STRATEGI KOORDINATOR MUDARRIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI

Authors

  • Nurul Hikmah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3932

Keywords:

Strategi, Koordinator, Hafalan, Santri

Abstract

Seorang muslim diwajibkan menjaga kemurnian Al-Qur’an baik tulisan, bacaan ataupun hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait strategi koordinator mudarris Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, strategi koordinator mudarris Al-Qur’an yaitu: (a) proses menghafal santri dilakukan pada empat waktu; (b) Metode yang digunakan adalah Al-Qur’an Al-Hafidz dan Al-Qur’an Al-Hufaz; (c) memberikan pembinaan; dan (d) evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung yaitu: (a) sarana prasarana memadai; (b) program pembelajaran; (c) dukungan dari orang tua; (d) dukungan dari masyarakat; dan (e) dukungan dari pemerintah. Ketiga, faktor penghambat yaitu: (a) sarana dan prasarana belum memadai; (b) program pembelajaran belum semua terealisasi; (c) kekurangan sumber daya manusia; (d) keuangan yang belum stabil; (e) orang tua santri yang belum paham aturan pondok; dan (f) kedisiplinan santri. Keempat, solusi mengatasi faktor penghambat yaitu: (a) pondok sedang pembangunan; (b) akan menjalankan program yang sempat tertunda; (c) pondok mengupayakan bagisantri yang lulus untuk mengabdi 1 tahun

References

Heni N. 2018: 46. Pembiasaan Shalat Berjama'ah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa SMA NegeriPiyungan Kabupaten Bantul. Yogyakarta.

M. Hidayat G. 2013: 233. "Keseimbangan Peran Orangtua dalm Pembentukan Karakter Anak." Edukasi ISlami, Jurnal Pendidikan Islam 02: 233.

Muhammad M. I. 2018: 166. Jawahir Al-Bukhari. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

n.d.

Abdilah. 2016: 29. 200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Abdu J. 2012: 182. "Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter." Jurnal Pendidikan Islam 06: 182.

Abdul Aziz M. A. 2016: 71. Al-Fiqh Al-Muyassar (Fikih Muyasar). Jakarta: Darul Haq.

Abdul Fattah Abu Ghuddah. 2019. Rosululloh S.A.W. Sang Guru. Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Abdul Hamid. 2016: 7-8. Pengantar Al-Qur'an. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Abdul S. 2017: 15. 99 Tanya Jawab Seputar Shalat. Riau: Tafaqquh Media.

Achmad Toha Husain Al-Mujahid. 2011. Ilmu Tajwid. Jakarta Timur: Daarut Sunnah Press.

Adi Hidayat. 2018: 34. Muslim Zaman Now Hafal Al-Qur’an dalam 30 Hari. Bekasi Selatan: Institut Quantum Akhyar.

Ahmad R. 2018: 91. "Analisis Data Kualitatif." Jurnal Alhadharah 17: 91.

Al-Mundziri. 2017: 96-97. Bandung: Jabal.

—. 2017:96-97. Ringkasan Shahih Muslim. Bandung: Jabal.

Al-'Utsaimin, Muhammad bin Shalih. 2016:439. Sayarah Hadits Arba'in. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

Asep N. 2020: 72. "Analisis Program Inovasi Desa dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (PID) di Desa Bangunharja Kabupaten cIamis." Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 07: 72.

Asep Saeful Hamdi dan E. Bahruddin. 2016: 12. Metodologi Penelitian Kualitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Bogor: UIKA PRESS.

Burhan Bungin. 2017: 118. Penelitian Kualitatif. Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.

Chesley T. 2017: 93. "Perancangan Standart Operational Produksi pada Perusahaan Cofeein." Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 02: 93.

Departemen Agama. 2015: 576.

—. 2015: 341. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemah. Jakarta.

—. 2015: 598. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemah. Jakarta: Dharma Art.

Departemen Agama,. 2015: 602.

Dicki Miswardi. 2019: 18. 9 Kunci Hafal Al-Qur’an 30 Juz Seumur Hidup Insya Alloh. Semarang: Uwais Inspirasi Indonesia.

Efri Novianto. 2019: 19. Manajemen Strategi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Firly Maulana, S. 2016: 13. "Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 261-267." Skripsi, 13.

