Psikologi Santri (Analisis) Proses Adaptasi dan Penyesuaian Diri Santri di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4067Keywords:
adaptation, boarding school, adjustment, studentsAbstract
Kemampuan adaptasi dan penyesuaian diri pesantren merupakan factor penting yang mendasari eksistensi pesantren sehingga santri terus bertahan bahkan pesantren terus berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar, dan Alloh. Pendeketan yang dilakukan adalah dengan mix method, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dengan penyebaran angket, dan observasi. Hasil penelitian adalah penyesuaian diri santri terhadap dirinya sendiri (hab min an nafs), Penyesuaian diri santri terhadap orang lain (hab min al nas), Penyesuaian diri santri terhadap lingkungan sekitar (hab min al alam), Penyesuaian diri santri terhadap Tuhan (Hab min Allah), berpengaruh dan memiliki hubungan positif terhadap proses adaptasi santri di pondokpesantren, sehingga jika penyesuaian diri sendiri baik, maka proses adaptasi menjadi mudah dan sukses.
References
Asnawi, K. U. (2017). Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam Untuk Membantu Meningkatkan Bersosialisasi Dan Adaptasi Siswa Di Sekolah. Hisbah: jurnal bimbingan konseling dan dakwah islam, 14(1), 1-14
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Los Angeles: Sage.
Choirudin, M. (2015). Penyesuaian diri: sebagai upaya mencapai kesejahteraan jiwa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1-20.
Daradjat, Z. (1990). Psikologi Agama. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. XIII.
Daradjat, Z. (2010). Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Masagung.
Dayyana, N. R. (2021). Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Psychologicalwell-Being Santri Di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang (Skripsi Naila Rahmah Dayyana. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2021
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, Cet. VII, Ed. 8.
Dhofier., Z. (2011). Tradisi Pesantren . Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S.
Henri, a. E. (1992). Psychology of Adjustment. New York: The Roland Press Company. LTD.
Hidayat, M. (2016). Model Komunikasi Kyai dengan Santri di Pesantren. Jurnal Komunikasi ASPIKOM Vol. 2 No. 6,, 385 -395.
Hidayat, M. (2016). Model Komunikasi Kyai dengan Santri di Pesantren. Jurnal Komunikasi ASPIKOM Vol. 2 No. 6, 385 -395.
Hidayati, H. N. (2007). Psikologi Agama. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Hurlock. (2002). Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, W. S. (2021). Dukungan Sosial terhadap Resiliensi pada Santri di Makassar. Jurnal Psikologi Karakter Vol. 1 No. 1, 26 - 31.
Komariah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Fullday School. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 No. 2, 183 - 198.
Maleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhammad Syauqi Mamduh. (2018) Kelekatan Dan Penyesuaian Diri Pada Santri Pondok Pesantren Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104.
Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada santri remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3).
Nishfi, S. L., & Handayani, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang. Journal of Psychological Perspective, 3(1), 23-26.
Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama. Jurnal psikologi kepribadian dan sosial, 2(3), 134-143.
Santri. (2021). Diambil kembali dari KBBI: https://kbbi.web.id/santri
Schneiders. (1999). Personal adjustment and mental health,. New York: Holt, Reinhart and Winston Inc.
Silenderman. (2007). Quantitave Reseaach. USA: Ohio University Inc.
Sulistyani, D., Supradewi, R., & Syafitri, D. U. (2020). Hubungan Antara Koping Religius dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tingkat Awal di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 14(1), 22-31.
Sururin. (2006). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Rajagrafindo Persada, Cet.II.
Syafe'i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. At-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8, 85 - 103.
Tamzil, Y. (2015). Pengaruh Religiusitas Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kinerja Karyawan Perbankan Syariah Di Kota Balikpapan. ProBank, 1(1), 162431.
Ulfah, M. (2019). Pengaruh dukungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. ‎‎‎ TAZKIYA: Journal of Psychology, 4(2).
Umami, I. (2019). Psikologi Remaja. Yogyakarta: Idea Press.
Utami, D. A. (2019). Profil Kepribadian pada Santri Tahfidzul Qur'an. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 4 No. 1, 44-51.
Zahara, N. (2020). Hubungan Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
 
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).