Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Penerapan Gaya Kepemimpinan di Tingkat Pendidikan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4065Keywords:
kurikulum pendidikan Islam, gaya kepemimimpinan, pendidikan Menengah.Abstract
Artikel ini membahas hasil penelitian tentang implementasi kurikulum Pendidikan Islam dalam penerapan gaya kepemimpinan pada tingkat menengah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah implementasian dan apa-apa saja bentuk gaya kepemimpina religius di SMP Bumi Alquran Siantar. Metode dalam penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif, teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Bumi Al-Qur’an Siantar mengimplementasikan gaya kepemimpinan religius dalam memimpin SMP Bumi Al-Quran Siantar dengan mengambil kebijakan-kebiajakan yang merujuk pada Hadist Nabi Muhammad SAW mapun nilai-nilai yang merujuk pada Islam. Contoh berinfaq, silatturahmi, Rihlah, Musyawarah, dan memberikan contoh kedisiplinan pada bawahan.
References
Hasibua, Malayu.2005. Manajemen Sumber Daya Manusia,. Bumi Aksara, Jakarta
Mukhtar, 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, . Reffrensi, Jakarta
Sugiyono, 2013.Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung
Toha, Mifta. 2010.Kepemimpinan dalam Manajemen, .Jakarta : RajaGrafindo Persada,
Kumala, H. R., & Agustina, T. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. (2018)
Moolong, Lexy. J .1995. Metodology Penelitian Kualitatif . Bandung.PT Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan.2008. Analysis Penelitian Data Kualitatif . Jakarta,Raja Grafindo Persada.
Usman, Basyruddin. Media Pendidikan. 2002. Jakarta, Ciputat Press
Effendi, Usman. 2014. Asas Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Edy, Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Jakarta, Kencana.
Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Center for Academic Publishing Service
Marwan, M., Jalaluddin, J., Rijal, F., & Ibrahim, I. (2023). Teachers’ Constrains in the Learning Process at Junior High School during Covid-19 Pandemic in Banda Aceh. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).