PENERAPAN METODE QIRA’AT MAM NAFI’ RIWAYAT QOLUN DALAM MEMBACA ALQURAN JUZ 30 DI MTS AR-RIDHA

Authors

  • Dedek Husairi UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Achyar Zein UIN Sumatera Utara, Indonesia
  • Salminawati Salminawati UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3763

Keywords:

Qira’at, Imam Nafi’, Riwayat Qolun, Membaca Alquran,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) bagaimana implementasi metode yang digunakan dalam penerapan qira’at Alquran di MTs Ar-Ridha. 2) bagaimana hasil Penerapan qira’at Alquran Imam Nafi’ riwayat Qolun pada siswa MTs Ar-Ridha. 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan qira’at Alquran di MTs Ar-Ridha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan pengumpulan data peneliti peroleh dengan teknik Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini di peroleh dari lokasi penelitian yaitu MTs Ar-Ridha Medan Marelan. Terkait dengan fokus penelitian ini adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, & Sarana dan Prasarana, Guru Mata Pelajaran serta Siswa/i di MTs Ar-RidhaMedan Marelan, Sedangkan Analisis yang di pergunakan merujuk pada data model Miles and Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini yakni dengan metode talqin atau guru membaca siswa mengikuti dengan panduan yang ada. 2) Kurang efektifnya penerapan pembelajaran qira’at di MTs Ar-Ridha. Sebab, masih banyak siswa yang butuh perbaikan dalam membaca Alquran. 3) Adapun faktor pendukungnya adalah semangat siswa yang begitu tinggi dalam mempelajarinya, sedangkan faktor penghambat yaitu ada beberapa siswa yang kurang faham dengan metode ini sebab mereka yang masih terlalu dini mempelajarinya

References

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badr ad-din Muhammad bin Abdillah Az-Zarkasyi. (2006). Al-Burhan fii 'Ulum Al-Quran, jilid 1. Mesir: Penerbit Dar al-Hadits al-Qahirah.

Fathoni, A., Zamawi, A. (1991). Kaidah Qira’at Tujuh, Jakarta ISIQ.

Ismail, S. M. (t.th). Al-Qiraah : Ahkamuha Wa Masddaruha, Kairo: Dar AlSalam,

Kementerian Agama RI, (2018). AlQuran dan Terjemahannya. Bandung: Syamil Quran.

Khon, A. M. (2007). Praktikum Qira'at: Keanehan Bacaan Al-Quran Qia'at Ashim dari Hafash, Cet.ke-1. Jakarta: AMZAH.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Retnaja Rosdakarya.

Mardalis, (2009). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaisin, M. S. (t.th). Al-Muhazzab Fil Qiraah Al-A’syar. Kairo: Maktabah Al Azhar

Salim dan Syahrum. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Suprianto, M. T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Adita.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, cet. 3. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahid, R. A. (1996). Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Published

26-10-2022

Citation Check