Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Lazuardi Kamila Surakarta dan SMP Al-Islam Surakarta

Authors

  • Elfrida Nur Ma'rifah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muh Rochim Maksum Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Mutahharun Jinan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4081

Keywords:

Tahfidz, Berkebutuhan Khusus, Triangulasi, Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an anak berkebutuhan khusus di SMP Lazuardi Kamila Surakarta dan SMP Al-Islam Surakarta. 2) Unruk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an anak berkebutuhan khusus di SMP Lazuardi Kamila Surakarta dan SMP Al-Islam Surakarta. 3) untuk mengetahui dampak pembelajaran tahfidz Al-Qur’an anak berkebutuhan khusus di SMP Lazuardi Kamila Surakarta dan SMP Al-Islam Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan paradigma kualitatif. kemudian pendekatan penelitian ini adalah studi komparatif yakni membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih dari objek yang diteliti. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumnetasi. Pengecekan data atau validitas data dengan teknik credibility atau teknik triangulasi dan confirmability. Proses analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan merumuskan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, guru, media dan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masih ada point yang harus dikaji ulang atau dibenahi lagi karena untuk keberlangsungan pelaksanaan pembelajaran. Seperti kurangnya peran guru pendamping khusus atau terapis, guru pendamping khusus yang bekerja belum sesuai jobdesknya. Pelayanan dan pendampingan untuk anak berkebutuhan khusus masih belum maksimal.

Author Biography

Elfrida Nur Ma'rifah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

-

References

Al- Qur'an dan Terjemahan Mushaf Fatimah . (2013). Jakarta : PT Gema Insani .

Ahmad Salim Badwilan.2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta:Diva Press

Azan, K. (2019). Strategi Pemasaran Pendidikan (Vol. 15). Jurnal Ilmu Pendidikan .

Bahri, S. (2002). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Rineka Cipta .

Bahirul Amali Herry. 2012. Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al-Qur’an.Yogyakarta:ProYou

Basuni, B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif (Vol. 1). Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan .

B. Suryosubroto.2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyanto. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusi.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional,2010

Dinie Ratri Desiningrum.2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:Psikosain

Hargio, S. (2010). Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta .

Ilahi, M. T. (2012). Pendidikan Inklusi, Konsep dan Aplikasi . Yogyakarta.

Isroani, F. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi . Jurnal Quality, 55.

Jamaluddin. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam . Bandung: Remaja Rosdakarya .

Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur'an (Menghafal Al-Qur'an) di Pondok Pesantren Al-Husain Magelang (Vol. 6).

Ma'mun, M. A. (2016). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an . Jurnal Pendidikan Islam , 57.

Mughni, N. (2018). Implementasi Metode Takrir dalam Menghafalkan Al-Qur'an bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk (Vol. 8).

Mukhtar. 2006.Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta:CV Ikapi

Munawwir, A. W. (2022). Kamus Al-Munawwar . Surabaya: Pustaka Progresif .

Nurdin, S. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, M. S. (2011). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang : Semarang Press.

Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadits . Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan , 133.

Sa'dulloh. (2012). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an . Jakarta : Gema Insani .

Sanjaya, W. (2006). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta : Kencana .

Suprihatiningsih, J. (2016). Strategi Pembelajaran . Yogyakarta : Ar-Ruzz Media .

Tafano, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan , 104-105.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis . Yogyakarta: Teras.

Thobroni, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tohirin. (2006 ). Psikologi Pembelajaran Agama Islam . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Wahidi, R. (2017). Metode Cepat Hafal Al-Qur'an Saat Sibuk Kuliah . Yogyakarta: Semesta Hikmah .

Wahyudi, D. (2016). Konsepsi Al-Qur'an tentang Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam . Hikmah , 284.

Wajdi, F. (2010). Tahfidz Al-Qur'an dalam Kajian Ulum Al-Qur'an (Studi atas Berbagai Metode Tahfidz). p. 18.

Yahya Abdul Fatah Az-Zamawi. 2018. Revolusi Menghafal. Revolusi Menghafal Al-Qur’an: Cara Menghafal, Kuat Hafalan, dan Terjaga Seumur Hidup. Solo:Insan Kamil

Zein, M. (2010). Metodologi Pengajaran Islam . Yogyakarta: AK. Group .

Published

21-08-2023

Citation Check