Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran PAI Materi Al-Qur’an Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Talang Kelapa
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3798Keywords:
Pengembangan, multimedia interaktif, validasi, kepraktisan, keefektifan, disseminasiAbstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai pengembangan multimedia interaktif pembelajaran PAI materi al-Qur’an berbasis android untuk siswa SD. Adapun Langkah pengembangan mengadopsi Langkah-langkah pengembangan model Borg and Gall, yang meliputi : Research and information collecting, planning, depelov primary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product, dissemination and implementation. Uji validasi dalam penelitian ini dilakukan oleh 3 orang validator yakni Dr. H.Amirul Mukminin al-Anwari untuk validasi materi, Dr. Buyung, MT untuk validasi bidang aplikasi dan Dr. Husni Mubarok, M.Pd untuk validasi bidang Pendidikan SD. Adapun rata-rata skor untuk 3 validator adalah 95 dalam kategori valid. Dalam uji kepraktisan dengan indikasi praktis adalah produk mudah digunakan melibatkan 3 guru dan 3 siswa Adapun nilai rata-rata 3 guru dalam persen adalah 95% dan nilai rata-rata untuk 3 orang siswa 84,2% dengan demikian dinyatakan bahwa produk mudah digunakan. Selanjutnya uji keefektifan produk, keefektifan produk dilihat dari peningkatan hasil belajar dari sebelum penggunaan produk (pretest) dan setelah penggunaan produk (posttest) dilakukan dalam 3 kali yakni di kelas IV, di kelas V, dan di kelas VI SDN 32 Talang Kelapa, dalam uji coba ini meliputi uji perform dan uji pemahaman dengan test. Adapun hasil uji performance di kelas IV yaitu pretest 51,17 dan posttest 87,457, di kelas V 57,68 dan posttest 86,428 dan dikelas VI 69,5 dan posttest 87,737 kemudian test pemahaman meliputi 45,43 dan posttest 77,29 dan di kelas V 44,29 dan posttest 85,57 di kelas VI pretest 50,79 dan posttest 82,37 posttest selalu mengalami peningkatan dengan demikian produk dinyatakan efektif. Kemudian dilakukan disseminasi dan implementasi di 10 sekolahan yakni SDN 27 Talang Kelapa, SDN 12 Talang Kelapa di SDN 01 Talang Kelapa. SDN 20 Talang kelapa, SDN 08 Talang Kelapa. SDN 34 Talang Kelapa, SDN 24 Talang Kelapa, SDN SDN 07 Talang Kelapa, SDN 23 Talang Kelapa dan SDN 03 Talang Kelapa, dan SDN 29 Talang Kelapa.
References
Daryanto, 2017, Media pembelajaran peranannya sangat penting didalam mencapai tujuan pembelajaran, Jogyakarta : Gava Media
De Akker J, Van. (1999), Design Approaches and Tools in Education and Training. (Dortrech: Kluwer Academic Publishers)
Depag, (2002) al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Jakarta : Pustaka setia
Dirjen PAI SD, 2015Pendidikan agama islam unggul di sekolah dasar, Jakarta : kemenag
Dermawati, Nursyamsi, Suprapta, dan Muzakkir, (2019) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Lingkungan,†JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Djunaed, Mahfud i, (2017), paradigma baru filsafat pendidikan islam, Jakarta : Kencana
Eka, Mustika (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Menggunakan Metode Multimedia Depelovment Life Cycle, (Jurnal teknologi Pendidikan IKIP Malang
Gunarsa, Singgih D, (2012), Dasar dan teori perkembangan anak, Jakarta : Libri
Husniyatus Salamah, (2017), Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT konsep dan aplikasi pada pembelajaran Pendidikan Agama islam, Jakarta : Kencana
Kemenag, Dirjen, (2016), Pembelajaran PAI unggul di Sekolah Dasar, (Jakarta : Kemenag
Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI Nomor 109 Tahun 2013. Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013, 1–8. https://lppmp.uns.ac.id/wp-ontent/uploads/2018/03/Permen-Nomor-109-tahun-2013-ttg-PJJ.pdf
Patel. (2019). Kajian tentang efektivitas, performance dan kepraktisan. Bandung : Pustaka Mizan
Rochmad. (2018). Kriteria Kepraktisan, Kevalidan dan keefektifan. Jakarta : Rajawali Press, .
