Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Damar Pada Masyarakat Kampung Patipi Pulau Kabupaten Fak-fak

Authors

  • M. Syukri Nawir IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Muhamad Yusuf IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Suparto Iribaram IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Afan Garamatan IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Nining Puji Lestari IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3948

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menjabarkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Damar di Kampung Patipi Pulau Kabupaten Fak-fak. Merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi social, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan tehnik analisis model alir dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian: Meriahnya Masjid pada malam Lailatul Qadar merupakan pembiasaan yang dilakukan masyarakat di Kampung Patipi Pulau dengan melakukan aktivitas keagamaan bersama, dengan kegembiraannya melalui berbuka puasa, pemberian sedekah, pawai obor, membaca Qur’an. Sedekah pada pengurus Masjid didasarkan kesukarelaan yang merupakan ketulusan serta pembiasan. Nilai-nilai kekerabatan yang tinggi mempengaruhi kehidupan masyarakat. Budaya dan agama menyatu menciptakan kebersamaan diantara warga, merupakan solidaritas yang dimunculkan masyarakat secara spontan dalam pelaksanaan tradisi. Rangkaian kegiatan dalam tradisi mengandung nilai pendidikan Islam seperti: Ketaqwaan, Amaliyah, Sedekah, al-ukhuwah, Khuluqiyah, al-Masuuliyyah, al-Munfiqun, serta silaturahmi. Pengurus Masjid melakukan tugas dan tanggungjawabnya dengan keikhlasan, disebabkan mengurus Masjid adalah tugas mulia yang dilakukan turun temurun atau pewarisan. Masyarakat mempertahankan tradisi yang memiliki makna (keyakinan, pengetahuan serta kebiasaan), sebagai cara mengatur, menerima, berbagai tradisi yang dianggap baik serta mendasari pemahaman bersama dan mengembangkan interaksi dan tindakan lebih lanjut.

References

Azizurrahman, A., & Santosa, S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Janengan Serta Relevansinya Dengan Karakter Nabi Muhammad. Intelektual; Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 12(1): 48-61. DOI: https://doi/10.33367/ji.v12i1.2377.

Baharun, Hasan. Et.al. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Ngejot: Konsep Edukasi Dalam Membangun Keharmonisan dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal. FENOMENA Jurnal Penelitian. 10(1): 1-26. DOI: http://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1006.

Bugis, Andi., et. al. (2020). The Rise Of Children Dropping Out Of School In Raja Ampat. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12 (2): 270-287 DOI: 10.35445/alishlah.v12.i2.225.

Denzin, K. Norman & Lincoln, S.Yvonna. (2009). HandBook Of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Giddens, Anthony. (2010). Teori Strukturasi, Dasar-dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghazali, Adeng, Muchtar. (2011). Antropologi Agama. Bandung: Alfa Beta.

Ismaya, Nada., et.al. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3): 80-98. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.103.

Krismoniansyah, Roby., et.al. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Suroan: Studi di Desa IV Suku Menanti, Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1): 1-14. DOI: https://doui.org/10.47498/tadib.v12i01.335

Majid, Abdul., & Andayani, Dian. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Raja Rosda Karya.

Nawiruddin & Malla. (2013). Pembinaan Ummat Berbasis Multikultural. Jakarta: Sejahtera Kita.

Raucek, S. Joseph & Warren L. Roland. (1984). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Bina Aksara.

Ritzer, George & Goodman, J. Douglas. (2011). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saerozi, S., & Abdurrohman, M. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Ritual Walimah Tasmiyah. An Nur: Jurnal Studi Islam, 5(2). Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/Annur/articel/view/33

Sairin, Sjafri., et.al. (2002). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Scharf, R. Betty. (2004). Sosiologi Agama. Jakarta: Prenada Media

Sileuw, Marwan., et.al. (2022). Fenomena Penutupan Jalan Umum Untuk Acara Kedukaan Di Wilayah Kampung Kei Kota Jayapura. Potret Pemikiran, 26(1): 84-102. DOI: http://dx.doi.org/10.30984/pp.v26i1.1909

Sisweda, Anggun., et.al. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Sedekah Bumi: Studi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kubu Raya. JRTIE: Journal of Research and Thought on Islamic Education, 3(1): 110-123. DOI: https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1707

Smith, Huston. (2001). Agama-agama Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Turner, S. Bryan. (2012). Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Muhamad., et. al. (2021). Membangun Dunia Pendidikan Islam Di Tengah Keterbatasan (Potret Pondok Pesantren Di Kota Jayapura). Edukasi Islami: Jurnal pendidikan Islam, 10(1): 73-98. DOI: 10.30868//ei.v10i01.1035

Yusuf, Muhamad., & Sileuw, Marwan. (2020). JAJAO (Revitalisasi Kepemeimpinan Lokal Masyarakat Kampung Gamta Distrik Misool Barat Kepulauan raja Ampat). Jurnal El-Riyasah, 11(1): 29-53. DOI: 10.24014/jel.v11i1.8411

Yunus Kelimagun yang merupakan Imam Masjid Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022

Kadir Patipi yang merupakan Marbot Masjid Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022

Muhni Bauw yang merupakan warga Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022

Saleha Bauw yang merupakan warga Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022

Salim Garamatan yang merupakan Warga Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Agustus Tahun 2022

Published

24-02-2023

Citation Check