Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3854Abstract
Pada dasarnya strategi pembelajaran perlu diperhatikan karena berkaitan dengan keadaan siswa dalam pembelajaran, dimana siswa ketika memperoleh strategi yang diajarkan oleh gurunya dengan strategi yang monoton, siswa merasa tidak nyaman, siswa merasa tidak diberi kebebasan dalam diskusi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran aktif yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa di sekolah SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi dan data dianalisis yang dimulai dengan mengumpulkan data, memilah data, menyajikan serta menyimpulkan. Penggunaan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif yang dilakukan untuk memotivasi siswa dengan menerapkan pembelajaran yang menarik yaitu mengoptimalkan pembelajaran dengan game quiz, game sambung ayat, diskusi serta tanya jawab. Motivasi yang didapatkan siswa dari penerapan strategi pembelajaran yaitu siswa merasa dirinya lebih berani untuk berbicara di depan umum, merasa nyaman, menikmati ketika pembelajaran, rasa senang, serta tertarik untuk mengikuti perlombaan-perlombaan mengenai pengetahuan. Dampak dari penerapan strategi tersebut siswa merasa dirinya lebih memahami, fokus dalam pembelajaran, dan mudah di pahami
References
Basrudin, Ratman, G. Y. (2013). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 88–100. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2979
Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Sorot, 10(2), 155. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212
Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(2), 141–158.
Hartanti, A. D., Abdurrahmansyah, A., & Adil, M. (2021). Tahfiz Qur’an dengan Metode Tasmi’ dan Sambung Ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, dan Pengelolaanya di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 97–112. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.42
Ijudin, Wakila, Y. F., & Anton. (2022). Implementing Active Learning To Increase Student’S Learning Interest in Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 51–62. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.17437
Ika, S. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, Vol. 5 No.(1), 104–116.
Izzatul Yuanita, D. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 144. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.561
Kh, I. P., Chalim, A., Mojokerto, P., & Mariana, W. (2018). Andika Aprilianto. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139–158.
Khaqiqi, Z. (2020). Bersih dan Sehat pada Pemanfaatan Air Bersih dan Suci ( Studi Kasus Pada Santri Kelas 9 di SMP Integral Lukman al- Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya ).
Muttaqi, A., Karim, A., Studi, P., Agama, P., Islam, F. A., & Surakarta, U. M. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Fiqh pada Siswa Kelas 1 di MTs Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. (A. D. Daulay (ed.)). Perdana Publishing.
Nurdyansah, & Toyiba, F. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Ibtiaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 929–930. http://eprints.umsida.ac.id/1610
Nurdyansyah. N., A. W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Nizamial Learning Center.
Nurdyansyah. N., E. fariyarul F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Oktavia, R. (2022). Game Based Learning ( GBL ) Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa. 1–7.
S, Syaparuddin, Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Saad, M. A. (2015). Pendidikan Islam dan Peranannya Dalam Membangun dan Mengembangkan Kearifan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(6), 1–11. https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i2.409
Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, Vol.1, No., 353–360. https://bajangjournal.com/index.php/JPDH/article/view/868
Milles, MB, & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode. AS: Sage Publikasi.
Penerapan Metode bin-Naẓar, Tahfiẓ, Tasmi‛ dan Muraja‛ah dalam Menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep Jombor Kecamatan tuntang Kabupaten Semarang tahun 2018. IAIN Hadisiga
Ariends, R. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masni. 2013. Metode Diskusi. http://masnibios.blogspot.com/2013/04/metodediskusi
Miftahul Huda, Cooperative Learning (metode, teknik, struktur dan model penerapan), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Sudjana 2009. Penelitian Proses Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).