Sulaiman, U. (2014). Pengembangan multimedia interaktif berbasis. Penggunaan Video Tutorial Gerak Dasar Senam Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Sedang Tesi, .
Zulkifli, Matondang. (2019). validitas dan reliabilitas suatu instrumen. Tabularasa, UNAMED, 496–500(1), 1510–1515. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510
Syafi’i, Imam. Sholih, M. Fahrudin dan Idris, Masykur (1998.). At-Tartil Jilid 1. Sidoarjo: Pusat BMQ at-Tartil Jawa Timur,
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Press, 2006.
Thorndike, Edward lee. (1973). Educational Psychology: Vol.2. The Original Nature of Man. New York: Teacher College Press,
Trihendradi, C. Step by Step SPSS 16 Analisis Data Satistik. Yogyakarta: CV.
Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Wahyuni, Sri. Cepat Bisa Baca. Jakarta: PT Gramedia, 2010.
Wibowo, Arief. ( 2018)“Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)â€.Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan
Windawati, Sri dan Sutopo, Hadi. (2016). “Aplikasi Mari Membaca dan Menulis alQur’an untuk Anak Berbasis Android dengan Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6â€, Kalbiscentia, Vol. 3, No. 2, Agustus,
Yanyan, M. dan Afrianto, Irawan. (2018). “Pembangunan Aplikasi Bantu dalam
Menghafal al-Qur’an Berbasis Mobileâ€. Jurnal Ilmiah Komputer dan
Informatika (KOMPUTA), Vol.2, No.2, Oktober,
Yunus, Mahmud (2019). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta:Hida Karya Agung,
Mahfudz, (2002), Kumpulan Hadits - Hadits Soheh (Solo : Sendang Ilmu)
Mudhofir , Ali, dkk. 2017, Desain pembelajaran inovatif dari teori kepraktek cet 2, Jakarta : Raja Grafindo Utama
Pendasmen, Dirjen, (2018), Modul pelatihan kurikulum 2013 SD/MI, (Jakarta : Kemendikbud
Sudjana, Nana, (2013), Teknologi Pengajaran, Bandung : Sinar Baru Algesindo
Susilana, Rusdi, dkk, (2012), Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian, Bandung : Wacana prima
Rahmawati,Nurul Laili, dkk, (2018) “Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Multimedia Pembelajaran di MTS,†Unnes Science Education Journal 2
Rozhana,Kardiana Metha Dan Ganjar Setyo Widodo, (2020) “Development Of Thematic Module Based On Character Values And Higher Order Thinking Skills ( Hots )†07, No. 01
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Pranadamedia Group
Sanjaya, Wina (2017) Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan, Cet. 12 Jakarta : Kencana
Sudjana, Nana Dkk, (2013), teknologi pengajaran cet.7, Bandung : sinar baru al-gesindo,
Sugiyono, (2016), penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D cet. 23, bandung : Alpa bheta
Supardan Dadang.dkk2010, Pengembangan Kreativitas Guru, Jawa Barat : Gama Media
Swari, Wahyu Dani, Tang, Basry Yadi (2018), “Pengembanganhan Handout InteraktifBerbasisKontextual Teaching Learning pada PokokBahasan Listrik †(Makasar : Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 6 No. 1, Maret
Tessmer, Martin, planning and conducting, formative evaluation, improving the quality of education and trainingâ€. (London : Koagan page, 1993)
Tim Abdi Pertiwi, 2012UUD 1945 hasil Amandemen, Jakarta : Abdi pertiwi,
Zainurain (2019), “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tentang Tatacara Shalat Untuk Siswa Kelas Ii Sd†(Jurnal Teknologi Pendidikan IKIP, Mataram :
anwar Hidayat. (2017). Perbedaan Uji Normalitas dan Homogenitas.https://www.statistikian.com (Diakses pada tanggal 6 Juli 2021)
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).