Pembiasaan Al-Akhlaq Al-Karimah Melalui Komunikasi Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) Yang Efektif di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) di Kota Jayapura

Authors

  • Zulihi Zulihi IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Muhamad Yusuf IAIN Fattahul Muluk Papua, Indonesia
  • Zaenuddin Hudi Prasojo IAIN Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3947

Keywords:

Pembiasaan, Al-ahlakul al Karimah, Komunikasi, Guru, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan artikel ini adalah menjelaskan secara komperhensif komunikasi yang dilakukan guru PAI dianggap belum mampu merealisasikan pembiasaan akhlak mulia pada siswa dan untuk mengetahui strategi yang efektif dalam melakukan komunikasi bagi guru untuk memberikan pembiasaan akhlak mulia di Madrasah Ibtidaiyah di Kota Jayapura. Merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma fenomenologi social. Hasil penelitian: Komunikasi aktif yang dilaksanakan guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di Kota Jayapura yaitu memberikan kesempatan yang setara kepada siswa berinteraksi antar siswa maupun guru dalam mengembangkan daya nalar, serta pola berfikir sehingga mampu mengontrol komunikasi yang dilakukan. Mengembangkan komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok, dianggap efektif merangsang siswa berinteraksi. Membiasakan hal-hal yang bersifat teladan agar menimbulkan peniruan dan menjadi kebiasaan. Faktor lingkungan, faktor keluarga, teman sepermainan mampu merubah sikap dan perilaku siswa. Minimnya media komunikasi yang digunakan guru berpengaruh dalam pembentukan akhlakul karimah, dalam mengembangkan imajinasi siswa dalam mentransfer ilmu pengetahuan keagamaan pada siswa. Kurangnya pelatihan guru PAI yang ada di MI Kota Jayapura berpengaruh pada kemampuan berinovasi mengembangkan media komunikasi yang efektif dalam memberikan materi berkaitan Al-akhlaq Al-Karimah.

References

Aminah, Siti, & Et.al. (2021). Pola Komunikasi Guru Ngaji Dalam Membina Akhlak Remaja Yayasan At-Tibyan di Kelurahan Mekarsari. JRKPI: Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2): 79–84. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i2.376

Arni, M. (2015). Komunikasi Organisasi (14th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Bryan, T. S. (2012). Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djumransjah, & Amrullah, A. M. K. (2007). Pendidikan Islam Menggali “Tradisiâ€, mengukuhkan Eksistensi. UIN-Malang Press.

George, R., & Douglas, G. J. (2011). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Grace, B., Sarah., & Et.al. (2020). Komunikasi Efektif Dalam peningkatan Literasi Kesehatan Mental. Jurnal Komunikasi, 12(2): 191–210. https://doi.org/http://dx.doi/10.24912/jk.v12i2.5948

Joseph, R. S., & Roland, W. L. (1984). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Bina Aksara.

Mayalibit, M. Y. U., & Et.al. (2022). Alih Profesi Menjadi Penjual Minuman Keras (MIRAS) Ilegal Pasca Pandemi Covid-19. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1): 45–58. DOI: https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i1.1591.

Nawir, M. S. (2020). Famajal. (Potret Tradisi Pengakuan Kekerabatan Masyarakat Kampung Lilinta Distrik Misool Barat Kabupaten Raja Ampat Melalui Ritual Keagamaan). Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama Dan Perubahan Sosial, 14(2): 159–178. DOI: https://doi.org/http//doi.org/10.14421/jsa.2020.142-02

Nurudin. (2005). Sistem Komunikasi Indonesia (2nd ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Onong, U. E. (1996). Kepemimpinan dan Komunikasi. Yogyakarta: Al-Amin Press.

Onong, U. E. (2015). Dinamika Komunikasi (9th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Onong, U. E. (2016). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (3rd ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Quraish, S. (1996). Wawasan Al-Qur.an (3rd ed.). Bandung: Mizan.

Rahmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

S.R.Maria, Assumpte, R., & OSF. (2002). Dasar-dasar Public Relation Teori dan Praktis (1st ed.). Jakarta: Grasindo.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wijayanti, Y. T. (2015). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membangun Akhlakul Karimah. SALURAN: Jurnal Komunikasi, 3(2): 113–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i2.3278:

Yunmandori, & Et.al. (2021). Implementasi Kurikulum Akhlakul Karimah Dalam Peningkatan Kompetensi Siswa di Ma Nurul Ihya Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Cendika Muda Islam Jurnal Ilmiah, 1(1): 47–61.

Yusuf, M. (2021a). Funeral Traditions in The Mat Lou Ethnic Culture in Lilinta Village, Raja Ampat Island. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(2): 240–247. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jantro.v23.n2.p240-247

Yusuf, M. (2021b). Membangun Dunia Pendidikan Islam Di Tengah Keterbatasan (Potret Pondok Pesantren di Kota Jayapura). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1): 73–98. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1035

Yusuf, M., & Nawir, M. S. (2021). Famari (Penghinaan Berujung Pada Tradisi Yang Mampu Menyebabkan Sanksi/Denda Adat, Tradisi Pada Masyarakat Misool Barat, kepulauan Raja Ampat). SASI: Jurnal Hukum, 27(1): 1–11. https://doi.org/10.47268/sasi.v27i1.225

Published

24-02-2023

Citation Check