Tantangan Kerja Sama Internasional Bidang Pendidikan Tinggi Islam (Studi Kasus: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Authors

  • Atik Yuliyani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Makyun Subuki UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Dadi Darmadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Adeb Davega Prasna UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Asmu'i Asmu'i UIN Syaarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Abdil Azizul Furqon UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3940

Keywords:

Tantangan, Kerjasama, dan Pendidikan Tinggi

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi adalah menjalin kerja sama internasional dengan berbagai pihak. Namun dalam menjalin kerja sama internasional tersebut, terdapat tantangan dan hambatan yang dialami oleh pendidikan tinggi Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis tantangan yang dialami dalam melaksanakan kerjasama internasional pada 3 (tiga) perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN) di Indonesia, yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif. Data dalam penelitian ini akan diambil secara kuantitatif melalui kuesioner yang akan disebarkan kepada informan secara online yang terdiri dari pimpinan universitas (rektorat dan biro), pimpinan lembaga, pimpinan fakultas, guru besar, dosen dan peneliti, serta mahasiswa asing di lingkungan ketiga perguruan tinggi tersebut. Dengan jumlah narasumber dan responden sebanyak 50 orang pada masing-masing perguruan tinggi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa hambatan yang dialami oleh ketiga perguruan tinggi keagamaan terletak pada aspek manajemen organisasi masing-masing perguruan tinggi dan dikombinasikan oleh Kementerian agama yang belum menjalankan perannya dengan maksimal. Factor minimnya koordinasi antar universitas Islam negeri maupun Kementerian Agama menambah hambatan yang terjadi saat melakukan kerja sama internasional Selain itu, factor pendanaan juga menjadi penghambat kerja sama Internasional di tiga universitas islam negeri tersebut.

References

Abidin, H., Annisa, N., Hiqmah, N., Pusposari, T. W., Amrozi, Y., & Putro, Z. E. (2017). Kajian Diagnostik Pemetaan Lembaga Filantropi Pendukung Riset.

Aedi, N. (2018). MODEL PENGEMBANGAN INTERNASIONALISASI. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 343–359.

Agung, I., & Santosa, A. (2017). Dinamika LPTK Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia (World Class University/WCU). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 43–54. https://doi.org/10.21009/pip.311.6

Andari, S., Soetopo, H., & Mustiningsih. (2016). Manajemen Program Internasionalisasi di International Office (IO) dalam Mewujudkan World Class University. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(4), 200–208.

Apriliyanti, M., & Ilham. (2021). Peningkatan Kapasitas Kinerja dan Pelayanan Akademik Laboratorium Integrasi UIN Sunan Ampel Surabaya Berbasis Aplikasi Program Kerja Menuju World Class University. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(6), 905–920. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/621

Astuti, R. S. (2016). Pengembangan Kapasitas : Strategi Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Gema Publica: Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Publik, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.14710/gp.2.1.2016.1-12

Diktis, T. D. (2022). Grand Design Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. In Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan iIlam.

Fauzi, F. (2016). Membangun Strategi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( PTKIN ) Menuju World Class University. Jurnal As-Salam, 1(1), 50–61.

Ferdiansyah. (2015). Impelemntasi dan Hambatan Kebijakan Liberalisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia. Andalas Journal of International Studies, 4(2), 123–146.

Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019

Fuadi, D. (2016). Internasionalisasi Perguruan Tinggi: Studi Multisitus Pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta. The Progressive and Fun Education Seminar, 1, 594–607. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7870

Hasanah, S. M. (2017). Strategi Membangun Global Brand Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Menuju World Class University. J-Mpi, 2(2), 128–141. https://doi.org/10.18860/jmpi.v2i2.5476

Kasali, R. (2018). Disruption: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khadafi, M., Haryono, B. S., & Wanto, A. H. (2018). Evaluasi Kebijakan Internasionalisasi Universitas Brawijata Dalam Rangka Menuju World Class University. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 4(2), 89–99.

Kusuma, B. M. A. (2022). Toward Research University In Islamic Studies : Pusat Studi Sebagai Katalisator. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 18–33.

Levin, H. M., Jeong, D. W., & Ou, D. (2006). What is World Class University? The Conference of The Comparative and International Education Society.

Madrah, M. Y., Permatasari, R., Musofiana, I., & Setiawan, I. A. (2019). Strategi Internasionalisasi Perguruan Tinggi Islam Melalui Program Student Mobility. Conference on Islamic Studiens (CoIS), 206–220.

Mali, M. G. (2020). Internasional Kampus Sebagai Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, 2(1), 68–78.

Maturbongs, Y. H. (2019). Tantangan Era Globalisasi terhadap Manajemen Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(2), 122–141.

Muqoyyidin, A. W., & As’ad, M. Z. W. (2020). Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Islam Berbasis Khazanah Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 173–188. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2361%0Ahttp://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2361/1208

Mutiarin, D., Suswanta, & Darumurti, A. (2019). Good University Governance dan Internasionalisasi Program Studi : Studi Kasus Pada 2 (Dua) Program Studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ), 5(2), 187–197.

Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Menghadapi Asean Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share : Social Work Journal, 6(2), 197. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13209

Pawero, A. M. V. D. (2016). Strategi Internasionalisasi Perguruan Tinggi Swasta (Studi Multikasus Pada UNISMA dan UNMUH Malang).

Soesilowati, S. (2017). Diplomasi Soft Power Indonesia Melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 293–308. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.293-308

Suradijono, S. H., Probandari, A., Syafrudin, D., Panggabean, H. R. G., & Kurniawan, T. (2017). Kajian Diagnostik Mengatasi Hambatan Penelitian di Universitas (Studi Kasus Empat Universitas di Indonesia. https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=208626

Suyanti, E. (2011). Strategi Internasionalisasi Dalam Bidang Penelitian Pada Universitas Indonesia Dan Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 10. https://doi.org/10.21009/jmp.02102

Syafrudin, D., Nasuhi, H., Darmadi, D., Makruf, J., Umam, S., & Ropi, I. (2015). Kajian Diagnostik Mengatasi Hambatan Penelitian di Universitas: Studi Kasus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In PPIM UIN Jakarta (Vol. 3, Issue April).

Syukur, A. (2010). Internasionalisai Pendidikan Di Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Thoyib. (2008). Internasionalisasi Pendidikan dan Strategi Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia: Sketsa Edukatif Manajemen Mutu. El-Tarbawi, 1(2), 215–234.

Wayong, M. (2017). MENUJU ERA GLOBALISASI PENDIDIKAN: Tantangan dan Harapan bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 219. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5223

Widhyharto, D. S., Pertiwiningrum, A., & Oki Rahadianto Sutopo. (2013). Model Kerjasama Lembaga Swasta, Pemerintah dan Pendidikan Tinggi. Jurnal Sosiologi Refleksif, 7(2), 157–179.

Zuhdi, A. (2018). Dampak Rintisan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi di UIN Walisongo Semarang. Literasi, IX(124–147).

Published

21-08-2023

Citation Check