Peran Kecakapan Berbahasa Arab Sebagai Penguat Literasi Keilmuan Islam di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan

Authors

  • Segaf Baharun IAI Darullughah Wadda'wah, Bangil, Pasuruan, Indonesia
  • Zainal Abidin Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan, Indonesia
  • Muhammad Solahudin Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan, Indonesia
  • Asep Rahmatullah Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3973

Keywords:

Kecakpan Berbahasa Arab, Penguatan, Keilmuan Islam

Abstract

Studi akan mengeksplorasi peran kecakapan berbahasa Arab sebagai penguat literasi keilmuan Islam di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah, Bangil, Pasuruan. Studi ini penting dilakukan karena Bahasa Arab sebenarnya adalah bahasa yang menjadi kunci pembuka keilmuan Islam khususnya bidang-bidang keislaman murni, seperti Hadits, Tafsir, Fiqh dan studi islam lainnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran kecapakan berbahasa Arab di Pondok Pesantren Darullughah Waddawah sebagai penguat keilmuan studi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil dan kesimpulan dari riset ini bahwa kecakapan berbahasa Arab berperan sangat penting dalam penguatan literasi keilmuan Islam di Pondok Pesantren Darullugah Wadda’wah. Kesimpulan ini dibuktikan dengan beberapa hal, diantaranya: 1) Kecakapan berbahasa Arab memudahkan para santri menggali ilmu dari kitab-kitab turats. 2) Kecakapan berbahasa Arab memudahkan para santri berkomunkasi dengan para syaikh yang datang dari timur tengah, 3) Kecakapann bahasa Arab santri mendorong para santri untuk melanjutkan pendidikan ke luar negri. Ketiga hal tersebut secara otomotas berperan dalam penguatan literasi di Pondok Pesantren Darullughah Waddawah.

Author Biography

Segaf Baharun, IAI Darullughah Wadda'wah, Bangil, Pasuruan

Islamic Education Departemen

References

Andriani, Asna. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, No. 1 (June 1, 2015): 39–56. Https://Doi.Org/10.21274/Taalum.2015.3.1.39-56.

Anshori, Taufiq. “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam,†2019.

Aziza, Lady Farah, And Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.†El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan Pba 19, No. 1 (June 30, 2020): 56–71. Https://Doi.Org/10.20414/Tsaqafah.V19i1.2344.

Bahruddin, Uril. “Menjadikan Bahasa Arab Sebagai Media Peradaban Dunia,†2016.

Buhori, Buhori, And Besse Wahidah. “Bahasa Arab Dan Peradaban Islam: Telaah Atas Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dalam Lintas Sejarah Peradaban Islam.†Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 11, No. 1 (June 1, 2017). Https://Doi.Org/10.24260/Al-Hikmah.V11i1.822.

Furoidah, Asni. “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam Di Masa Daulah Abbasiyah (Studi Literatur).†Al-Fusha: Arabic Language Education Journal 2, No. 1 (2020): 43–59.

Hamidah, Hamidah, And Marsiah Marsiah. “Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi.†Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Iain Palangka Raya 8, No. 2 (December 2, 2020): 147–60. Https://Doi.Org/10.23971/Altarib.V8i2.2282.

Jauhari, Qomi Akid. “Pembelajaran Maharah Istima Di Jurusan Pba Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.†Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3, No. 1 (June 30, 2018): 129–52. Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Mataraman/Index.Php/Tarbiyatuna/Article/View/3440.

Linur, Rahmat, And Mahfuz Rizqi Mubarak. “Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah.†Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 2, No. 1 (April 27, 2020): 8–18. Https://Doi.Org/10.47435/Naskhi.V2i1.154.

Mukroji, Mukroji. “Metode Tamyiz (Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum).†Jurnal Kependidikan 2, No. 1 (2014): 161–84. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V2i1.547.

Ramadan, Ade Arfa Putra. “Peran Ilmu Nahwu Shorof Dalam Meningkatkan Belajar Qur’an Hadits ( Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017).†Udergraduate, Uin Mataram, 2016. Http://Etheses.Uinmataram.Ac.Id/141/.

Rathomi, Ahmad. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.†Tarbiya Islamica 8, No. 1 (June 24, 2020): 1–8. Https://Journal.Iaisambas.Ac.Id/Index.Php/Tarbiyaislamica/Article/View/89.

———. “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik.†Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam 8, No. 1 (May 1, 2019): 558–65. Https://Doi.Org/10.29313/Tjpi.V8i1.4315.

Sauri, Sofyan. “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam Di Indonesia.†Insancita 5, No. 1 (August 9, 2020): 73–88. Https://Doi.Org/10.2121/Incita-Jisisea.V5i1.1332.

Setyaji, Yusuf, And S. Pd I. Nurul Latifatul Inayati. “Metode Pembelajaran Nahwu-Shorof Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen Tahun Pelajaran 2018-2019.†S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019. Https://Doi.Org/10/Lampiran.Pdf.

Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.†لسـانـنـا (Lisanuna): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 4, No. 2 (December 6, 2016): 343–59. Https://Doi.Org/10.22373/L.V4i2.852.

Wahab, Muhbib Abdul. “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam,†No. 1 (2014): 20.

Published

21-08-2023

Citation Check