Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran PAI Materi Al-Qur’an Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Talang Kelapa

Authors

  • Daryanto Daryanto Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Mulyadi Eko Purnomo Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
  • Dian Erlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3798

Keywords:

Pengembangan, multimedia interaktif, validasi, kepraktisan, keefektifan, disseminasi

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai pengembangan multimedia interaktif pembelajaran PAI materi al-Qur’an berbasis android untuk siswa SD. Adapun Langkah pengembangan mengadopsi Langkah-langkah pengembangan model Borg and Gall, yang meliputi : Research and information collecting, planning, depelov primary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product, dissemination and implementation. Uji validasi dalam penelitian ini dilakukan oleh 3 orang validator yakni Dr. H.Amirul Mukminin al-Anwari untuk validasi materi, Dr. Buyung, MT untuk validasi bidang aplikasi dan Dr. Husni Mubarok, M.Pd untuk validasi bidang Pendidikan SD. Adapun rata-rata skor untuk 3 validator adalah 95 dalam kategori valid. Dalam uji kepraktisan dengan indikasi praktis adalah produk mudah digunakan melibatkan 3 guru dan 3 siswa Adapun nilai rata-rata 3 guru dalam persen adalah 95% dan nilai rata-rata untuk 3 orang siswa 84,2% dengan demikian dinyatakan bahwa produk mudah digunakan. Selanjutnya uji keefektifan produk, keefektifan produk dilihat dari peningkatan hasil belajar dari sebelum penggunaan produk (pretest) dan setelah penggunaan produk (posttest) dilakukan dalam 3 kali yakni di kelas IV, di kelas V, dan di kelas VI SDN 32 Talang Kelapa,  dalam uji coba ini meliputi uji perform dan uji pemahaman dengan test. Adapun hasil uji performance di kelas IV yaitu pretest 51,17 dan posttest 87,457, di kelas V 57,68 dan posttest 86,428 dan dikelas VI 69,5 dan posttest 87,737 kemudian test pemahaman meliputi 45,43 dan posttest 77,29 dan di kelas V 44,29 dan posttest 85,57 di kelas VI pretest 50,79 dan posttest 82,37 posttest selalu mengalami peningkatan dengan demikian produk dinyatakan efektif. Kemudian dilakukan disseminasi dan implementasi di 10 sekolahan yakni SDN 27 Talang Kelapa, SDN 12 Talang Kelapa di SDN 01 Talang Kelapa. SDN 20 Talang kelapa, SDN 08 Talang Kelapa.  SDN 34 Talang Kelapa, SDN 24 Talang Kelapa, SDN SDN 07 Talang Kelapa, SDN 23 Talang Kelapa dan SDN 03 Talang Kelapa, dan SDN 29 Talang Kelapa.

References

Daryanto, 2017, Media pembelajaran peranannya sangat penting didalam mencapai tujuan pembelajaran, Jogyakarta : Gava Media

De Akker J, Van. (1999), Design Approaches and Tools in Education and Training. (Dortrech: Kluwer Academic Publishers)

Depag, (2002) al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Jakarta : Pustaka setia

Dirjen PAI SD, 2015Pendidikan agama islam unggul di sekolah dasar, Jakarta : kemenag

Dermawati, Nursyamsi, Suprapta, dan Muzakkir, (2019) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Lingkungan,†JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Djunaed, Mahfud i, (2017), paradigma baru filsafat pendidikan islam, Jakarta : Kencana

Eka, Mustika (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Menggunakan Metode Multimedia Depelovment Life Cycle, (Jurnal teknologi Pendidikan IKIP Malang

Gunarsa, Singgih D, (2012), Dasar dan teori perkembangan anak, Jakarta : Libri

Husniyatus Salamah, (2017), Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT konsep dan aplikasi pada pembelajaran Pendidikan Agama islam, Jakarta : Kencana

Kemenag, Dirjen, (2016), Pembelajaran PAI unggul di Sekolah Dasar, (Jakarta : Kemenag

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI Nomor 109 Tahun 2013. Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013, 1–8. https://lppmp.uns.ac.id/wp-ontent/uploads/2018/03/Permen-Nomor-109-tahun-2013-ttg-PJJ.pdf

Patel. (2019). Kajian tentang efektivitas, performance dan kepraktisan. Bandung : Pustaka Mizan

Rochmad. (2018). Kriteria Kepraktisan, Kevalidan dan keefektifan. Jakarta : Rajawali Press, .

