Pengembangan Program Keagamaan di Madrasah Aaliyah Al Kahfi Bogor oleh Guru Asrama (Musyrif)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4019Keywords:
rogram, keagamaan, musyrif, MAAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui program keagamaan di Madrasah Aliyah (MA) Al Kahfi Bogor dan pengembangannya. Berdasarkan metode kualitatif studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi serta menggunakan analisis deskriptif-interpretatif diidentifikasi tujuh program utama keagamaan di MA Al Kahfi. Yaitu 1) qiyamullail, 2) dzikir Al-Ma’tsurat sebelum subuh, 3) tahfidz, tahsin, muraja’ah, dan qira’ah Al-Qur’an, 4) dzikir Al-Ma’tsurat sebelum maghrib (sebagai pengulangan), 5) wirid surat pilihan Al-Qur’an, 6) kajian kitab malam, dan 7) pembacaan hadist kitab Riyadush Shalihin. Ketujuh program keagamaan tersebut dapat diidentifikasi sebagai program berkaitan dengan: 1) Al-Qur’an, meliputi qira’ah, tahsin, tahfidz, dan muraja’ah; 2) ibadah Sunnah, berupa salat malam (qiyamul lail); 3) dzikir dan wirid, antara lain dilakukan sebelum dan setelah subuh serta setelah maghrib, terutama dengan membaca dzikir Al-Ma’tsurat; dan 4) kajian kitab, antara lain kitab Riyadush Shalihin dan beberapa kitab lainnya. Semua program keagamaan wajib diikuti oleh seluruh santri dan santri pun dapat mengikutinya dengan baik karena dalam pelaksanaannya senantiasa dibimbing dan dimonitoring oleh para guru asrama (musyrif). Program keagamaan yang paling digemari dan diikuti dengan antusias oleh para santri adalah program salat tahajud dan kajian kitab.
References
Ahmad Faozan, F., Maya, R., & Sarifudin. (2019). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam PERAN PEMBIMBING ASRAMA (MUSYRIF) DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BERIBADAH SANTRI DI MA’HAD HUDA ISLAMI (MHI) TAMANSARI KABUPATEN BOGOR. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 79–84. dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.529
CNN Indonesia. (2021, December 21). https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211209082552-12-731811/daftar-kasus-kekerasan-seksual-di-pesantren-indonesia.
Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2015). Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI .
https://kbbi.web.id/program. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Iskandar, M. A. (2018). PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI. Skripsi Di Program Studi Bimbingan Dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Di UIN Alauddin Makassar, 15–16.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). https://kbbi.web.id/program.
Maya. (2013). ESENSI GURU DALAM VISI-MISI PENDIDIKAN KARAKTER. Edukasi Islami, 02(03), 281–296. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.31
Maya, R. 2017. (2017). KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERSPEKTIF IBN JAMÂ’AH AL-SYÂFI’Î. Edukasi Islami, 06(12), 21–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i12.177
Pondok Pesantren Al Kahfi Islamic Boarding School. (n.d.). https://pesantrenalkahfi.com/faq/.
Ritonga, M., Indra, H., & Handrianto, B. (2021). Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 177. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.605
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/122743/uu-no-18-tahun-2019. (2019, October 16). JDIH BPK RI.
Wawancara , (November 22, 2022).
Wijaya, M. A., Wahidin, U., & Maulida, A. (2019). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam UPAYA MUSYRIF PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM: Studi Kasus Pada Santri Ma’had Huda Islami. 12–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.518.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).