Persepsi Siswa Terhadap Pengaruh Model Pembelajaran PAI Berbasis Heart To Heart di SMA Negeri 1 Kota Cirebon

Authors

  • Ayi Nining IAIN Syekh Nurjati CIrebon, Indonesia
  • Dedi Djubaedi Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Eti Nurhayati Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Didin Nurul Rosidin Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Ahmad Yani Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4085

Keywords:

Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Persepsi Siswa, Heart to Heart

Abstract

Rentang usia remaja merupakan masa transisi. Pada masa ini anak memerlukan perhatian dan perlakuan yang istimewa dari orang di sekitarnya, termasuk para pengajar. Diperlukan model pembelajaran yang relevan dengan perkembangan kondisi saat in sesuai dengan kebutuhan para peserta didik usia remaja, termasuk untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tahun 2018 lahirlah buku dengan judul “Model Pembelajaran Heart to Heart: Parents’ Letters Salah Satu Solusi Pembelajaran di Dalam Kelasâ€. Dari pengalaman mengajar menggunakan model pembelajaran ini, peneliti kemudian ingin mengetahui secara lebih mendalam juga ingin menguji secara empirik mengenai pengaruh model pembelajaran PAI berbasis Heart to Heart terhadap pembelajaran siswa SMA, dalam persepsi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode peneletian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap siswa. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Cirebon, model pembelajaran ini dapat diaplikasikan tidak hanya pada pokok bahasan Taat dan Patuh pada Orang Tua. Menurut persepsi siswa, model pembelajaran PAI berbasis Heart to Heart memiliki empat pengaruh positif, yaitu Membantu Peserta Didik Memperbaiki Hubungan dengan Orang Tua, Membantu Peserta Didik dapat Berkomunikasi secara Terbuka, Membantu Peserta Didik Memperbaiki Karakter Menjadi Pribadi Lebih Baik, Membantu Peserta Didik Meningkatkan Motivasi Belajar.

      

Author Biographies

Ayi Nining, IAIN Syekh Nurjati CIrebon

Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon 

Dedi Djubaedi, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon     

Eti Nurhayati, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon    

Didin Nurul Rosidin, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon   

Ahmad Yani, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon   

References

Agus Yosep Abduloh, Hisam Ahyani. “Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom).†Tawadhu 4, no. 2 (2020): 1209–77.

Amrah, Sitti. “Karakter Rabbani Sebagai Medium Pembentukan Kecerdasan Spiritual Dalam Proses Pembelajaran (Sebuah Analisis Empiris Pada SDIT Kota Palopo).†El-Tarbawi 11, no. 1 (2018): 1–20. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art1.

Andesta, Dian. “Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.†JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 4, no. 1 (1970): 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269.

Andini, Novita Pri. “Harmonisasi Dalam Proses Pembelajaran Di Era Milenial (Melek IT Vs Mengajar Dengan Hati).†Indonesian Journal of Education and Learning 3, no. 1 (2019): 301–7. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1725.

Anida, Anida, and Delfi Eliza. “Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1556–65. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898.

Arfani, Laili. “Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran.†Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 11, no. 2 (2016): 81–97. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160.

Barth, Roland S. “The Culture Builder.†Educational Leadership 59, no. 8 (2002): 6–11.

Chanifah, Nur. Model Pembelajaran PAI. “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islamberbasis Direct Experience-Multidisciplinary.†1st ed. Banyumas: CV. Pena Persada, 2020.

Effendi, Rusdian. “Rahasia Besar Dunia Pendidikan Dan Pencapaian Pembelajaran Kehidupan Dengan Hati Nurani.†Best Journal 3, no. 1 (2020): 145–50.

Fajriana, Anggun Wulan, and Mauli Anjaninur Aliyah. “Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu.†Nazhruna 2, no. 2 (2019): 246–65.

Ismail, W, HM Nordin, N Ismail - The Sultan Alauddin Sulaiman, and Undefined 2019. “Kerangka Model Mengajar Dari Hati Ke Hati (MHH) Satu Cadangan Pendekatan Penyampaian Ilmu Bahasa: Framework Model of Teaching from the Heart to Heart.†Jsass.Kuis.Edu.My 6 (2019): 154–66. http://jsass.kuis.edu.my/index.php/jsass/article/view/84.

Lita Kurnia; Ahmad Edwar. “Pengaruh Negatif Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam).†Kordinat 20, no. 2 (2021): 291–308. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.

Muhammad Alwi. “PERUBAHAN MINSET MENGAJAR DALAM PERSAINGAN PENDIDIKAN DI ERA MEA.†Alim Journal of Islamic I, no. 2 (2019): 389–400.

Muhammad Hidayatullah. “Konsep Mengajar Dengan Hati Ke Hati Menurut Dani Ronnie M.†Tidak Dipublikasikan. UIN Raden Fatah Palembang, 2018.

Muhammad, Hilal, and Muh. Yaumi. “Pengembangan Kinerja Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas Pada Sma Negeri Di Kota Palopo.†Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 18, no. 2 (2015): 152–70. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a2.

Mulyati, Mumun. “Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran.†Alim Journal of Islamic I, no. 2 (2019): 389–400.

Murti, Tri. “Perkembangan Fisik Motorik Dan Perseptual Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar.†Wahana Sekolah Dasar 26, no. 1 (2018): 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021.

Nining, Ayi. “Transkrip Wawancara Penelitian Model Pembelajaran PAI Berbasis Heart to Heart Di SMA.†Cirebon, 2022.

Oxianus Sabarua, Jefrey, and Imelia Mornene. “Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak.†International Journal of Elementary Education 4, no. 1 (2020): 83. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24322.

Padillah, Raup. “Implementasi Konseling Realitas Dalam Menangani Krisis Identitas Pada Remaja.†Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan 3, no. 3 (2020): 120–25. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/5295.

Roland S. Barth. Learning By Heart. Edited by Deborah Meier. First Edit. San Fransisco: Jossey-Bass, 2001.

Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.†Indonesian Values and Character Education Journal 3, no. 1 (2020): 8–19.

Tarigan, Pitiadani Br. “Pendidikan Karakter Dalam Al Qur’an Pada Kalangan Remaja Di Era Digital.†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2018): 1689–99.

Zakiyah, Ela Zain, Muhammad Fedryansyah, and Arie Surya Gutama. “Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying.†Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 1, no. 3 (2019): 265. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502.

Published

21-08-2023

Citation Check