AKTUALISASI TAREKAT NAQSABANDIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Analisis Terhadap Tareqat Naqsabandi Jabal Hindi Sunggal

Authors

  • Muhammad Rapono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Amroeni Drajat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3797

Keywords:

aktualisasi pendidikan Islam, tarikat naqsabandy, jabal hindi

Abstract

Pada dasarnya bertarikat melahirkan kondisi batin yang kurang tenang dan kurang stabil sehingga melahirkan perilaku sosialnya baik. Hal ini merupakan bagian terpenting dari pendidikan, pendidikan itu sendiri berujuan memperbaiki akhlaq atau adab yang di istilahkan dalam pendidikan dengan Ta’dib, sedangkan bertarikat menjunjung tinggi adab. Hal inilah yang menjadi kajian dalam artikel ini bahwa Tarikat Naqsabandy Jabal Hindi merupakan tarikat dengan sanad Syekh Bahauddin Naqsabandy. Metode penelitian dalam meproleh data menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fonomenologi. Berdasarkan uraian dan analisis data maka ditemukan dalam penelitian ini bahwa pengikutTarekat Naqsabandiyah sebelumnya merupakan orang-orang biasa seperti pada umumnya, mayoritas masih awam dengan ilmu agama, minim dalam pelaksanaan praktik-praktik ibadah baik ibadah khusus maupun ibadah umum. Mayoritas juga memiliki perilaku sosial yang kurang baik dan bahkan banyak sekali yang bersifat temperamental, merasa tidak tenang dan tidak mampu mengedalikan emosinya. Setelah mengikuti Tarekat Naqsabandiyah, banyak sekali perubahan-perubahan yang dirasakan oleh jamaah Tarekat Naqsabandiyah. Meraka menjadi lebih tekun beribadah, baik yang ibadah wajib maupun sunah, perilaku kesehariannya terhadap keluraga maupun masyarakat sekitar menjadi lebih baik, lebih sabar dan tidak lagi temperamental. Semakin gemar dan giat menuntut ilmu (ilmu-ilmu Agama), juga tetap bersemangat dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan dunia akhirat. Perubahan sifat dan sikap menuju ke arah yang semakin baik, baik dari segi pengetahuan agama, akhlak, ibadah, keimanan, ketenangan ruhaniah/mental merupakan indikasi adanya kontribusi Tarekat Naqsabandiyah terhadap Pendidikan Agama Islam dan perilaku social.

References

Abdullah, Luqman. “Kontribusi Tarekat Naqsanbadiyah Terhadap Pendidikan Agama Islam dan Perubahan Perilaku Sosialâ€, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No 1 Maret 2018

Abduh, M.Arrafie, “Peran Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyyah Syekh Abdul Wahab Rokan (Dalam Dakwah dan Pendidikan Islam di Riau dan Sumu)â€, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 11, No. 2, Juli – Desember, 2012

Al Muwaththa juz II halaman 899, hadits nomor 1594, cetakan Daar Ihyaa al Turaats al 'Arabi

Bruinessen, Martin Van, (1994). Tarekat Naqsabandiyah diIndoneasia: Survei Historis georafis dan sosiologis, Bandung: Mizan

Ariandy, Mohammad, “Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia†SUKMA: Jurnal Pendidikan, 2019.

Khotimah: “Studi Sufisme Thariqah Qadariah wa Naqsabandiyah di Desa Madani Pulau Kijang Reteh Indragiri Hilirâ€, Jurnal Pemikiran Islam “An-Nida†UIN Suska Riau, Vol. 39, No.2, edisi Juli - Desember 2014

Langgulung, Hasan (2003). Pendidikan Islam dalam Abad ke 21. Cet. III. (Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.

Lubis, Saiful Akhyar, (2017) Konseling Islami: Dalam Komunitas Pesantren, Medan: Perdana Publishing

Lazwardi, Dedi, “Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan†dalam jurnal Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 2017.

Linnaja, Ngatoillah, “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Ajaran Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejoâ€, Jurnal Paramurobi, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2018

Hasan, Nur, “Elemen-elemen Psikologi Islami dalam Pembentukan Akhlak†dalam jurnal Spiritualita: Journal of Ethics and Spirituality, 3(1), 2019

Mujib, Abdul Jusuf Muzakir, (2006), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media Group.

Muhtarudin, Habib dan Ali Muhsin, “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Al-Mawa’iz Al-‘Usfuriyyah,†dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2, h. 1.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, (1992) Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia.

Mardliyah, Watsiqotul, et.al, “Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di Muka Bumi: Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam†dalam Jurnal Penelitian, 12(2), 2018.

Rizal, Syamsul, “Melacak Terminologi Manusia dalam Alquran†dalam Jurnal At Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 2(2), 2017

Salahudin, Marwan, â€Amalan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Sebagai Proses Pendidikan Jiwa Di Masjid Babul Muttaqin Desa Kradenan Jetis Ponorogoâ€, Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf Volume 2 Nomor 1 2016

Sabiruddin, “Akidah Asas Kesempurnaan Insan†dalam Jurnal Al-Hikmah: Journal of Islamic Dakwah, 4(4), 2012.

Walidin, Warul (2003), Konstelasi Pemikiran Ibnu Khaldun, Lhokseumawe: Nadiya Foundation.

Zainal, “Pendidikan Islam Dalam Gerakan Intelektual Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat Di Abad XXâ€, Ta’dib, Volume 15, No. 1 (Juni 2012)

Additional Files

Published

26-02-2022

Citation Check