Pendidikan Agama Islam Tazkiyatun Nafs Sebagai Upaya Penguatan Kepribadian Guru di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3985Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pendidikan agama Islam tazkiyatun nafs sebagai upaya penguatan kepribadian guru di Madrasah Aliyah. Penelitian ini termasuk studi lapangan atau field research, pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian ini mengikuti Miles dan Huberman yaitu dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh, dengan cara reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasilnya: Kepribadian guru menjadi salah satu faktor utama selain ilmu yang dimilikinya, dalam memberikan keteladan kepada siswa, diperlukan dasar bersih jiwanya (tazkiyatun nafs); Guru orang yang paling berpengaruh terhadap perkembangan siswa-siswinya. Maka sebagai guru mesti harus memiliki kompetensi kepribadian dengan baik, utamanya hati yang bersih, guna mengantarkan siswa-siswinya berpeilaku baik dalam berinteraksi dengan orang lain dilingkungannya; Pendidikan agama Islam tazkiyatun nafs memiliki peran dalam memperkuat kepribadian seorang guru. Karena melalui pendidikan agama Islam tazkiyatun nafs jiwa menjadi suci, jiwa suci maknanya kepribadian seorang guru sehat atau baik.
References
Aisyah Kresnaningtyas, N. T. (2019). Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Menangani Kemunduran Karakter Siswa Di Smp Negeri 03 Randublatung Blora. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927
Azizah, M., & Fauzi. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembaruan Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Azyumardi Azra). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 759–778. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2559
Cahyono, G. (2019). Pembelajaran PAI bagi Anak Autis Berwawasan Teknologi Pendidikan. Educasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 62–76. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/jei.v4i1.2260
Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kwarganegaraan, 7(2), 51–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4271
Ghofar, A., Abubakar, U., Azhar, M., Dahlan, U. A., & Yogyakarta, U. M. (2018). TAZKIYATUN NAFS AS A STRENGTH BASE OF TEACHER PERSONALITY COMPETENCY. October.
Hakim, L. (2019). Konsep Bimbingan Tazkiyatun Nafs dalam Membentuk Sikap Jujur Mahasiswa BKI Melalui Pembiasaan (Conditioning). Al-Tazkiah, 8(2), 129–153. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i2.1163
Halim, F. (2021). Pendidikan Jiwa Prespektif Ibn Qayyim Al Jauziyyah: Kritik Terhadap Pendidikan Jiwa di Barat. Analisis: Jurnal Studi KeIslaman, 21(1), 165–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ ajsk. v21i1.8283
Hambali, M. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Jurnal MPI, 1(1), 70–89. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i1.3229
Lubis, R. R. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Islam (studi pemikiran Nasih ’Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad). Tazkiya, V(2).
Ma`arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–60. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.624
Marengke, M. (2019). Konsep Pengembangan Kompetensi Guru. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 11(2), 287–299. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46339/fora.v11i2.227
Mush’ab, M., Salsabila, U. H., Mukarromah, A. D., Annisa, A., & Sarika, V. (2020). Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Tazkiyatun Nafs. WARAQAT: JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN, V(2), 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.51590/waraqat.v5i2.118
Mutholingah, S. (2021). Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam. Ta’Limuna, 10(01), 67–81. file:///C:/Users/Ahmad Maulana/Downloads/662-1998-1-PB.pdf
Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD : Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945
Nulhakim, L. (2019). Konsep Bimbingan Tazkiyatun Nafs dalam Membentuk Sikap Jujur Mahasiswa BKI Melalui Pembiasaan (Conditioning). Al-Tazkiah, 8(2), 129–153. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i2.1163
Nurfuadi, N., Khasanah, E., & Fian, K. (2022). Nilai-Nilai Kepribadian Guru Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55
Nurhasanah, Nahar, S., & Imran, A. (2019). Implementasi Kompetensi Kepribadian Di Madrasah Aliyah Negeri Guru Pematang Siantar. Edu Riligia, Vol.3(1), 29–43. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4106
Rifa’i Subhi, M. (2016). Pendekatan Sufistik dalam Pendidikan Islam ( Telaah Pemikiran Hamka ). Edukasia Islamika, 1(1), 62–88
Sa’dijah, S. L., & Misbah, M. (2021). Internasilasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 395–407. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.5501
Saiful Akhyar Lubis, D. (2021). Kompetensi Kepribadian Pendidik di Madrasah Aliyah Negeri. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 1–241. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1226
Saihu. (2019a). Andragogi: jurnal pendidikan islam, vol. 1, no. 1 tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/Author Guidelines Focus and Scope Publication Ethics Editorial Board Peer Reviewer Plagiarism Check Unique Visits Journal History Mailing Address Article Processing Charges JOURNAL VISITOR Flag Counter StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats Crossref Member Badge ARTICLE TEMPLATE REFERENCE MANAGER Tutorial How To Cited SIMILIARITY TOOLS USER Username Password Remember me NOTIFICATIONS View Subscribe JOURNAL CONTENT Search Search Scope All Browse By Issue By Author By Title Other
Saihu. (2019b). Konsep manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54
Satibi. (2018). Konsep Pendidikan Jiwa Dalam Perspektif Al-Qusyairi. Jurnal Tawazun, 11(1), 22–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1624
Syafeie, A. K. (2020). Internalisasi nilai-nilai iman dan taqwa dalam pembentukan kepribadian melalui kegiatan intrakurikuler. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6280
Syofyan, H., Susanto, R., & Setiyati, R. (2020). Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING, 4(4 October 2020), 338–346. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4
Tanjung, M. (2019). Konsep Manusia dalan Prespektif Filsafat Pendidikan Islam. An-Nadwah, XXV(1), 46–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v25i1.7480
Wildan, T. (2017). Konsep Nafs (Jiwa) Dalam al- Qur’an. Jurnal At-Tibyan, 2(2), 246–261. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v2i2.393
Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/120202701%0Ahttps://jurnal.iicet.org/index.php/jppi%0AAnalisis
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).