Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Kebersihan Lingkungan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4183Keywords:
Upaya, Guru PAI, Karakter Bertanggungjawab, Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiupaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter bertanggungjawab siswa pada kebersihan lingkungan sekolah melalui program sampahku bukan untukmu (SAKU). Penelitian ini dilakukan di tingkat sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Data dan informasi dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi dari beberapa informan, yaitu; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI dan Budi Pekerti, tenaga kependidikan serta siswa. Teknik analisis data menggunakan metode Intrepretatif. Hasil penelitian menunjukkanantaralain: (1) Pengembangan karakter bertanggungjawab siswa pada kebersihan lingkungan sekolah dilakukan dengan cara antaralain: penanaman karakter sejak siswa diterima, metode pembiasaan, dan pelaksanaan program SAKU; (2) Upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan karakter bertanggungjawab dilakukan dengan cara mengingatkan setiap hari, mengajarkan disiplin, pembinaan dan bimbingan terprogram, dan pemberian sanksi; (3) Faktor pendukung antara lain: keterlibatan pegawai, sosialiasi program,motivasi, dan sarana dan prasarana yang memadai; (4) Faktor penghambatnya yaitu keberagaman karakter siswa, plastik kemasan, keterbatasan guru dalam evaluasi program, keterbatasan alat kebersihan, dan (5) Solusinya, melakukan pembinaan siswa secara kontinyu, larangan jajan di luar sekolah, mengevaluasi program, dan menyediakan sarana berupa alat kebersihan.
References
Ginanjar, M.H &Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).
Iskandar, A,A. (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Secara Partisipatif Demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah, 1(01).
Mansyur, Imam, Maya, R, & Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas XI SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(02).
Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islami, 03(02).
Triana, R. (2018). Internalisasi Jihad dalam Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(01).
Wahidin, U. (2014). Communication Training Learning Based Multimedia Development for Teachers of Pedagogy Competence. International Journal of Education and Management Studies. ISSN-p-2231-5632. ISSN-e-2321-3671. Vol. 04, (02).
Barudin, T.P. (2019). Perilaku Kerja Keras dan Tanggung Jawab. Klaten: Cempaka Putih.
Ramayulis. (2015). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).