Efektivitas Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Al-Birru Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.3710Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT AL-BIRRU Pekanbaru. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan mix methods yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru VII SMP IT-AL BIRRU Pekanbaru, tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 12 orang, serta sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru SMP IT-AL BIRRU Pekanbaru yang juga sebagai populasi dalam penelitaian ini. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu triangulasi, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa kinerja guru di SMP IT AL BIRRU Pekanbaru dalam perencanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, efektifitas kinerja guru di SMP IT AL BIRRU Pekanbaru dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik, dan kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa kinerja guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran ini sudah terlaksana dengan baik.
References
Afifatu Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9. No.1. April 2015. https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Ahmad Munir dan Mohammad Darwis. 2020. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bidayatuna, Vol.3 No.2, Oktober 2020.
Ahmad Sopian. 2016. Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. Volume 1 Nomor 1 Edisi Juni 2016.
Al Mahiroh,R.S dan Suyadi. 2020. Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 12 No. 2 (2020). doi: 10.37680/qalamuna.v12i2.353
Alvan Fathony. 2005. Studi tentang Latar Belakang Pendidikan dan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Sarjana IKIP MALANG.
Arianto, D.A.N. 2013. Pengaruh Kedisplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, Vol. 9 No. 2 Oktober 2013.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarta.
Bilfaqih, Yusuf dan M. Nur Qomarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring untuk Pendidikan dan Pelatihan). Yogyakarta: Depublish Publisher.
Creswell, J. W. 2010. Research Design-Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daeng Ayub Natuna, dkk. 2019. Kompetensi Abad 21. Pekanbaru.
Edi Suarto. 2016. Kontribusi Motivasi Kerja Dosen Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dosen STKIP-PGRI Sumatera Barat. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. Vol. 1 No. 2 2016.
Fitria, Hasnah Faizah, dan Azhar. 2015. Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan). Vol. 5 No. 1: 58-64
Fransiska Saadi. 2013. Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Artikel Penelitian. Pontianak.
Hamid Darmadi. 2015. Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, Vol. 13, No. 2, Desember 2015.
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.
Herawati Mirna. 2017. Konsep Diri Guru Dapat Mempengaruhi Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Sawah 2 Ciputat. Research and Development Journal Of Education. Vol. 4 No. 1 Oktober 2017.
Imami Nur Rachmawati. 2007. Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol. 11 No. 1 (2007).
Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Daring). The Progressive and Fun Education Seminar.
Kemdikbud RI. 2020. Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.
Lisyanti, E., & Huda, S. R.-H. 2020. Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–19. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry
Mangkunegara, A. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. PT, Remaja Rosdakarya.
Marilin Kristina, Dkk. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah IV(2):200–209.
Martua Manullang. 2014. Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.21 No.2, Oktober 2014.
Mathias Gemnafle dan John Rafafy. 2021. Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia. Vol. 1 No. 1 pp. 28-42 2021. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jppgi2019/index
Meda Yuliani, dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Moch. Tolchah. 2020. Prolematika Pendidikan Agama Islam dan Solusinya. Surabaya: Kanzum Books.
Mohammad Ramdanil. 2019. Implementasi Program Budaya Literasi dalam Mengembangkan Bakat Siswa di MTs Zainul Hasan Saobi Kangayan Sumenep. Jurnal.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad Ali Akbar. 2022. Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen Pembelajaran PAI di MTs Al Mukhlishin Desa Lalang Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Jurnal Fadillah. Vol. 2 No. 2 April-Juni 2022.
Muhlasin. 2019. Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Meningkatkan Prestai Belajar. Jurnal Akademika. Vol.15 No. 1 Juni 2019.
Partono Thomas. 2011. Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. VI No. 1 Juni 2011.
Permendiknas No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ridwan, T dan Apriliani, I. 2021. Penerapan Total Quality Manajemen Terhadap Kinerja Operasional pada CV. Suho Garmindo. Jurnal Inovasi Masyarakat. Vol. 1 No. 2, Mei-Agustus 2021
Rivai, V. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Raja Grafindo Persada, Bandung.
Rokajat, A. 2018 Manajemen Pembelajaran. Jogjakarta: CV Budi Utama
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sedarmayanti, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.
Siti Asiah. 2016. Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4 No. 3, Agustus 2016.
Sobron, dkk. 2019. Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship VI 2019.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian pendidkan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutopo, HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret: Surakarta
Syafni Ermayulis. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) di Kelas X IIS 1 MAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan. Vol. 12 No. 2 (2021).
Syarifudin, A., S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1), 31-34. Tersedia pada: https://journal.trunojoyoac.id/metalungua/article/view/7072.
Taromi, Hasnah Faizah dan Caska. 2019. Pengaruh Disiplin dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru di SMP 4 Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 7 No. 1 Juni 2019.
Thorne, K. 2003. Blended Learning: How to Integrate Online & Traditional Learning. London & Sterling. VA: Kogan Page Limited.
Uray Iskandar. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol. 10 No.1.
Uno. H. B. 2007. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaenab Hanim, dkk. 2020. Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 2 No. 1 April 2020.
Zainal Abidin, Hudaya, A., & Anjani, D. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).