Pengembangan Program Keagamaan di Madrasah Aaliyah Al Kahfi Bogor oleh Guru Asrama (Musyrif)

Authors

  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Mufid Mufid Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4019

Keywords:

rogram, keagamaan, musyrif, MA

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui program keagamaan di Madrasah Aliyah (MA) Al Kahfi Bogor dan pengembangannya. Berdasarkan metode kualitatif studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi serta menggunakan analisis deskriptif-interpretatif diidentifikasi tujuh program utama keagamaan di MA Al Kahfi. Yaitu 1) qiyamullail, 2) dzikir Al-Ma’tsurat sebelum subuh, 3) tahfidz, tahsin, muraja’ah, dan qira’ah Al-Qur’an, 4) dzikir Al-Ma’tsurat sebelum maghrib (sebagai pengulangan), 5) wirid surat pilihan Al-Qur’an, 6) kajian kitab malam, dan 7) pembacaan hadist kitab Riyadush Shalihin. Ketujuh program keagamaan tersebut dapat diidentifikasi sebagai program berkaitan dengan: 1) Al-Qur’an, meliputi qira’ah, tahsin, tahfidz, dan muraja’ah; 2) ibadah Sunnah, berupa salat malam (qiyamul lail); 3) dzikir dan wirid, antara lain dilakukan sebelum dan setelah subuh serta setelah maghrib, terutama dengan membaca dzikir Al-Ma’tsurat; dan 4) kajian kitab, antara lain kitab Riyadush Shalihin dan beberapa kitab lainnya. Semua program keagamaan wajib diikuti oleh seluruh santri dan santri pun dapat mengikutinya dengan baik karena dalam pelaksanaannya senantiasa dibimbing dan dimonitoring oleh para guru asrama (musyrif). Program keagamaan yang paling digemari dan diikuti dengan antusias oleh para santri adalah program salat tahajud dan kajian kitab.

Author Biography

Akhmad Alim, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Alminhaj

References

Ahmad Faozan, F., Maya, R., & Sarifudin. (2019). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam PERAN PEMBIMBING ASRAMA (MUSYRIF) DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BERIBADAH SANTRI DI MA’HAD HUDA ISLAMI (MHI) TAMANSARI KABUPATEN BOGOR. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 79–84. dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.529

CNN Indonesia. (2021, December 21). https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211209082552-12-731811/daftar-kasus-kekerasan-seksual-di-pesantren-indonesia.

Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2015). Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI .

https://kbbi.web.id/program. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Iskandar, M. A. (2018). PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI. Skripsi Di Program Studi Bimbingan Dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Di UIN Alauddin Makassar, 15–16.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). https://kbbi.web.id/program.

Maya. (2013). ESENSI GURU DALAM VISI-MISI PENDIDIKAN KARAKTER. Edukasi Islami, 02(03), 281–296. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.31

Maya, R. 2017. (2017). KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERSPEKTIF IBN JAMÂ’AH AL-SYÂFI’Î. Edukasi Islami, 06(12), 21–43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i12.177

Pondok Pesantren Al Kahfi Islamic Boarding School. (n.d.). https://pesantrenalkahfi.com/faq/.

Ritonga, M., Indra, H., & Handrianto, B. (2021). Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 177. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.605

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/122743/uu-no-18-tahun-2019. (2019, October 16). JDIH BPK RI.

Wawancara , (November 22, 2022).

Wijaya, M. A., Wahidin, U., & Maulida, A. (2019). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam UPAYA MUSYRIF PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM: Studi Kasus Pada Santri Ma’had Huda Islami. 12–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.518.

Published

27-02-2023

Citation Check