Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Lampung Timur

Authors

  • Nurkholis Nurkholis Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Idham Kholid Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Juhri Abdul Mu’in Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Sudarman Sudarman Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4156

Keywords:

Continuous professional development program, Self-development, Scientific publications, Innovative work

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus dengan rancangan multi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MAN 1 Lampung Timur, MA Ma’arif NU 05 Sekampung, dan MA Tri Bhakti At-Taqwa Rama Puja, Raman Utara, Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Lampung Timur meliputi: 1. Pengembangan diri guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Lampung Timur diimplementasikan dalam bentuk kegiatan kolektif guru yaitu melalui kegiatan pendidikan dan latihan (diklat), bimbingan teknis (Bimtek), workshop, MGMP, webinar, dan diseminasi hasil pengembangan diri guru baik melalui pengiriman dari madrasah maupun inisiatif pribadi. Program dalam upaya pengembangan diri guru Madrasah Aliyah tercakup dalam Rencana Kerja Madrasah (RKM) berdasarkan hasil analisis yang dilaksanakan oleh Tim Penjamin Mutu (TPM) madrasah sebagai penanggung jawab bidang. 2. Publikasi ilmiah guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), publikasi artikel, dan pembuatan bahan ajar berbentuk modul. Hasil publikasi ilmiah disimpan sebagai koleksi di perpustakaan madrasah serta dijadikan referensi bagi warga madrasah. dan 3. Karya inovatif guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Lampung Timur dilakukan melalui pembuatan media ajar sederhana dan berbasis TIK. Pihak madrasah membangun kesadaran diri guru dengan memotivasi, mendukung, dan memfasilitasi kebutuhan guru dalam kegiatan karya inovatif yang dikembangkan.

References

Abdullah, Taufik. 1988. Agama, Etos Kerja dan Pengembangan Ekonomi. Jakarta: LP3ES.

Agung, Iskandar. 2014. Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Bee Media Pustaka.

Ahmad M, Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Akmal, Hawi. 2013. Kompetensi Guru PAI, Jakarta: Rajawali Press.

Amiruddin Siahan. 2006. Manajemen Pengawas Pendidikan, Jakarta: Quantum Teaching.

Arief, Armai dkk. 2018. Implementation of the Strengthening of Democracy in Education to provide the Understanding of Pluralism Towards Learners in Amerika, (Jakarta: Kementrian Agama Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dan Jabbar, Cepi Safruddin Abdul. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional: Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan†Jakarta: Al Mawardi Prima.

Badan PSDMPK-PMP. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Kemendikbud.

Basilus R. Werang. 2015. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: Media Akademi.

Bogdan, Robert C dan Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education: An. Introduction to Theory and Mehtods, Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Bodgan, Robert dan Taylor, Steven J. 1993. Kualitatif: Dasar-Dasar Penelitian, Terj. A. Khozin Afandi. Surabaya: Usaha Nasional.

Carver, C. L., & Feiman-Nemser, S. 2009. Using policy to improve teacher induction: Critical elements and missing pieces. Educational policy, 23(2), h.295-328.

Charles, Duhigg. 2013. The Power of Habit: Why We Do What We Do And How To Change, London: Random House.

Cresswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan, Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daulay Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam: Dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darmawati. 2015. Penilaian Angka Kredit Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.

________, 2001. Pengembangan Profesi Guru dari Induksi ke Profesional, Jakarta: Madani Perhalindo.

Daryanto. 2013. Standart Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Djamas, Nurhayati. 2017. Pendidikan Karakter, Masalah Ketahanan Keluarga dan Masyarakat. Bekasi: PT. Penjuru Ilmu Sejati.

Departemen Agama. 2005. Pedoman Kegiatan Pengembangan Diri, Jakarta : Balai Pustaka.

Dudung, Agus. 2014. Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru-Guru se Jakarta Timur, Jurnal Sarwahita, Volume 11, No. 1, Tahun 2014

Eleonora, V.R. 2003. Teacher Profesional Develompement : An International Review of the Literature, Paris: UNESCO International Institute for Educational Planing.

Fatah, Nanang. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Pemberdayaan Sekolah dalam Rangka Peningkatan Mutu dan Kemandirian Sekolah. Bandung: C.V. Adira.

Gaible, E., & Burns, M. 2005. Using technology to train teachers: Appropriate uses of ICT for teacher professional development in developing countries. Washington, DC: The International Bank for Reconstruction and Development/ World Bank.

Glatthorn, A. 2003. Teacher Development,. In Anderson, I..(2nd Ed.) International Encyclopedia of Teaching and Teachers Education, London: Pergasmon Press, 2003

Goetz, John P. and Compte, M. D. Lee. Ethnography and Qualitative Design in Education Research. New York: Academic press, Inc.

Guskey, T. R. 2010. Evaluating professional development. California: Corwin Press, Inc.

