Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Damar Pada Masyarakat Kampung Patipi Pulau Kabupaten Fak-fak
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3948Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menjabarkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Damar di Kampung Patipi Pulau Kabupaten Fak-fak. Merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi social, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan tehnik analisis model alir dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian: Meriahnya Masjid pada malam Lailatul Qadar merupakan pembiasaan yang dilakukan masyarakat di Kampung Patipi Pulau dengan melakukan aktivitas keagamaan bersama, dengan kegembiraannya melalui berbuka puasa, pemberian sedekah, pawai obor, membaca Qur’an. Sedekah pada pengurus Masjid didasarkan kesukarelaan yang merupakan ketulusan serta pembiasan. Nilai-nilai kekerabatan yang tinggi mempengaruhi kehidupan masyarakat. Budaya dan agama menyatu menciptakan kebersamaan diantara warga, merupakan solidaritas yang dimunculkan masyarakat secara spontan dalam pelaksanaan tradisi. Rangkaian kegiatan dalam tradisi mengandung nilai pendidikan Islam seperti: Ketaqwaan, Amaliyah, Sedekah, al-ukhuwah, Khuluqiyah, al-Masuuliyyah, al-Munfiqun, serta silaturahmi. Pengurus Masjid melakukan tugas dan tanggungjawabnya dengan keikhlasan, disebabkan mengurus Masjid adalah tugas mulia yang dilakukan turun temurun atau pewarisan. Masyarakat mempertahankan tradisi yang memiliki makna (keyakinan, pengetahuan serta kebiasaan), sebagai cara mengatur, menerima, berbagai tradisi yang dianggap baik serta mendasari pemahaman bersama dan mengembangkan interaksi dan tindakan lebih lanjut.
References
Azizurrahman, A., & Santosa, S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Janengan Serta Relevansinya Dengan Karakter Nabi Muhammad. Intelektual; Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 12(1): 48-61. DOI: https://doi/10.33367/ji.v12i1.2377.
Baharun, Hasan. Et.al. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Ngejot: Konsep Edukasi Dalam Membangun Keharmonisan dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal. FENOMENA Jurnal Penelitian. 10(1): 1-26. DOI: http://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1006.
Bugis, Andi., et. al. (2020). The Rise Of Children Dropping Out Of School In Raja Ampat. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 12 (2): 270-287 DOI: 10.35445/alishlah.v12.i2.225.
Denzin, K. Norman & Lincoln, S.Yvonna. (2009). HandBook Of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Giddens, Anthony. (2010). Teori Strukturasi, Dasar-dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghazali, Adeng, Muchtar. (2011). Antropologi Agama. Bandung: Alfa Beta.
Ismaya, Nada., et.al. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3): 80-98. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.103.
Krismoniansyah, Roby., et.al. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Suroan: Studi di Desa IV Suku Menanti, Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1): 1-14. DOI: https://doui.org/10.47498/tadib.v12i01.335
Majid, Abdul., & Andayani, Dian. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Raja Rosda Karya.
Nawiruddin & Malla. (2013). Pembinaan Ummat Berbasis Multikultural. Jakarta: Sejahtera Kita.
Raucek, S. Joseph & Warren L. Roland. (1984). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Bina Aksara.
Ritzer, George & Goodman, J. Douglas. (2011). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saerozi, S., & Abdurrohman, M. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Ritual Walimah Tasmiyah. An Nur: Jurnal Studi Islam, 5(2). Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/Annur/articel/view/33
Sairin, Sjafri., et.al. (2002). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Scharf, R. Betty. (2004). Sosiologi Agama. Jakarta: Prenada Media
Sileuw, Marwan., et.al. (2022). Fenomena Penutupan Jalan Umum Untuk Acara Kedukaan Di Wilayah Kampung Kei Kota Jayapura. Potret Pemikiran, 26(1): 84-102. DOI: http://dx.doi.org/10.30984/pp.v26i1.1909
Sisweda, Anggun., et.al. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Sedekah Bumi: Studi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kubu Raya. JRTIE: Journal of Research and Thought on Islamic Education, 3(1): 110-123. DOI: https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1707
Smith, Huston. (2001). Agama-agama Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Turner, S. Bryan. (2012). Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, Muhamad., et. al. (2021). Membangun Dunia Pendidikan Islam Di Tengah Keterbatasan (Potret Pondok Pesantren Di Kota Jayapura). Edukasi Islami: Jurnal pendidikan Islam, 10(1): 73-98. DOI: 10.30868//ei.v10i01.1035
Yusuf, Muhamad., & Sileuw, Marwan. (2020). JAJAO (Revitalisasi Kepemeimpinan Lokal Masyarakat Kampung Gamta Distrik Misool Barat Kepulauan raja Ampat). Jurnal El-Riyasah, 11(1): 29-53. DOI: 10.24014/jel.v11i1.8411
Yunus Kelimagun yang merupakan Imam Masjid Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022
Kadir Patipi yang merupakan Marbot Masjid Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022
Muhni Bauw yang merupakan warga Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022
Saleha Bauw yang merupakan warga Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Juli Tahun 2022
Salim Garamatan yang merupakan Warga Kampung Patipi Pulau, wawancara pada bulan Agustus Tahun 2022
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).