Ghuddah, Abdul Fatah Abu. 2019. Rosululloh S.A.W. Sang Guru. Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Husna Nashihin. 2017: 87-88. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Semarang: CV Pilar Nusantara Semarang.

Ibrahim. 2018: 68. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Irmei P.P. 2019: 189. "Kajian Etnografi Batik Gentongan Tanjung Bumi Madura." Jurnal, Universitas Negeri Surabaya 189.

Istijanto Oei. 2010: 38. Riset Sumber Daya Manusia . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama .

Izzatul Umniyah. 2018: xix. Strategi Peningkatan Kualitas Hafalan AL-Qur’an Bagi Mahasiswa (Studi Kasus di PPTQ Putri Nurul Purqon Klojen Malang). Malang.

Jaih Mubarok. 2008: 76. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: CV Pustaka Islamika.

Jamaludin. 2019: 39. Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning pada Santri Tingkat Wustho di Pondok Pesantren Al-Muslimun Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur Tahun 2019. Bogor.

Kiki J. 2018: 94. "Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) pada Mata Kuliah Manajemen Oprasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester II Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda." Jurnal, Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR 06: 94.

Kompri. 2018: 1. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lutfiatul Khosanah. 2015: 3. Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung. Tulungagung.

M. Sobry. 2013: 83. Reaktualisasi Strategi Pendidikan Islam Ikhtiar Mengembangi Pendidikan Global. Mataram.

Maharani R. 2019: 9. "Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran Bcct (Beyound Center and Cricle Time)." Jurnal Educate 04: 9.

Mahmud Y. 2010: 313. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus W Dzuriyyah.

Malik. 2015: 103. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Muh. Fitrah dan Luthfiyah. 2017: 85. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

—. 2017: 86. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

—. 2017: 85. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Muhamad L. A. 2019: 90. "Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Pesat Kecamatan bogor Barat Kota Bogor." Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam 03: 89.

Muhammad S. 2017: 27. 200 Fikih Praktis Sehari-hari. Yogyakarta: Pro-U Media.

Muhammad S. A Al-Asyqar. 2018: 47. Ushul Fikih Tingkat Dasar. Jakarta: Ummul Qura.

Mujibburrahman. 2016: 188. Pola Pembinaan Salat Anak Dalam Islam. Vol. 06. 02 vols. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Nahrowi, Firman. 2018:196. "Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Kegiatan Tadarus Al-Qur'an di SDN Kota Batu 08 Tahun 2017-2018 Kecamatan Ciomas Bogor." Jurnal STAI 196.

Nasrullah Nurdin. 2019. Generasi Emas Santri Zaman Now. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nuning I. P. 2017: 211. "Penggunaan Media Video Call dalam Teknoligi Komunikasi." Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 01: 211.

Rahendra M. 2013: 285. "Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 02: 285.

Rahendra M. 2017: 27. "Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama'ah Al-Syafi'i." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 06: 27.

Ridwan F.S. 2012: 7. Pendidikan Karakter di Pesantren. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Ronal Watrianthos, dkk. 2020: 125. Kewirausahaan Strategi Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sandi H. S. 2019: 675. "Faktor-faktor Loyalitas Pegawai di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara: Loyality Factors Of Eployees Office In The North Sulawesi Province." Jurnal EMBA 07: 675.

Siti Juriah. 2018: 32-33. Peran Pondok Pesantren Darussunnah dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Masyarakat Desa Iwul Kecamatan Parung. Bogor.

Sugiarti dan Eggy Fajar Andalas dan Arif Setiawan. 2020: 12. Dasar Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: UMM Press.

Sugiyono. 2016: 329. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiara A.D. 2016: 15. "Upaya Pembentukan Karakter Melalui Social and Emotional Learning (SEL) pada Mata Pelajaran IPS di SMP." Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 04: 15.

Usman El-Qurtuby. 2018: 553. Al-Haromain Al-Qur'an Terjemah dan Tajwid Berwarna. Bandung: Cardoba.

Wahyu N. 2019: 107. "Pengaruh Layanan Mediasi Terhadap Perilaku Bulliying pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015-2016." Jurnal Medi Kons 05: 107.

Yusuf Ismail An-Nabani, . 2018: 25. Intisari Riyadhus Shalihin. Depok: Keira.

Downloads

Published

28-12-2022

Citation Check