Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Authors

  • Nursikah Intan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Suzatmiko Wijaya STAI NURUL ILMI TANJUNG BALAI, Indonesia
  • Satriyadi Satriyadi STAI Al-Ishlahiyah Binjai, Indonesia
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3761

Abstract

Penelitian ini disusun guna melihat implementasi manajemen pendidikan dalam penerapan merdeka belajar kampus merdeka serta bagaimana tantangan implementasi kurikulum tersebut pada fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Sumatera Utara. Masa kini perubahan berlangsung begitu cepat  mengikuti arus globalisasi dan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Oleh sebab itu pendidikan mempunyai peran yang sangat penting guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai berbagai macam keterampilan guna bisa menghadapi tuntutan hidup yang selalu dinamis. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka hadir guna menjawab serta meningkatkan kompetensi lulusan dari perguruan tinggi umum dan perguruan tinggi Islam khususnya di FITK UINSU berupa soft skill maupun hard skill agar bisa menyesuaikan kebutuhan zaman. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan, yakni dengan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Implementasi Manajemen Kurikulum MBKM meliputi empat kebijakan utama yaitu: kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi menjadi badan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi.Kegiatan pembelajaran di luar program studi dan diluar perguruan tinggi meliputi magang, proyek di desa, mengajar di sekolah atau madrasah, pertukaran pelajar, penelitian, kewirausahaan, proyek independen, dan proyek kemanusiaan. Secara garis besar pengembangan kurikulum terdapat tiga tahapan, yakni tahap perancangan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, FITK UINSU

Author Biography

Suzatmiko Wijaya, STAI NURUL ILMI TANJUNG BALAI

Manajemen Pendidikan Islam

References

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. (2012). Metode penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Setia,.

Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Deni Sopiansyah, Siti Masruroh, Qiqi Yuliati Zakiah, M. E. (2022). Konsep dan Implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Educatn Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Disas. (2021). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965

Fatmawati, E. (2020). DUKUNGAN PERPUSTAKAAN DALAM IMPLEMENTASI “KAMPUS MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR.†Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/2051

Hadi, S. (2002). Metodelogi Research. Andi Offset.

Haidar Putra Daulay. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Kemendikbud. (2020). Buku Saku Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (1st ed., Vol. 1). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Kementrian Agama. (2020). Panduan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Pada PTKI (1st ed., Vol. 1). Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kodrat. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 9(1), 9–14.

M. Rusli Baharuddin. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Urnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

N. Siregar, Sahirah, & A. . H. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Prayitno. (2021). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm): Kampus Mengajar Perintis. Kampus Mengajar Perintis.

Rosdiyani, T. (2021). (2021). Changing Trends Pendidikan Tinggi Pada Kampus Merdeka (Gagasan Konstruksi Dan Paradigma Mbkm). Media Madani. Media Madani.

Sari, R. P., Tawami, T., Bustam, M. R., Juanda, J., & ... (2021). Dampak Implementasi Program Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Pendidikan …, 5, 10303–10313. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2617

Sastra Wijaya. (2021). Kampus Merdeka dan Inovasi Pendidikan: Peluang dan Tantangan di Era 4.0.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020. Ejournalunib.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Vhalery, Setyastanto, & L. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development. Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Zunaidi, A., Fatmawatie, N., Natalia, S. A., & Mushlihin, I. A. (2021). Penguatan Pemahaman dan Orientasi Kurikulum Kampus Merdeka dalam Menyambut Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Batuah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarak, 1(2), 1–7. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1361

Published

21-08-2023

Citation Check