Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4107Keywords:
Concept of Islamic Education, Syed Naquib Al-Attas, Mahmud YunusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus terkait perbandingan konsep pendidikan Islam dari sisi tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan metode pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan tentang pendidikan Islam hanya difahami sebagai pemindahan pengetahuan dan nilai-nilai ajaran Islam yang tertuang dalam teks-teks agama, sedangkan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu alam dianggap pengetahuan yang umum. Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus merupakan tokoh pemikir pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskripitif kualitatif untuk memberikan gambaran konstruksi konsep pendidikan Islam dari pemikiran Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus dan analisis data menggunakan analisis isi dan komparatif. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan Islam adalah berupaya melahirkan manusia yang memiliki kebaikan, bermoral, berakhlak mulia, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengetahuan umum. Adanya persamaan pemikiran Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus tentang tujuan pendidikan, yang mana Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus sama-sama mementingkan pendidikan akhlak pada tujuan pendidikan Islam. Dan adapun perbedaannya yaitu terletak pada metode pendidikan.
References
Al-Attas, Syed Muhammad Al-Naquib. 1992, Konsep Pendidikan dalam Islam, terj. Haidar Bagir. Bandung : Mizan
__. Tanpa Tahun. Aims and objectives of Islam Education. Jeddah: Hodder and Stoughton King Abdulaziz University.
__. 1995. Prolegomena to The Metaphysics of Islam: an Exposition of The Fundamental Elements of The Worlview of Islam. Kualalumpur :ISTAC.
__. 1993. The Concept of Education in Islam. a Frame work for ancphilosophy of education. Kuala Lumpur: International Institute ofcIslamic Thought civilization (ISTAC)
__ Risalah Untuk Kaum Muslimin. CEII
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
Arief, Armai. 2010. Mahmud Yunus dan Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia. Surabaya: CV. Kurnia.
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Tangerang Selatan: Logos Wacana Ilmu.
Bakry, Sama’un. 2005. Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Eranata, Soni. 2019. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Abduh dan Abuddin Nata. Jurnal Mita Pendidikan, vol. 4. no. 9.
Jalaluddi. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kementrian Agama RI. 2007. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahan. Bandung : PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Marimba, A.D. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'rif.
Muhaemin dan Bulu'k. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Sulawesi Selatan : Read Institute Press
Nata, Abudin. 2003. Manajemen Pendidikan. Bogor: Kencana.
—. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Gaya Media Pratama.
Poerwadarminta, W.J.S. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Qomar, Mujammil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rosita. 2011. Kurikulum Pendidikan Islam, Gagasan Pendidikan Syed Naquid Al- Attas. Banda Aceh: Penerbit Pena.
Syafa'ati, Sri dan Muamanah, Hidayatul. 2020. Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Al-Attas dan Relecansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal PALAPA vol. 8. no. 2.
Sudarminta, J. 2002. Epistemologi Dasar. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah Tahun 2015; Tentang Standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar, Bandung : Citra Umbara, Cet. Ke 2, 2017.W. M.
Daud. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Aá¹á¹as. Bandung: Mizan.
Wan Mohd Nor Wan Daud. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas, Terj. Hamid Fahmy dkk. Bandung: Mizan.
Yunus, Mahmud. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidakarya Agung.
———. 1978. Pokok-Pokok Pendidikan Dan Pengajaran. Hidakarya Agung.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).