Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Madrasah Diniyah Marifatul Huda
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3792Keywords:
Internalisasi, Moderasi, Madrasah DiniyahAbstract
Madrasah Diniyah merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan menjungjung tinggi persatuan, perdamaian dan kebaikan bangsa ini. Dimana bangsa Indonesia sebagai negara multicultural yang terdiri dari berbagai macam suku, Bahasa, ras dan budaya. Hal ini menandakan bahwa moderasi beragama sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sedini mungkin. Tujuan dari prnrlitian ini adalah menanamkan sikap nilai-nilai moderasi beragama sedini mungkin terhadap siswa di madrasah diniyah takmiliyah marifatul huda. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala, guru, dan siswa Tekhnik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verifying, Hasil penelitain ini menjelaskan internalisasi nilai-nilai moderasi  beragama  harus  dikembagnkan  sedini mungkin terhadap anak, kemudian  dapat diaplikasikan melalui pembinaan keagamaan yang dilakukan oleh madrasah diniyah.Â
References
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143–155.
Adiwangsa, M. (2022). implementasi sikap saling membantu. Wawancara Salah Satu Murid Madrasah Diniyah Marifatul Huda.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Alimin, A. (2022). ANALISIS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 55 TAHUN 2007 DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 38–48.
Amrizal, A. (n.d.). The RECONSTRUCTION of PLURALISTIC ISLAMIC EDUCATION. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 223–244.
Cumarsih, C. (2022). Fator pendukung dan penghambat internalisasi moderasi beragama di Madrasah Diniyah Marifatul Huda. Wawancara Salah Satu Murid MDT Marifatul Huda.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Dini, J. P. A. U. (2022). Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2974–2984.
Djamal, S. M. (2017). Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Adabiyah, 17(2), 161–179.
Effendi, D. I. (2020). New Normal dalam Sudut Pandang Pemikiran Moderasi Beragama dan Kebangsaan.
Enjang. (2022). pemahaman sikap anti kekerasan. Wawancara Dengan Guru Kelas 4 Madrasah Diniyah Marifatul Huda.
Fadilah. (2022). Pemahaman mengenai sikap toleransi. Wancara Guru Kelas 1 MDT Marifatul Huda.
Farihah, R. K., Ritonga, D., & Masykur, M. (2021). Kesadaran Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan Islam. GUEPEDIA.
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Hasan, M. (2021). Prinsip moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 110–123.
Hefni, W. (2020). Moderasi beragama dalam ruang digital: Studi pengarusutamaan moderasi beragama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22.
Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar. (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.
Komalasari, K. (2022). Implementasi nilai moderasi beragama di Madrasah Diniyah Marifatul Huda. Wawancara Dengan Guru Kelas 2 Madrasah Diniyah Marifatul Huda.
Mashuri, I., & Fanani, A. A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sma Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 157–169.
Maya, R. (2017). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 12.
Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila sebagai Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 212–221.
Rosyidah, A. (2019). Peranan Dinas Pendidikan dalam peningkatan kualitas pendidikan madrasah, madrasah diniyah, dan pesantren di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. UIN Sunan Ampel.
Rukhopsah, D. S. (2022). Pemahaman sikap keteladanan. Wawancara Dengan Guru Kelas 3 MDT Marifatul Huda.
Solihin, I. (2022). Pemahaman mengenai Komitmen terhadap agama dan meyakini adanya perbedaan. Wawancara Kepala Sekolah MDT Marifatul Huda.
Sudjatnika, T. (2018). Filosofi Hidup Komunitas Masyarakat Adat Sunda Kampung Naga Ditinjau dari Pranata Keagamaan. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 15(1), 69–76.
Sutarman, M. (2022). pemahaman makna kerjasama. Wawancara Dengan Ketua Pemuda Kampung Ciengang.
Tamsir, T. (2018). Membangun Toleransi di Sekolah; Sebuah Eksplorasi Nilai-Nialai Pendidikan Toleransi. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 10(1), 68–82.
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1).
Widodo, P., & Karnawati, K. (2019). Moderasi Agama Dan Pemahaman Radikalisme Di Indonesia. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 9–14.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).