Sulaiman, U. (2014). Pengembangan multimedia interaktif berbasis. Penggunaan Video Tutorial Gerak Dasar Senam Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Sedang Tesi, .

Zulkifli, Matondang. (2019). validitas dan reliabilitas suatu instrumen. Tabularasa, UNAMED, 496–500(1), 1510–1515. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510

Syafi’i, Imam. Sholih, M. Fahrudin dan Idris, Masykur (1998.). At-Tartil Jilid 1. Sidoarjo: Pusat BMQ at-Tartil Jawa Timur,

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Press, 2006.

Thorndike, Edward lee. (1973). Educational Psychology: Vol.2. The Original Nature of Man. New York: Teacher College Press,

Trihendradi, C. Step by Step SPSS 16 Analisis Data Satistik. Yogyakarta: CV.

Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Wahyuni, Sri. Cepat Bisa Baca. Jakarta: PT Gramedia, 2010.

Wibowo, Arief. ( 2018)“Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)â€.Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan

Windawati, Sri dan Sutopo, Hadi. (2016). “Aplikasi Mari Membaca dan Menulis alQur’an untuk Anak Berbasis Android dengan Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6â€, Kalbiscentia, Vol. 3, No. 2, Agustus,

Yanyan, M. dan Afrianto, Irawan. (2018). “Pembangunan Aplikasi Bantu dalam

Menghafal al-Qur’an Berbasis Mobileâ€. Jurnal Ilmiah Komputer dan

Informatika (KOMPUTA), Vol.2, No.2, Oktober,

Yunus, Mahmud (2019). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta:Hida Karya Agung,

Mahfudz, (2002), Kumpulan Hadits - Hadits Soheh (Solo : Sendang Ilmu)

Mudhofir , Ali, dkk. 2017, Desain pembelajaran inovatif dari teori kepraktek cet 2, Jakarta : Raja Grafindo Utama

Pendasmen, Dirjen, (2018), Modul pelatihan kurikulum 2013 SD/MI, (Jakarta : Kemendikbud

Sudjana, Nana, (2013), Teknologi Pengajaran, Bandung : Sinar Baru Algesindo

Susilana, Rusdi, dkk, (2012), Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian, Bandung : Wacana prima

Rahmawati,Nurul Laili, dkk, (2018) “Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Multimedia Pembelajaran di MTS,†Unnes Science Education Journal 2

Rozhana,Kardiana Metha Dan Ganjar Setyo Widodo, (2020) “Development Of Thematic Module Based On Character Values And Higher Order Thinking Skills ( Hots )†07, No. 01

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Pranadamedia Group

Sanjaya, Wina (2017) Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan, Cet. 12 Jakarta : Kencana

Sudjana, Nana Dkk, (2013), teknologi pengajaran cet.7, Bandung : sinar baru al-gesindo,

Sugiyono, (2016), penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D cet. 23, bandung : Alpa bheta

Supardan Dadang.dkk2010, Pengembangan Kreativitas Guru, Jawa Barat : Gama Media

Swari, Wahyu Dani, Tang, Basry Yadi (2018), “Pengembanganhan Handout InteraktifBerbasisKontextual Teaching Learning pada PokokBahasan Listrik †(Makasar : Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 6 No. 1, Maret

Tessmer, Martin, planning and conducting, formative evaluation, improving the quality of education and trainingâ€. (London : Koagan page, 1993)

Tim Abdi Pertiwi, 2012UUD 1945 hasil Amandemen, Jakarta : Abdi pertiwi,

Zainurain (2019), “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tentang Tatacara Shalat Untuk Siswa Kelas Ii Sd†(Jurnal Teknologi Pendidikan IKIP, Mataram :

anwar Hidayat. (2017). Perbedaan Uji Normalitas dan Homogenitas.https://www.statistikian.com (Diakses pada tanggal 6 Juli 2021)

Published

25-02-2023

Citation Check