Gultom, Syawal. 2012. Pedoman Pengeloaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Kemendikbud RI.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung:Pustaka Setia.

Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik Menggagas Guru Pembelajar, Bandung: Ghalia Indonesia.

Ishomuddin. 1996. Spektrum Pendidikan Islam Retropeksi Visi dan Aksi, Malang: UMM Press.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif , Cet. 1. Jakarta: Gaung Persada.

Istanto Wahyu. 2012. Pengembangan Keprofesionalan Guru SMK, (Disertasi), Yogyakarta: UNY.

Jamaluddin. Noor. 2022. Pengertian guru. Jakarta: Philipus Hadjon,1978, h.5. dalam http://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/11384.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Buku 1 Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik.

Kemdikbud Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. 2013. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1 Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jakarta: Kemendikbud.

Kemdiknas. 2005. Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP, Jakarta: Balai Pustaka.

Komariah, Aan & Satori, Djam'an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kompri. 2017. Belajar, Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Kunandar. 2007. Guru Profesionalisme Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lefstein, Adam & Perath, Hamutal. 2014. Empowering Teacher Voices in an Education Policy Discussion: Paradoxes of representation, Elsevier: Teaching and Teacher Education, Volume 38.

Lincoln, Yvonna S and Guba, Egon G. 1985. Naturalistic Inquiry, Beverly Hills, California Sage Publications.

Merriam. Sharan B. 1998. Qualitative research and case study applications in education (2nd ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers.

Milles, M. B. and Huberman, A. M. 1984. Qualitatif Data Analysis-A Sourcebook of New Methods. California: SAGE Publications.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi, Cet. XXI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grapindo persada.

Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru, Malang: UIN Maliki Press.

Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muspawi, dkk. 2020. Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Nurkolis, dkk. 2017. Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 4, Nomer 1, Jurnal Penelitian.

Pahrudin. 2015. Peningkatan Kinerja dan Pengembangan Profesionalitas Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. (Surakarta: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis.

Patton. Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods. 3rdEdition. California:Thousand Oaks. Sage Publications. Inc.

Pencer, L.M. and Spencer, S.M., Competence at Work: Models for Superior Performance, John Wiley & Sons. Inc, 1993

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Bab I Ketentuan Umum Pasal 1

Permenpan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Phipip Horsley. C. 1992. What is Educational Planning? Edisi Indonesia: Apakah Perencanaan Pendidikan itu, Jakarta: Bharata karya aksara dan UNESCO.

Nanang, Priatna, T Sukamto. 2013. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: PT Rosdakarya.

Ramli, Amir Tengku. 2003. Rahasia Sukses Menjadi Guru Kaya Pumping Teacher: Berdasarkan Konsep Pendidikan Long Life Education. Jakarta: Grhadhika Binangkit.

Recent, Bolam,R. 1993. Developments and Emerging Issue, In The Continuing Profesional Development of Teachers, London: GTC.

Sagala, Syaiful. 2000. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 1994. Profil Pendidik Profesional, Yogyakarta: Andi offset.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana.

Saud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru, Bandung; Alfabeta.

Sholahudin. 2013. Evaluasi Kinerja Guruâ€, Jurnal Tafaqquh; Vol. 1 No. 1, Mei 2013

Soemanto, Wasty. 1980. Petunjuk untuk Pembinaan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Steward, A. 2009. Continuing your professional development in lifelong learning. London: Continuum International Publishing Group.

Subagyo, P. Joko. 1991. Metodologi Penelitian; Teori dan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suparta. 2012. Kumpulan Peraturan Pemerintah Tentang Pendidikan, Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Suryadi, Rudi Ahmad dan Yaniyulloh, M., 2012. Petunjuk Teknis Penilaian Publikasi Ilmiah Bagi Jabatan Fungsional Guru, Cianjur: Kementerian Agama.

Syaefudin, Udin. 2009. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. I992. lmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Karya.

Tanzania: HakiElimu Dar es Salaam University College of Education (DUCE) .hakielimu.org/files/publications/WHO%20IS%20A%20TEACHER_R.pdf

Triyanto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uzer, Moh. 2010. Menjadi Guru Profesional, Bandung.: PT Remaja Rosdakarya.

Villegas-Reimers, E. 2003. Teacher professional development: An international review of the literature. Paris: UNESCO-International Institute for Educational Planning.

Yin, Robert K. 1984. Case Study Research Design and Methods, London: Sage Publication Beverly Hill.

Yusraini. 2012. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia: Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan, Jurnal Al-Ulum, volume 1, Tahun 2012

Yusuf, Kadar M. 2013. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur‟an tentang Pendidikan, Jakarta: Amzah.

Zahro, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.

Zepeda, S. J. 2012. Professional development: What works. Eye on education.

Published

21-08-2023

Citation Check