PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PROF. DJA’FAR SIDDIK
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.4166Keywords:
Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Prof. Dja’far SiddikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemikiran pendidikan Islam menurut Prof. Dja’far Siddik serta menemukan relevansi pemikiran pendidikan Islam menurut Prof. Dja’far Siddik dengan pendidikan Islam di Indonesia saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan studi tokoh. Adapun sumber data primernya yaitu buku karangan Prof. Dja’far Siddik sedangkan data sekundernya yaitu buku-buku mengenai pendidikan Islam. Untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian pemikiran pendidikan Islam menurut Prof. Dja’far Siddik, adalah 1) Tujuan pendidikan Islam ialah bahwa, tujuan yaitu memperhambakan diri kepada Allah. 2) Peserta didik bukan manusia yang pasif, mereka memiliki potensi tersendiri sejak lahir. 3) Pendidik tidak sebatas guru melainkan siapa saja bisa jadi pendidik asalkan di dalamnya terdapat upaya-upaya untuk membantu orang lain agar dapat berkembang kearah yang lebih baik. 4) Kurikulum tidak hanya menyangkut masalah mata pelajaran tetapi juga mencakup keseluruhan dari berbagai kegiatan sekolah. 5) Metode pendidikan merupakan suatu cara yang digunakan untuk peserta didik dalam proses pembelajaran. 6) Pemikiran pendidikan Islam menurut Prof. Dja’far Siddik masih relevan dengan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
References
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, 1979. Al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Falâsafatuhâ. Mesir: îsa al-Bâbî al-Halabi.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, 1990. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. H. Bustami, A. Gani, Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang.
Ashraf, Syed Ali, 1985. New Horizon in Muslim Education. Cambrige: the Islamic Academy.
Azra, Azyumardi, 1998. Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Daradjat, Zakiah, 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. VI, Jakarta: Bumi Aksara.
Daulay, Haidar Putra, 2012. Kapita Selecta pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing.
Departemen Agama RI, 2014. Alquran dan Terjemahannya. Bandung: Cordoba.
Harahap, Syahrin. 2011. Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Pranada Media Group.
J.J Ruosseu, 1970. Emile, dalam Steven M. Cahn (ed), The Philosophical Foundation, of Education. New York: Harper & Row Publishers.
Jalal, Abdul al-Fattah, 1977. Min al-Ushul al-Tarbawiyah fii al-Islami. Mesir: Dar Al-Kutub al-Musriyyah.
Locke, John, 1970. Some Thoughts Concering Education, Steven M. Cahn (ed), The Philosophical foundation of Education. New York: Harper & Row, Publisher.
Moleong, Lexy J, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif cet. 20. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morris L. Bigge. 1974. Learning Theories For Teachers. New York: Harper & Rown Publishers, Inc.
Mulyasa, E. 2005. Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerbakawatja, Soegarda, dkk., 1989. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Ramayulis, 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Siddik, Dja’far, 2011. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media Printis.
Siddik, Dja’far, Rosnita. 2018. Serba-serbi Pendidikan Islam. Medan: Perdana Publishing.
Soejono, Ag, tt. Aliran Baru dalam Pendidikan. Bandung. CV. Ilmu.
Suryadi, A, 2014. Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syafaruddin, dkk, 2016. Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat, cet. ke-6. Jakarta: Pustaka Hijri.
Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).