freire, P. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas (terj. Tim). LP3ES.

Hadi, S. (2002). Metodologi Research. Andi Offset.

Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: Prinsip dan Dasar Pengembangan. DEEPPUBLISH.

Howlet, J. (2013). Progressive Education: A Critical Introduction. Bloomsbury Academic.

Ja’far, M. ‘Āli. (1980). ManÄhij al-MufassirÅ«n. Dar al-Ma’rifah.

Ju’Subaidi, N. M. dan S. (2016). Paradigma Pendidikan Agama dalam Masyarakat Plural. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2).

Khotimah. (2014). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Pendidikan Islam. Jurnal Ushuluddin, XXII(2), 11.

Khun, T. S. (1996). The Structure of Scientific Revolution. University of Chicago Press.

Kuntowijoyo. (1998). Paradigma Islam. Mizan.

Kusmana, K. (2012). Hermeneutika Humanistik Nasr Hamid Abu Zayd : Al-Qur’an sebagai Wacana. Kanz Philosophia : A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 2(2), 265. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v2i2.33

Ma’luf, L. (1986). al-Munjid fi al-Lughah wa A’lam. al-Maktabah al-Syarqiyah.

Maliki, Z. (2012). Rekonstruksi Teori Sosial Modern. Gadjah Mada University Press.

Mas’ud, A. (2004). Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik. Gama Media.

Masterman, M. (1970). The Nature of Paradigm: Cristicism and The Growth of Knowledge. Cambridge University Press.

Matrapi. (2018). TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Membangun Sebuah Paradigma Pendidikan Yang Mampu Menjadi Wahana Bagi Pembinaan Dan Pengembangan Peserta Didik). ISLAMUNA: Jurnal Studi Islam, 5(1), 1–15.

McNeil, J. D. (1988). Kurikulum: Sebuah Pengantar Komprehensif, terj. Subandiah. Bulan Bintang.

Moelong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moh Syahirul Aliem, A. S. (2017). PARADIGMA PENDIDIKAN DALAM FILM 3 IDIOTS (ANALISIS WACANA SARA MILL). Paradigma, 5(2), 3.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Rosdakarya.

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rosdakarya.

Mustafa. (2018). Mazhab Filsafat Pendidikan dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 5(2), 3.

Muttaqin, A. (2016). Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. DINAMIKA, 1(1), 67–92.

Nafis, M. W. (2015). Kontekstualisasi Ajaran Islam 70 Tahun Prof. Dr. Munawir Sadjali, MA. Paramadina.

Nasution, H. (2010). Filsafat dan Mistisme Islam. Bulan Bintang.

Nata, A. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Grasindo.

Norris, C. (2003). Membongkar Teori Dekonstruksi Jaques Derrida, terj. Inyiak Ridwan Muzir. Ar Ruzz Media.

Nurhayati, E. (2010). Nilai-nilai Moral Islami dalam Serat Wulangreh. Millah: Jurnal Studi Agama, X(1), 42.

O’neil, W. F. (1981). Educational Ideologies: Contemporary Expressions of Educational hilosophies. Goodyear Publishing Company.

O’Neill, W. F. (2001). Ideologi-ideologi Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Priatna, T. (2004). Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam. Pustaka Bani Quraisy.

Primarni, A. (2014). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Islam. Edukasi Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 473.

Rahman, F. (1980). Major Themes of the Qur’an. Bibliotheca Islamica.

Rakhmat, J. (2021). Psikologi agama. Mizan Publishing.

Rouf, A. (2018). slam Pluralis dan Multikulturalisme: Memperkokoh Kesatuan Bangsa. Urnal Bimas Islam V, 11(4), 784–831.

Ruhendi, A. M. dan L. Y. (2004). Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern. IRCiSoD.

Rusn, A. I. (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82–95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76

Shihab, Q. (1996). Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Mizan.

Sholeh, A. K. (2004). Wacana Baru Filsafat Islam. Pustaka Pelajar.

SM, I. (2001). Paradigma Pendiidkan Islam. Pustaka Pelajar-IAIN Walisongo.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D ( dan R. Kualitatif & D. (eds.)). Alfabeta.

Susanto, E. (2017). Dimensi Studi Islam Kontemporer. Kencana.

Sutrisno, A. N. (2014). Telaah Filsafat Pendidikan. Deepublish.

Syahâtah, A. (2001). ‘Ulûm al-Tafsîr. Dâr al-Syurûq.

Thompson, J. B. (2003). Analisis Ideologi: Kritik Wacana Ideologi-ideologi Dunia. IRCiSoD.

Tibi, B. (2012). Islamic Humanism vs Islamism: Cross-Civilizational Bridging. An Interdisciplinary Journal, 95(3): 230–254.

Tobroni. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Kencana.

Usa, M. (1991). Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta. Tiara Wacana.

Zamanîn, A. ‘Abdullâh ibn ‘Abdullâh ibn ‘Abû. (2002). Tafsîr Al-Qur’ân Al-‘Azhîm (5th ed.). Al-Fârûq al-Hadîtsah.

ZTF, P. B. (2008). Fikih Jalan Tengah: Dialektika Hukum Islam dan Masalah-masalah Masyarakat Modern. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

28-02-2022

Citation Check