Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus)

Authors

  • Nur Eko Ikhsanto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muthoifin Muthoifin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4107

Keywords:

Concept of Islamic Education, Syed Naquib Al-Attas, Mahmud Yunus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus terkait perbandingan konsep pendidikan Islam dari sisi tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan metode pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan tentang pendidikan Islam hanya difahami sebagai pemindahan pengetahuan dan nilai-nilai ajaran Islam yang tertuang dalam teks-teks agama, sedangkan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu alam dianggap pengetahuan yang umum. Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus merupakan tokoh pemikir pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskripitif kualitatif untuk memberikan gambaran konstruksi konsep pendidikan Islam dari pemikiran Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus dan analisis data menggunakan analisis isi dan komparatif. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan Islam adalah berupaya melahirkan manusia yang memiliki kebaikan, bermoral, berakhlak mulia, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengetahuan umum. Adanya persamaan pemikiran Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus tentang tujuan pendidikan, yang mana Syed Naquib Al-Attas dan Mahmud Yunus sama-sama mementingkan pendidikan akhlak pada tujuan pendidikan Islam. Dan adapun perbedaannya yaitu terletak pada metode pendidikan.

References

Al-Attas, Syed Muhammad Al-Naquib. 1992, Konsep Pendidikan dalam Islam, terj. Haidar Bagir. Bandung : Mizan

__. Tanpa Tahun. Aims and objectives of Islam Education. Jeddah: Hodder and Stoughton King Abdulaziz University.

__. 1995. Prolegomena to The Metaphysics of Islam: an Exposition of The Fundamental Elements of The Worlview of Islam. Kualalumpur :ISTAC.

__. 1993. The Concept of Education in Islam. a Frame work for ancphilosophy of education. Kuala Lumpur: International Institute ofcIslamic Thought civilization (ISTAC)

__ Risalah Untuk Kaum Muslimin. CEII

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Arief, Armai. 2010. Mahmud Yunus dan Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia. Surabaya: CV. Kurnia.

Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Tangerang Selatan: Logos Wacana Ilmu.

Bakry, Sama’un. 2005. Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Eranata, Soni. 2019. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Abduh dan Abuddin Nata. Jurnal Mita Pendidikan, vol. 4. no. 9.

Jalaluddi. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kementrian Agama RI. 2007. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahan. Bandung : PT. Sygma Examedia Arkanleema.

Marimba, A.D. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'rif.

Muhaemin dan Bulu'k. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Sulawesi Selatan : Read Institute Press

Nata, Abudin. 2003. Manajemen Pendidikan. Bogor: Kencana.

—. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Gaya Media Pratama.

Poerwadarminta, W.J.S. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Qomar, Mujammil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosita. 2011. Kurikulum Pendidikan Islam, Gagasan Pendidikan Syed Naquid Al- Attas. Banda Aceh: Penerbit Pena.

Syafa'ati, Sri dan Muamanah, Hidayatul. 2020. Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Al-Attas dan Relecansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal PALAPA vol. 8. no. 2.

Sudarminta, J. 2002. Epistemologi Dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah Tahun 2015; Tentang Standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar, Bandung : Citra Umbara, Cet. Ke 2, 2017.W. M.

Daud. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Aá¹­á¹­as. Bandung: Mizan.

Wan Mohd Nor Wan Daud. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas, Terj. Hamid Fahmy dkk. Bandung: Mizan.

Yunus, Mahmud. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidakarya Agung.

———. 1978. Pokok-Pokok Pendidikan Dan Pengajaran. Hidakarya Agung.

Published

21-08-2023

Citation Check