Pendidikan Agama Islam Tazkiyatun Nafs Sebagai Upaya Penguatan Kepribadian Guru di Madrasah Aliyah

Authors

  • Subaidi Subaidi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Jaja Jahari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pendidikan agama Islam tazkiyatun nafs sebagai upaya penguatan kepribadian guru di Madrasah Aliyah. Penelitian ini termasuk studi lapangan atau field research, pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian ini mengikuti Miles dan Huberman yaitu dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh, dengan cara reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasilnya: Kepribadian guru menjadi salah satu faktor utama selain ilmu yang dimilikinya, dalam memberikan keteladan kepada siswa, diperlukan dasar bersih jiwanya (tazkiyatun nafs); Guru orang yang paling berpengaruh terhadap perkembangan siswa-siswinya. Maka sebagai guru mesti harus memiliki kompetensi kepribadian dengan baik, utamanya hati yang bersih, guna mengantarkan siswa-siswinya berpeilaku baik dalam berinteraksi dengan orang lain dilingkungannya; Pendidikan agama Islam tazkiyatun nafs memiliki peran dalam memperkuat kepribadian seorang guru. Karena melalui pendidikan agama Islam tazkiyatun nafs jiwa menjadi suci, jiwa suci maknanya kepribadian seorang guru sehat atau baik.

References

Aisyah Kresnaningtyas, N. T. (2019). Strategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Menangani Kemunduran Karakter Siswa Di Smp Negeri 03 Randublatung Blora. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927

Azizah, M., & Fauzi. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembaruan Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Azyumardi Azra). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 759–778. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2559

Cahyono, G. (2019). Pembelajaran PAI bagi Anak Autis Berwawasan Teknologi Pendidikan. Educasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 62–76. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/jei.v4i1.2260

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kwarganegaraan, 7(2), 51–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4271

Ghofar, A., Abubakar, U., Azhar, M., Dahlan, U. A., & Yogyakarta, U. M. (2018). TAZKIYATUN NAFS AS A STRENGTH BASE OF TEACHER PERSONALITY COMPETENCY. October.

Hakim, L. (2019). Konsep Bimbingan Tazkiyatun Nafs dalam Membentuk Sikap Jujur Mahasiswa BKI Melalui Pembiasaan (Conditioning). Al-Tazkiah, 8(2), 129–153. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i2.1163

Halim, F. (2021). Pendidikan Jiwa Prespektif Ibn Qayyim Al Jauziyyah: Kritik Terhadap Pendidikan Jiwa di Barat. Analisis: Jurnal Studi KeIslaman, 21(1), 165–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ ajsk. v21i1.8283

Hambali, M. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Jurnal MPI, 1(1), 70–89. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i1.3229

Lubis, R. R. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Islam (studi pemikiran Nasih ’Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad). Tazkiya, V(2).

Ma`arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–60. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.624

Marengke, M. (2019). Konsep Pengembangan Kompetensi Guru. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 11(2), 287–299. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46339/fora.v11i2.227

Mush’ab, M., Salsabila, U. H., Mukarromah, A. D., Annisa, A., & Sarika, V. (2020). Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Tazkiyatun Nafs. WARAQAT: JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN, V(2), 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.51590/waraqat.v5i2.118

Mutholingah, S. (2021). Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam. Ta’Limuna, 10(01), 67–81. file:///C:/Users/Ahmad Maulana/Downloads/662-1998-1-PB.pdf

Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD : Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945

Nulhakim, L. (2019). Konsep Bimbingan Tazkiyatun Nafs dalam Membentuk Sikap Jujur Mahasiswa BKI Melalui Pembiasaan (Conditioning). Al-Tazkiah, 8(2), 129–153. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i2.1163

Nurfuadi, N., Khasanah, E., & Fian, K. (2022). Nilai-Nilai Kepribadian Guru Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55

Nurhasanah, Nahar, S., & Imran, A. (2019). Implementasi Kompetensi Kepribadian Di Madrasah Aliyah Negeri Guru Pematang Siantar. Edu Riligia, Vol.3(1), 29–43. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4106

Rifa’i Subhi, M. (2016). Pendekatan Sufistik dalam Pendidikan Islam ( Telaah Pemikiran Hamka ). Edukasia Islamika, 1(1), 62–88

Sa’dijah, S. L., & Misbah, M. (2021). Internasilasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa. Jurnal Kependidikan, 7(2), 395–407. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v9i1.5501

Saiful Akhyar Lubis, D. (2021). Kompetensi Kepribadian Pendidik di Madrasah Aliyah Negeri. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 1–241. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1226

Saihu. (2019a). Andragogi: jurnal pendidikan islam, vol. 1, no. 1 tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/Author Guidelines Focus and Scope Publication Ethics Editorial Board Peer Reviewer Plagiarism Check Unique Visits Journal History Mailing Address Article Processing Charges JOURNAL VISITOR Flag Counter StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats Crossref Member Badge ARTICLE TEMPLATE REFERENCE MANAGER Tutorial How To Cited SIMILIARITY TOOLS USER Username Password Remember me NOTIFICATIONS View Subscribe JOURNAL CONTENT Search Search Scope All Browse By Issue By Author By Title Other

Saihu. (2019b). Konsep manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54

Satibi. (2018). Konsep Pendidikan Jiwa Dalam Perspektif Al-Qusyairi. Jurnal Tawazun, 11(1), 22–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1624

Syafeie, A. K. (2020). Internalisasi nilai-nilai iman dan taqwa dalam pembentukan kepribadian melalui kegiatan intrakurikuler. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6280

Syofyan, H., Susanto, R., & Setiyati, R. (2020). Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING, 4(4 October 2020), 338–346. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4

Tanjung, M. (2019). Konsep Manusia dalan Prespektif Filsafat Pendidikan Islam. An-Nadwah, XXV(1), 46–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v25i1.7480

Wildan, T. (2017). Konsep Nafs (Jiwa) Dalam al- Qur’an. Jurnal At-Tibyan, 2(2), 246–261. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v2i2.393

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/120202701%0Ahttps://jurnal.iicet.org/index.php/jppi%0AAnalisis

Published

21-08-2023

Citation Check