Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter (Studi Pada Santri Pesantren Tahfidz Quran Lailatul Qodar Kota Medan)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3843Keywords:
Parenting, Parents, Character Education, Islamic Boarding SchoolAbstract
Artikel penelitian ini memiliki tujuan untuk memperlihatkan gambaran hasil temuan riset tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak pada Pesantren Tahfidz Quran Lailatul Qadar. Analisis yang di gunakan pada penelitian deskriptif kualitatif ini ialah model sparedley dengan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema yang mengutip data lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Karakter baik yang terbentuk melalui nilai karakter budaya ajwa ialah bijaksana, lembut hati, sabar, keselamatan, kebahagiaan, kesejahteraan, tidak mudah menyesal, mampu mengambil keputusan dengan baik, tidak merasa paling pintar, tidak berbuat curang, kejujuran, keikhlasan, waspada dan sitiqamah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap keseharian anak dalam bertingkah laku merupakan hasil pembentukan karakter yang di berikan oleh orang tua melalui pola asuh. Pola asuh yang di terapkan oleh responden dari latar belakang yang berbeda memberi gambaran bahwa ada yang menginginkan anaknya menjadi orang yang bijaksana dan sabar, menjadi anak yang lembut, waspada, Istiqamah, ada orang tua yang menginginkan anaknya mejadi jujur dalam berkata dan bertindak, ada yang menerapkan pola asuh demokratis, serta ada yang mendidik anak sesuai dengan gendernya.
References
Anisah. 2011. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.†Jurnal Pendidikan Universitas Garut 5, no. 1: 70–84.
Ansori, Yoyo Zakaria. 2021. “Strategi Pendidik Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1: 261–70. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208.
Arif, Muh. 2014. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTERDALAM AL-QUR’AN (Telaah QS.Luqmân Dan Relevansinya Dengan Dasadarma Pramuka).†Tadris 9, no. 2: 172–85.
Asbari, Masduki, Wakhida Nurhayati, and Agus Purwanto. 2020. “The Effect of Parenting Style and Genetic Personality on Children Character Development.†Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 23, no. 2: 206–18. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151.
Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.†ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 1: 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421.
Diananda, Amita. 2021. “Pola Asuh Suku Jawa: Dahulu Dan Sekarang Serta Pengaruhnya Terhadap Pola Pikir Dan Perilaku Anak.†Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) 5, no. November: 138.
Fitrah, Andi Noor. 2019. “Implementasi Gaya Kepemimpinan Nabi Musa a.S Dalam Pendidikan Karakter.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2: 176. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1671.
Hasanah, Uswatun. 2016. “Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak.†Jurnal Elementary 2, no. 2: 72–82.
Jai, Ani Jailani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila. 2020. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2: 257–64. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781.
Kaimuddin, Kaimuddin. 2018. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.†Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11, no. 1: 132–52. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.549.
Lubis, Juliani, Sintiya, Sriana Lestari, and Khadijah. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini.†Pendidikan Dan Konseling 4, no. 3: 1–10.
Maghfiroti, Hanim Aulia, Mohammad Kanzunnudin, and Sekar Dwi Ardianti. 2021. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Perkembangan Sikap Tanggung Jawab Anak Di Desa Paren Jepara.†JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 5, no. 6: 1665. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8492.
Mursalim, Mursalim, Jusmin Jusmin, and Nur Wulandari. 2020. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong.†Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 2, no. 1: 1–9. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.396.
Novita, Dina, Amirullah, and Ruslan. 2016. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah 1, no. 1: 22–30.
Nuryanto, Sidik, and Diterima Agustus. 2016. “54 JI 1 (1) (2016) INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal DONGENG SEBAGAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI PADA ANAK USIA DINI Info Artikel ________________ Sejarah Artikel†1, no. 1: 54–68.
Papadopoulos, Theofilos, Amin Abrahim, Daniel Sergelidis, and Konstadina Bitchava. 2011. “Original Article ΕÏευνητική†2, no. January: 119–23. https://doi.org/10.4314/ajcem.v12i3.
Pertiwi, Nunung Dian. 2021. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak.†JurnalPendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara 3, no. 1: 324–35.
Priyatna, Muhammad. 2017. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 10: 1311–36. https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6.
RI, MENTERI KESEHATAN. 2019. “No TitleΕΛΕÎΗ.†Αγαη 8, no. 5: 55.
Roini, Siti. 2018. “Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak.†Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 12, no. 1: 21. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2906.
Satrianingrum, Arifah Prima, and Farida Agus Setyawati. 2021. “Perbedaan Pola Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dari Berbagai Suku Di Indonesia: Kajian Literatur.†JIV-Jurnal Ilmiah Visi 16, no. 1: 25–34. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.3.
Setiyawan. 2013. “Peranan Orang Tua Dalam Membina Ibadah Sholat Wajib Anak.†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9: 1689–99.
Sholichah, Aas Siti. 2019. “Pendidikan Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an.†Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 1, no. 1: 53–74. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i1.4.
Subir, Muhamad Syuhada. 2020. “PENDIDIKAN KARAKTER (Analisis Kritis Pembinaan Spiritual Anak Perspektif Al-Qur`an).†Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam 13, no. 2: 15–26.
Sumargi, Agnes Maria, Eli Prasetyo, and Benedicta Winona Ardelia. 2020. “Parenting Styles and Their Impacts on Child Problem Behaviors.†Jurnal Psikologi 19, no. 3: 269–85. https://doi.org/10.14710/jp.19.3.269-285.
Wahidin, Unang. 2017. “Pendidikan Karakter Bagi Remaja.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 03. https://doi.org/10.30868/ei.v2i03.29.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).