MANAJEMEN PERENCANAAN BUDAYA AKADEMIK INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA ACEH INDONESIA

Authors

  • M Fadli Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan,, Indonesia
  • Hasan Asari Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3794

Keywords:

Manajemen Perencanaan, Budaya Akademik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis manajemen perencanaan budaya akademik  Institut Agama Islam Negeri  Langsa Aceh Indonesia. Pengembangan budaya akademik di perguruan tinggi tidak terlepas dari peran dan fungsi manajemen yang berjalan dengan efektif. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan maksud mendeskripsikan manajemen perencanaan dalam mengembangkan budaya akademik di IAIN Langsa. Adapun pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian perencanaan pengembangan budaya akademik pimpinan telah merumuskan visi IAIN Langsa, yaitu: menjadi pusat kajian keislaman yang berkarakter rahmatan lil alamin. Mengharagai perbedaan pendapat merupakan salah satu indikator dari kata rahmatan lil alamin, seperti ungkapan al Ikhtilafu rahmatun, perbedaan itu adalah rahmat. IAIN Langsa merencanakan pengembangan budaya akademik dengan menetapkan dalam statuta agar semua sivitas akademika punya dasar yang kuat dalam melestarikan budaya akademik sehingga menjadi suatu budaya yang terus berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain dalam visi misi dan statute pengembangan budaya akademik juga di tuangkan dalam Rencana Strategi IAIN Langsa, kebijakan tentang suasana akademik IAIN Langsa tertuang dalm surat keputusan Rektor nomor 176 tahun 2015 tentang suasana akademik di IAIN langsa.

 

References

Abbas, S. (2008). Manajemen Perguruan Tinggi, Beberapa Catatan. Prenada Media Group.

Abidin, A. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi Dalam Upaya Peningkatan Mutu. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).

Amin, S. (2017). “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik pada Perguruan Tinggi.†Jurnal Madaniyah, 7(2).

Ansar. (2019). Budaya mutu akademik di Fakultas ilmu pendidikan. Prosiding Seminar Nasional LP2m UNM.

Arwildayanto. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Pendekatan Budaya Kerja Dosen Profesional, 2013), h.13. Ideas Publishing.

Asari, H., Neliwati, N., & Hasibuan, A. I. (2021). The Model of Management Quality for Islamic Higher Education: A Case Study at the STIT Al Hikmah Tebing Tinggi. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(3), 196. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i3.3940

Asmawi, M. R. (2015). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Jurnal Makara, Social Dan Humaniora, 9(2).

Bashori. (2019). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Jejaring Internasional. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Drucker, P. F. (1996). The Leader of The Future. The Drucker Foundation.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1).

Fauzi, A. (2018). Human resource management dalam meningkatkan mutu dosen PTKIS. Jurnal At- Ta’lim:Jurnal Pendidikan, 4(1).

Hersey, P., & Dion. (1997). Situational Leadership, Mid. American Journal of Business, 12(2).

Husaini, & Barus, J. (2020). Implementasi Manajemen Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Provinsi Aceh. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2).

Kistanto. (2000). Budaya Akademik: Kehidupan dan Kegiatan Akademik di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Dewan Riset Nasional, Kantor Menteri Negara Riset dan TeknologiKantor Menteri Negara Riset dan Teknologi.

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Jurnal Pionir, 9(1), 129–130.

Multazam, U. (2019a). Kepemimpinan dan Budaya Akademik di Perguruan Tinggi,. Ta’dib: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 137–138.

Multazam, U. (2019b). Kepemimpinan dan budaya akademik di perguruan tinggi. Ta’dibi:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 142.

Nasukah, B. (2020). Peran Komunikasi Efektif Pemimpin dalam Meningkatkan Kinerja Institusi. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).

Ngindana, R. (2020). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Mewujudkan Good University Governace. JISop :Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 11(2).

Noviarita, H., Ahmad, R. Bin, & Fautau, I. (2021). The Impact of Leadership, Motivation, Discipline, and Wages on The Performance of Sharia Bank Employees. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 141–174. https://doi.org/10.21580/economica.2021.12.1.7285

penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi,paragraf 1 kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik dan otonomi kelimuan, (2017).

Primayana, K. H. (2020). Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1).

Rahmatillah, A. (2020). Filsafat: sarana berfikir pada manusia. Manhajuna, 1(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi., (2012).

Saputra, U. S. (2015). Manajemen Perguruan Tinggi dan Tantangan Perubahan. (Bandung: PT Refika Aditama.

Siahaan, A. (2016). Strategi Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Al-Mufida, 1(1), 1–20.

Sugilar, H. (2019). Strategi perguruan tinggi dalam meningkatkan publikasi hasil penelitian. Jurnal Al Fikrah, 7(1).

Surat keputusan Rektor nomor 176 tahun 2015 tentang suasana akademik di IAIN Langsa., (2015).

Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Grasindo.

Tarmidzi, I. (2019). “Peran dan Manajemen Perguruan Tinggi di Era Globalisasi.†Tarbawi, 1.

Published

26-01-2023

Citation Check