Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu)

Authors

  • Abdul Zainuddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia
  • Partomuan Harahap SMA Negeri 4 Rejang Lebong, Indonesia
  • Wahyu Naldi IAIN Curup-Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839

Keywords:

Motivasi Guru, Karya Tulis Ilmiah

Abstract

Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan bahwa menulis karya tulis  ilmiah,  kemudian  dipublikasikan ke  jurnal ilmiah adalah kendala utama guru, sebagai syarat untuk naik pangkat  ke Pembina IV.a dan pangkat sesudahnya. Faktanya  sampai saat ini banyak  guru hingga pensiun, pangkatnya bertahan  di Pembina IV.a. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengeloborasi  kendala-kendala yang dialami guru  pada saat menulis karya tulis ilmiah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, FGD dan observasi. Responden adalah guru PAI yang mengajar di SMA Negeri dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Temuan penelitian adalah menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi guru menulis karya ilmiah adalah  1) Kurangnya Informasi dan Sosialisasi; 2) Biaya yang tinggi dan waktu yang lama; 3) Kurangnya Informasi dan Sosialisasi; 4). Rendahnya Motivasi  Guru Menulis; 5) Biaya yang tinggi dan waktu yang lama; 6) Tidak terampil menggunakan media; 7) Kurang Referensi dan Pendampingan; 8) Sudah puas dengan kondisi yang sudah ada; 9) Mitos, guru cukup pangkat IV.a. Kesimpulan penelitian faktor penyebabnya rendah motivasi guru menulis karya ilmiah disebabkan faktor dalam diri guru (internal) dan faktor diluar diri guru (eksternal). Diperlukan stimulus dan pendampingan dan motivasi dari pihak eksternal agar motivasi guru untuk menulis semakin membaik

Author Biography

Abdul Zainuddin, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Fakultas Tarbiyah/Lektor Kepala

References

Abdul Rahman, Nasihin. (2020). Mampukah Sekolah Gratis Mencapai Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan? Ta'dibuna, 102-116.

Best, J. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Appoaches. California: Thousand Oaks.

Danim, S. (2018). Pengembangan Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan. Bengkulu: tidak dipublikasikan.

Hamalik. (2003). Panduan Penerbitan Buku untuk Penulis Pemula. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, H. (2006). Minat, Motivasi dan Kemahiran Mengajar Guru Pelatih. Malaysian Journal of Education, 83-96.

Hasibuan. (2003). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca SertifikasiI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3.

Lassa. (2005). Panduan Menerbitkan Buku untuk Pemula. Yogyakarta: Alinea.

Lexy, J. M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet.13). Bandung: Rosdakarya.

Matthew B.Miles, A. H. (1992). Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulung Agung . Jurnal Humanity, 1-16.

Rahardjo, M. (2010). Kemampuan Menulis Guru Lemah? Malang: UIN Malik Ibrahim.

Rahman, A. (2018). Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan. Belajea, 83-102.

Rahman, A. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Intruction, 98-107.

RI, D. (2018). Dapodik 2017/2018. Jakarta: Dikmen Depdiknas.

Santoso. (2002). Pemanfaatan Blog (Jurnal Online) dalam pembelajaran Menulis. Universitas Pendidikan Ganesha, 7.

Sartono, A. (2010). Data Guru berdasarkan Golongan Pangkat. Jakarta: Harian Kompas.

Sugiyono. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif dan RD. Bandung: Al-Fabeta.

Sulistiyo. (2010). Data Guru. Jakarta: Harian Kompas.

Supardi. (2016). Data Guru. Jakarta: Tanpa Keterangan.

Suryana. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, Sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2). Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Tarigan. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tri Wulandari, A. S. (2013). Motivasi Pustakawan dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1-6.

Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi. (2002). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajeman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

27-02-2023

Citation Check